Comscore Tracker

Jawab 'Ya' pada 5 Hal Ini, Tanda Hubunganmu Ada di Jalur yang Benar

Pertanyaan berikut ini bisa merefleksikan hubungan kalian

Apa yang kamu harapkan dari sebuah hubungan? Jawaban yang kamu miliki bisa sangat unik dan luas, tak sekadar "melangkah ke jenjang yang lebih serius", atau "menua bersama". Yang jelas, suatu hubungan yang sehat membuat dirimu dan pasangan terus berusaha menjadi pribadi yang lebih baik dan dewasa.

Lantas, bagaimana kamu mengetahui jika hubungan yang kamu jalin saat ini dengan pasangan sudah berada di jalur yang benar? Nah, cobalah jawab pertanyaan di bawah ini secara jujur. Jika sebagian besar jawabannya adalah 'ya', maka hubungan bisa dianggap sehat dan bermanfaat.

1. Apakah diriku bisa menjadi diri sendiri saat bersama pasangan?

Jawab 'Ya' pada 5 Hal Ini, Tanda Hubunganmu Ada di Jalur yang Benarpexels.com/Leah Kelley

Hubungan yang sehat dan bahagia itu berarti kamu bisa menjadi diri sendiri dan tetap mempertahankan identitasmu sebagai individu yang unik. Pasanganmu bisa menerima dirimu apa adanya, dan kamu juga bisa menerima keunikan pasanganmu. Tidak ada antara kalian berdua yang saling mengontrol jati diri pasangan.

Karena sejatinya, dalam hubungan yang sehat dan bahagia itu bukan berarti dua pribadi manusia yang harus menjadi mirip satu sama lain. Tapi dua pribadi manusia yang membawa keunikannya sendiri, dan dapat hidup saling berdampingan dengan keunikan tersebut.

2. Bisakah kami berdua saling memberi dan menerima dengan adil?

Jawab 'Ya' pada 5 Hal Ini, Tanda Hubunganmu Ada di Jalur yang Benarunsplash.com/Relevante design

Bukan berarti karena kamu cewek, maka kamu menuntut cowok untuk bisa membiayai makanmu dan memanjakanmu. Sama halnya cowok, bukan berarti kamu harus dipaksa untuk menyenangkan dan melakukan apa yang diminta cewekmu. Baik itu cowok atau pun cewek, dalam hubungan yang sehat dan bahagia harusnya adil. Tidak ada yang merasa dimanfaatkan atau merasa memanfaatkan.

Sebagai contoh, ketika cowokmu membelikan tiket bioskop, yang adil adalah kamu yang membelikan popcorn dan minumannya. Kesetaraan dalam hubungan ini juga harus ada dalam komunikasi, rasa percaya, kasih sayang, serta harapan untuk hubunganmu ke depannya.

Baca Juga: Urutan Zodiak dari yang Paling Siap Sampai Paling Enggan Menikah

3. Apakah waktuku bersamanya bisa kami manfaatkan dengan baik?

Jawab 'Ya' pada 5 Hal Ini, Tanda Hubunganmu Ada di Jalur yang Benarpexels.com/manu mangalassery

Jika kegiatan yang paling banyak kamu lakukan saat ketemu pasangan adalah bermain smartphone sendiri atau bahkan bosan, itu artinya waktumu dengan pasangan sama sekali tidak ada makna khusus. Hubungan yang sehat dan bahagia itu artinya kamu dan dia punya komunikasi yang bagus.

Bukan berarti obrolan kalian harus panjang lebar lho ya. Namun setiap ketemu, kalian berdua menyempatkan waktu untuk menatap mata satu sama lain dan saling membicarakan hal dan pemikiran kalian berdua.

4. Apakah pasanganku membuatku jadi orang yang lebih baik?

Jawab 'Ya' pada 5 Hal Ini, Tanda Hubunganmu Ada di Jalur yang Benarunsplash.com/Giorgio Trovato

Hubungan yang sehat dan bahagia itu artinya baik kamu dan pasangan saling mau memperbaiki diri sendiri. Jadi bukan cuma kamu yang meminta dia untuk berubah, kamu pun juga harus berubah. Dan perubahan itu harus ke arah yang lebih baik untuk masa depan kalian berdua, bukan berubah ke hal yang jelek untuk menyenangkan pasangan.

Selain itu juga, saling mendukung penting dalam hubungan. Jika kamu dan pasangan sudah terbiasa untuk saling berbicara sebelum mengambil keputusan bersama, maka sudah bisa dibilang hubunganmu sehat dan bahagia.

5. Apakah kita menginginkan tujuan akhir hubungan yang sama?

Jawab 'Ya' pada 5 Hal Ini, Tanda Hubunganmu Ada di Jalur yang Benarpexels.com/J carter

Meski terlihat sepele, namun tujuan akhir hubungan kalian berdua itu perlu dibicarakan sejak awal hubungan lho. Bukan cuma berhenti di apakah kita akan menikah atau tidak, tapi juga membicarakan bagaimana hubungan dengan orangtua setelah menikah, dan juga mau punya anak atau tidak nantinya.

Jika memang ada yang tidak sama dan kalian juga tidak menemukan jalan tengahnya, jangan diam saja dan berharap nanti pasanganmu akan berubah. Hal ini salah, menunggu kepastian yang tidak pasti datangnya ini akan membuatmu lelah. Lebih baik tahu dari awal tujuan akhir hubungan kalian berdua, dan bersama saling menemukan jalan tengahnya untuk hubungan yang sehat dan bahagia.

Itulah beberapa pertanyaan yang bisa membantumu merefleksikan hubungan dengan pasangan. Jika sebagian besar jawabannya 'ya', selamat, hubunganmu sudah di jalur yang tepat!

Baca Juga: Yang Harus Kamu Tahu, Ramalan Cinta Tiap Shio Tahun 2020

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Winnie Hw di IDN Times Community dengan judul Jika Kamu Menjawab 'Ya' pada 5 Hal Ini, Itu Artinya Hubunganmu Bahagia

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya