Comscore Tracker

7 Fakta Tentang Vagina yang Wajib Diketahui Setiap Wanita

Yuk, mengenal lebih dalam organ intimmu

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa membicarakan organ intim adalah hal yang tabu. Itulah sebabnya masih banyak wanita yang belum memahami organ reproduksinya sendiri. Padahal, kalau sifatnya untuk pengetahuan dan edukasi, tentu sah-sah saja mencari tahu fakta tentang vagina.

Ternyata organ intim wanita atau vagina itu unik banget lho. Mulai dari menyimpan ribuan sel saraf, sampai kemampuan rahim yang bisa membesar 500 kali lipat dari ukuran normal.

Penasaran sama yang lainnya? Inilah 7 fakta vagina unik dan menarik yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Simak yuk!

1. Vagina punya mekanisme pembersihan alami

7 Fakta Tentang Vagina yang Wajib Diketahui Setiap Wanitaindependet.co.uk

Kamu pasti pengin kan menjaga vagina tetap bersih? Ternyata tanpa perlu sering-sering membersihkannya, vagina punya sistem kebersihan sendiri dari dalam.

Vagina memiliki beberapa kelenjar yang memproduksi cairan pembersih. Cairan ini akan membersihkan kuman dan bakteri yang masuk ke dalam vagina, sekaligus berfungsi sebagai pelumas saat berhubungan seksual.

2. pH vagina bersifat asam

7 Fakta Tentang Vagina yang Wajib Diketahui Setiap Wanitaromper.com

Organ intim wanita punya sifat asam dengan pH sekitar 3,5–4,5. Angka keasaman ini setara dengan tomat, lho. Kamu tahu gak kenapa vagina bersifat asam? Tujuannya adalah untuk menangkal bakteri jahat. Mayoritas bakteri jahat gak bisa bertahan hidup di lingkungan asam.

3. Seiring bertambahnya usia, vagina juga bisa keriput lho!

7 Fakta Tentang Vagina yang Wajib Diketahui Setiap Wanitaplmedbook.com

Semakin tua, kulit tubuh kita mulai menunjukkan guratan tanda keriput. Hal ini terjadi juga pada vagina, bisa mengendur seiring bertambahnya usia. Penyebabnya adalah menurunnya kadar esterogen, hormon seksual wanita.

Ada banyak dampak buruk yang mengintai jika vaginamu mulai mengendur. Pertama, bisa mengurangi kepuasan saat berhubungan seksual. Kedua, vagina kendur mengganggu sistem pengeluaran urin.

Baca Juga: 5 Fakta Penting di Balik Ratus Vagina, Benarkah Bikin Sehat?

4. Tenang, ada latihan khusus untuk mengencangkan vagina kembali

7 Fakta Tentang Vagina yang Wajib Diketahui Setiap Wanitaworldpeaceyogaschool.com

Tapi jangan khawatir, bentuk vagina yang mulai kendur bisa dikencangkan kembali dengan rutin melakukan senam kegel dan beberapa gerakan yoga.

Senam kegel adalah gerakan seperti menahan kencing, menahan dan mengendurkan otot vagina. Rutin melakukannya dapat mengembalikan kelenturan otot di sekitar organ intim.

Baca Juga: Kesehatan Organ Intim Wanita Bisa Dicek dari Rambut Vagina Lho

5. Ada ribuan saraf di dalam klitoris lho!

7 Fakta Tentang Vagina yang Wajib Diketahui Setiap WanitaUnsplash/Linh Koi

Di bagian dalam lipatan vagina terdapat klitoris yang bersifat sangat sensitif. Organ yang berbentuk seperti biji kacang ini berfungsi memberikan kenikmatan seksual.

Nah, di dalam klitoris ternyata ada 8000 sel saraf lho! Wajar jika organ ini sensitif banget dan menjadi fokus penting saat melakukan hubungan seksual.

6. Vagina punya banyak titik rangsangan sebagai organ seksual

7 Fakta Tentang Vagina yang Wajib Diketahui Setiap Wanitalikar.info

Berbeda dengan pria, wanita punya banyak titik rangsangan seksual di vagina. Selain klitoris, beberapa bagian lain seperti lubang vagina dan labia juga bisa memberikan sensasi kenikmatan seksual.

Penting nih buat kamu ketahui, gak semua wanita punya titik rangsang yang sama lho. Jadi gak perlu dibanding-bandingkan ya.

7. Percaya gak, rahim bisa membesar sampai 500 kali lipat!

7 Fakta Tentang Vagina yang Wajib Diketahui Setiap Wanitawomensmentalheath.org

Kamu harus bangga menjadi seorang wanita, karena rahim yang ada di tubuhmu punya kemampuan membesar sampai 500 kali lipat dari ukuran normalnya lho.

Kantong rahim bersifat sangat elastis. Ukuran aslinya hanya berdimensi 7,5 x 5 sentimeter saja. Tapi saat hamil, kantong ini mampu menampung janin hingga seberat empat kilogram atau bahkan lebih.

Itu dia 7 fakta menarik seputar vagina. Nah, kini kamu jadi lebih kenal dengan organ reproduksimu, kan? Dijaga baik-baik, ya!

Baca Juga: 5 Gerakan Senam yang Simple Ini Bikin Vagina Rapat dan Kencang

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya