Comscore Tracker

Kenali 5 Jenis Bahasa Kasih dan Contohnya, Tiap Orang Bisa Berbeda!

Gak cuma berlaku untuk pasangan saja, lho

Pernahkah kamu memberikan sesuatu yang menurutmu terbaik bagi seseorang, tapi ternyata orang tersebut menganggapnya kurang? Nah, mungkin ada perbedaan love language atau bahasa kasih antara kamu dan dia. 

Tiap orang memang memiliki cara tersendiri dalam mengungkapkan perasaan cinta dan kasih sayang, baik kepada pasangan, keluarga, atau sahabat. Ketika bahasa kasih antara kalian berbeda, maka perasaanmu juga gak akan sampai kepada mereka dengan maksimal, meski intinya sama-sama mengungkapkan cinta.

Untuk itu, kamu perlu mengenali jenis-jenis bahasa kasih menurut Dr. Gary Chapman, penulis The Five Love Language.

1. Quality Time

Kenali 5 Jenis Bahasa Kasih dan Contohnya, Tiap Orang Bisa Berbeda!unsplash.com/bewakoofofficial

Tipe bahasa cinta yang pertama ini sangat menghargai waktu yang berkualitas, terutama ketika sedang bersama orang yang terkasih. Bagi mereka, memberikan sedikit waktu untuk berkumpul atau mengobrol dengan kontak mata yang baik menjadi sangatlah berarti.

Gak hanya mengobrol, terkadang sepasang kekasih ataupun keluarga berkegiatan bersama-sama. Tujuannya tentu saja untuk menikmati kebersamaan dan kehangatan yang tercipta di dalamnya. Inilah yang dirasa berharga dan gak bisa digantikan dengan apa pun.

2. Acts Of Service

Kenali 5 Jenis Bahasa Kasih dan Contohnya, Tiap Orang Bisa Berbeda!unsplash/jimmydean

Sesuai namanya, orang dengan tipe bahasa cinta ini akan merasa disayangi ketika ada orang lain yang memberikannya bantuan. Contohnya adalah ketika salah satu anggota keluarga ada yang sakit, maka anggota yang lain membuatkan sup atau teh hangat dan membawakannya ke kamar.

Akan tetapi bukan berarti ini menjadikannya seperti 'babu' yang harus selalu mengiyakan permintaan tersebut tanpa terkecuali. Tentu saja karena ada hak untuk menolak dan juga batasan yang sudah ditetapkan.

Baca Juga: Sepele, sih, Tapi 5 Hal Ini Bisa Bikin Hubungan Asmaramu Jadi Runyam

3. Words Of Affirmation

Kenali 5 Jenis Bahasa Kasih dan Contohnya, Tiap Orang Bisa Berbeda!unsplash/brehmlin

Tipe bahasa cinta yang satu ini mengandalkan kekuatan dan keajaiban kata-kata. Mereka yang memiliki atau membutuhkan bahasa cinta ini sangat senang dengan kata-kata indah nan manis. Jika membahas soal pasangan, maka gombalan adalah salah satu contoh perwujudan dari bahasa cinta ini.

Contoh lain dari tipe bahasa ini adalah dengan memuji. Kalau kamu punya kakak yang lebih sering memujimu daripada membelikan hadiah, maka bahasa cintanya lebih dominan ke words of affirmation.

4. Physical Touch

Kenali 5 Jenis Bahasa Kasih dan Contohnya, Tiap Orang Bisa Berbeda!unsplash/netatani

Berbeda dengan act of service yang menunjukkan dengan memberikan 'layanan', maka bahasa cinta yang ini ditunjukkan hanya dengan cara 'menyentuh'. Sentuhan tersebut akan menimbulkan rasa disayang dan diinginkan.

Contohnya adalah mengelus punggungnya ketika dia bersedih, sehingga membuatnya merasa gak sendiri. Mencium pasangan setiap hari sebelum berangkat ke kantor juga akan membuat hari-harinya terasa lebih bahagia. 

5. Receiving Gifts

Kenali 5 Jenis Bahasa Kasih dan Contohnya, Tiap Orang Bisa Berbeda!unsplash/freestocks

Jangan langsung terkejut dengan tipe bahasa cinta yang ini. Bentuknya memanglah dengan memberikan sebuah hadiah ataupun kejutan. Akan tetapi makna sebenarnya lebih dalam dari itu, yaitu perhatian yang diberikan. 

Gak peduli hadiahnya sangat sederhana atau bernilai fantastis, karena yang terpenting adalah kepedulian orang tersebut. Contohnya ketika sekelompok teman menyiapkan kejutan ulang tahun, maka yang membuat orang tersebut terharu adalah bahwa teman-temannya mengingat hari ulang tahunnya.

Nah, penting untuk mengetahui seperti apa jenis bahasa kasih yang dimiliki orang-orang di sekelilingmu, sehingga kamu bisa memberi dengan bahasa yang sama. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Berteman dengan Introver? Sebaiknya Jangan Lakukan 7 Hal Ini

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya