Comscore Tracker

5 Hal yang Patut Direnungkan Sebelum Menyatakan Cinta ke Gebetan

Jangan hanya memikirkan dirimu saja

Saat jatuh cinta, wajar jika kita memiliki keinginan untuk memiliki orang yang kira sayangi. Caranya adalah dengan mengutarakan perasaan kita padanya.

Namun, sebelum memutuskan untuk menyatakan cinta, ternyata ada beberapa hal yang perlu kita renungkan terlebih dulu. Kira-kira apa saja, ya?

1. Mampukah kamu bertanggung jawab atas hatinya?

5 Hal yang Patut Direnungkan Sebelum Menyatakan Cinta ke GebetanIlustrasi pasangan (pixabay.com/StockSnap)

Ketika kamu memutuskan untuk menyatakan cinta, itu artinya kamu meminta ia menitipkan hatinya padamu. Oleh karena itu, kamu harus mampu bertanggung jawab atas hatinya. Jadi jangan sampai kamu nembak hanya untuk sekadar memiliki dia namun enggan menjaga hatinya. Karena cinta itu sejatinya masalah hati, bukan kepemilikan fisik.

2. Siapkah kamu menjalin komitmen?

5 Hal yang Patut Direnungkan Sebelum Menyatakan Cinta ke GebetanIlustrasi pasangan (pixabay.com/realabobo)

Pacaran itu adalah sebuah bentuk komitmen untuk menjalin hubungan. Bukan sekadar kapan kamu mau ketemu dan gak mau ketemu. Kalau kamu mau dekat tapi gak mau komitmen karena takut gak bisa bebas dan "me time", lebih baik kamu dan dia jadi teman baik dulu aja. Gak perlu keburu nembak. Maka dari itu butuh kedewasaan dalam pacaran.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Sebaiknya Tidak Menjalani Hubungan Tanpa Status

3. Apa alasanmu menjadikan dia kekasihmu?

5 Hal yang Patut Direnungkan Sebelum Menyatakan Cinta ke GebetanIlustrasi pasangan (pixabay.com/CHENA)

Seseorang tentunya memiliki alasan yang jelas kenapa mau menjadikan orang lain sebagai orang terdekatnya. Hal ini berguna bagi kamu sebagai pengingat dan jadi fondasi juga buat kamu bisa bertahan, ketika dalam hubunganmu terdapat masalah. Kalau kamu gak tahu kenapa harus dia yang jadi pacarmu, saat ujian datang menerpa akan langsung kandas hubunganmu.

4. Bisakah kamu mengatur waktu untuknya?

5 Hal yang Patut Direnungkan Sebelum Menyatakan Cinta ke GebetanIlustrasi pasangan (pixabay.com/StockSnap)

Pacarmu itu juga manusia ya. Butuh perhatian dan kasih sayang. Jadi pastinya itu semua perlu waktu dan tenaga. Tapi kalau kamu memang serius pacaran, gak akan deh semua itu jadi beban. Masak ia tergantung mood kamu dalam menjalin hubungan? Harus memperhatikan pasanganmu juga ya yang memerlukan kasih sayang.

5. Mampukan kamu menerima kekurangannya?

5 Hal yang Patut Direnungkan Sebelum Menyatakan Cinta ke GebetanIlustrasi pasangan (pixabay.com/StockSnap)

Bicara masalah cinta, semua orang pastinya bisa jatuh cinta karena hal yang baik-baik. Misalnya cantik, pintar, populer, dll. Namun, sering kelupaan juga bahwa yang namanya manusia itu ada kurangnya juga.

Nah, bisa gak kamu mencintai dia itu sepaket, sama kekurangannya juga. Jangan hanya karena masalah ternyata dia punya kekurangan, lantas itu membuat hubungan kandas. Ketahuilah terlebih dahulu sebelum nembak doi.

itulah beberapa hal penting yang patut direnungkan sebelum kamu memutuskan untuk mengungkapkan cinta. Kalau semua pertanyaan di atas sudah terjawab, kini saatnya mencari jawaban dari dirinya.

Baca Juga: Hubungan Makin Serius, Kamu Boleh Menuntut 5 Hal Ini kepada Pasangan!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Laurensius Aldiron di IDN Times Community dengan judul 5 Hal yang Harus Kamu Renungkan Sebelum Menyatakan Cinta, Sudah Belum?

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya