Comscore Tracker

Agar Tak Berujung Pisah, Hindari 5 Hal Ini Setelah Menikah!

Menjaga pernikahan itu bukan hal mudah

Banyak yang berekspektasi bahwa menikah itu identik dengan yang indah-indah dan membahagiakan. Padahal, kenyataannya tidak seperti itu. Pernikahan adalah sebuah usaha konstan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan bertanggung jawab terhadap keluarga.

Oleh karena itu, tidak dimungkiri jika banyak pasangan yang tidak bertahan hingga maut memisahkan. Memang ada banyak faktor yang menjadi penyebab kandasnya sebuah pernikahan.

Nah, agar tak berujung pisah, berikut ini lima hal yang harus kamu hindari setelah menikah!

1. Menjadi pribadi yang berbeda setelah menikah

Agar Tak Berujung Pisah, Hindari 5 Hal Ini Setelah Menikah!unsplash.com/Toa Heftiba

Sejak masa PDKT atau pacaran, sangat penting untuk menunjukkan dirimu yang sesungguhnya. Jangan menampilkan pribadi yang sama sekali berbeda dengan aslinya hanya demi jaga image di depan calon pasanganmu. Sebab, hal ini bisa menjadi masalah besar setelah menikah nanti.

Akan sulit bagi pasanganmu untuk menerima kalau ternyata kamu sama sekali tak seperti yang ia bayangkan. Pasangan memilih untuk menikahimu karena ia merasa kepribadianmu cocok dengan kepribadiannya.

Jika memang ada beberapa sisi dalam hidupmu yang tidak dapat kamu umbar, bicarakan dengan baik-baik kepadanya agar setelah menikah pasanganmu tidak kaget.

2. Selalu mengungkit masa lalu

Agar Tak Berujung Pisah, Hindari 5 Hal Ini Setelah Menikah!unsplash.com/Jonas Svidras

Masa lalu bukanlah hal yang perlu ditutup-tutupi. Kejujuran dan keterbukaan penting agar kalian bisa memahami satu sama lain.

Namun, bukan berarti kamu boleh mengungkit-ungkit masa lalu pasangan yang bagi dia tidak menyenangkan. Sebab, menikah artinya kamu menerima seluruh hidupnya, termasuk masa lalunya apapun itu. 

Baca Juga: 5 Zodiak yang Realistis Soal Nikah Butuh Materi, Bukan Matre!

3. Tidak mengelola keuangan dengan baik

Agar Tak Berujung Pisah, Hindari 5 Hal Ini Setelah Menikah!unsplash.com/Alexander Mils

Keuangan adalah salah satu hal krusial dalam rumah tangga. Kebutuhan keluarga harus diprioritaskan dibanding kesenangan pribadi. Oleh karena itu, suami istri harus belajar mengelolanya sebaik mungkin.

Masalah pengelolaan uang ini jangan di anggap sepele. Sudah banyak pasangan yang memutuskan untuk bercerai karena ketidakmampuannya mengelola keuangan keluarga dengan baik.

4. Berkelakuan toksik

Agar Tak Berujung Pisah, Hindari 5 Hal Ini Setelah Menikah!pexels.com/vera arsic

Kekerasan fisik dan melontarkan kata-kata kasar kepada pasangan adalah hal yang paling wajib kamu hindari. Keduanya saling berhubungan, kekerasan dalam rumah tangga awalnya bisa saja terjadi karena kurangnya kontrol pasangan dalam menjaga lisan.

Kehidupan berumah tangga memang tidak selamanya akan terus bahagia, kadang hal-hal yang tidak terduga bisa saja menjadi duri dalam keluargamu. Namun, apa pun masalah yang dihadapi keluarga harus diselesaikan dengan kepala dingin.

5. Mau menang sendiri

Agar Tak Berujung Pisah, Hindari 5 Hal Ini Setelah Menikah!unsplash.com/Priscilla Du Preez

Akan sangat sulit bagi pasangan yang sudah menikah jika mementingkan egonya sendiri. Selalu merasa pendapatnya paling benar dan tidak mau mendengar saran dari orang lain. Terlebih apabila hal ini dilakukan secara berulang tanpa ada kesadaran untuk memperbaiki diri.

Pasangan yang ideal adalah mereka yang mau saling bertukar pendapat untuk menemukan solusi atas masalah yang sedang dihadapi.

Menikah bukan lagi soal asmara, melainkan komitmen untuk menjalani hidup berdua. Makanya, pastikan kamu gak pernah melakukan hal-hal di atas!

Baca Juga: Catat, 5 Keuntungan Jika Kamu Gak Menargetkan Kapan Nikah

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Zam Zam di IDN Times Community dengan judul Hindari 5 Hal Ini Ketika Sudah Menikah Agar Tak Berujung Perceraian

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya