Comscore Tracker

Berteman dengan Introver? Sebaiknya Jangan Lakukan 7 Hal Ini

Bisa bikin mereka gak nyaman, lho

Introver dikenal sebagai pribadi dengan pembawaan tenang, pendiam, dan suka menikmati kesendirian. Namun, bukan berarti mereka gak bisa bergaul, lho. Mereka tetap suka berbaur dan bercengkerama dengan teman-teman dekatnya. 

Sebagai introver, ada beberapa momen dalam pergaulan yang membuatnya merasa gak nyaman. Memang, mereka hanya bisa nyaman berteman dengan segelintir orang yang sefrekuensi. Oleh karena itu, hal-hal berikut ini sebaiknya kamu hindari ketika berteman dengan introver.

1. Kelewat ingin tahu kehidupan pribadi mereka

Berteman dengan Introver? Sebaiknya Jangan Lakukan 7 Hal Iniunsplash.com/Kevin Grieve

Seorang introver akan merasa risi saat kamu terlalu banyak menanyakan hal-hal yang seputar urusan atau kehidupan pribadi mereka. Karena seorang introver dikenal memiliki privacy yang besar dalam dirinya.

Baginya gak semua hal dalam diri mereka harus selalu diketahui dan dibagikan oleh orang lain, kecuali bila ia sendiri yang berkenan untuk menceritakan padamu.

2. Menganggap sikap diamnya sebagai tanda dia sedang tidak baik-baik saja

Berteman dengan Introver? Sebaiknya Jangan Lakukan 7 Hal Iniunsplash.com/Pricillia Du Preez

Memang sudah menjadi karakter umum seorang introver memiliki pembawaan pendiam dan tenang. Namun gak jarang sifat diamnya ini bisa disalahartikan oleh orang-orang di sekitarnya.

Alhasil si introver sendiri bisa dibuat bingung dan gak nyaman sendiri saat kamu menanyakan alasan keterdiamannya ketika dirinya memang sedang dalam keadaan baik-baik saja.

3. Mengganggu momen me time-nya

Berteman dengan Introver? Sebaiknya Jangan Lakukan 7 Hal Iniunsplash.com/Ana Gabriel

Introver punya cara tersendiri untuk menikmati momen me time miliknya. Misalnya, dengan menghabiskan waktu sendirian di rumah dan melakukan berbagai aktivitas yang disukainya. Nah, ketika kamu mengganggu momen me time-nya, hal ini bisa membuat mereka merasa risi. 

Baca Juga: 5 Zodiak dengan Pemikiran Paling Dewasa, Tenang dan Rasional

4. Mengajak orang asing untuk bergabung di momen hang out kalian

Berteman dengan Introver? Sebaiknya Jangan Lakukan 7 Hal Iniunsplash.com/Jens Jhonsson

Seorang introver cenderung lebih nyaman saat menghabiskan waktu bersama sedikit teman daripada banyak teman, itupun hanya teman yang memiliki kedekatan dengannya saja.

Dia akan merasa gak nyaman saat kamu justru membawa teman dari luar untuk bergabung di momen hang out kalian, sebab introver tidak suka berada di suasana yang bising dan terasa asing baginya.

5. Terlalu lama mengajaknya pergi ke suatu acara

Berteman dengan Introver? Sebaiknya Jangan Lakukan 7 Hal IniUnsplash.com

Seorang introver juga akan merasa gak nyaman kalau kamu terlalu lama mengajaknya pergi ke suatu acara. Terlebih saat kamu mencegahnya untuk pulang hanya karena kamu masih ingin tetap berada di sana. Kalau dia sudah benar-benar ingin meninggalkan suatu acara tandanya dia sudah tidak merasa nyaman berada di pesta tersebut.

6. Terus menerus mengajaknya bicara tanpa henti

Berteman dengan Introver? Sebaiknya Jangan Lakukan 7 Hal IniUnsplash/Mimi Thian

Seorang introver memang dikenal sebagai sosok pendengar yang baik bagi teman-teman di sekitarnya. Akan tetapi mereka bakal risi juga saat berada di sekitar orang-orang berisik dan suka terus menerus mengajaknya bicara tanpa henti.

Karena introver tidak terlalu suka berlama-lama menghabiskan waktu di dalam pembicaraan yang menurutnya kurang penting.

7. Memaksakan kehendak pribadimu kepadanya

Berteman dengan Introver? Sebaiknya Jangan Lakukan 7 Hal Iniunsplash/Tim Gow

Dan terakhir, hal yang paling dibenci introver adalah saat kamu memaksanya untuk melakukan sesuatu di saat dia sedang tidak ingin melakukan apa pun. Terlebih kalau kamu meminta dia melakukan beberapa hal yang bertolak belakang dengan kepribadiannya. Duh, sebaiknya jangan dilakukan ya.

Itulah sejumlah momen gak nyaman yang dialami introver dalam pergaulan. Saat bergaul dengan teman yang introver, sebaiknya kamu menghindari hal di atas, ya!

Baca Juga: 5 Sifat Ini Mampu Membuat Introver Sukses di Dunia Kerja!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Dewi Ginan di IDN Times Community dengan judul Dalam Pergaulan, Ini 7 Momen yang Bisa Bikin Introver Gak Nyaman

Baca Juga: 5 Sifat Ini Mampu Membuat Introver Sukses di Dunia Kerja!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya