Comscore Tracker

5 Hikmah yang Bisa Dipetik saat Jodoh Tak Kunjung Hadir di Hidupmu

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan sembari menunggu

Jodoh menjadi salah satu rahasia Ilahi, selain rezeki dan kematian. Tidak ada yang tahu kapan jodoh akan datang. Kita cuma bisa berikhtiar dan berdoa agar dia lekas datang dalam hidup kita.

Bagi kamu yang belum menemukan jodohnya saat ini, tak perlu risau meski teman-temanmu mungkin sudah menjumpai tambatan hatinya. Ini dia beberapa hikmah yang bisa kamu petik ketika jodohmu tak kunjung hadir dalam hidupmu.

1. Tuhan ingin kamu membahagiakan orangtuamu dulu

5 Hikmah yang Bisa Dipetik saat Jodoh Tak Kunjung Hadir di Hidupmufreepik/branin

Dikandung dalam perut ibu selama 9 bulan, diasuh dan dididik hingga kini sudah besar. Mereka rela bersusah payah hanya demi melihat anaknya sukses.

Tentunya ketika kamu sudah dewasa seperti sekarang, pasti ingin membuat mereka bahagia. Mereka memang tak meminta uang, tapi setidaknya kamu mampu membuat mereka berkecukupan, sehingga bisa menjalani masa tua mereka dengan tenang.

Buat kamu yang saat ini belum menemukan jodoh, mungkin Tuhan sedang memberimu kesempatan untuk bisa berfokus pada kariermu demi membahagiakan orang tuamu dulu. Jika saatnya telah tiba, ketika kamu sudah mapan, maka tak hanya orang tua yang bisa kamu bahagiakan, tapi juga pasangan dan keluarga kecilmu nanti.

2. Tuhan ingin agar kamu bisa memperbaiki ibadahmu dulu

5 Hikmah yang Bisa Dipetik saat Jodoh Tak Kunjung Hadir di Hidupmuunsplash.com/Ben White

Jika hubunganmu dengan Tuhan saja masih tidak harmonis. Ibadah masih bolong-bolong, dan masih sering ditinggal, bagaimana kamu berharap hubunganmu dengan manusia bisa berjalan dengan selaras?

Jika terhadap Tuhan yang sudah begitu sayangnya, memberi segala kenikmatan hidup, masih sering kamu abaikan, bagaimana kamu akan tulus peduli pada pasangan yang kebermanfaatannya padamu, tidak bisa secuil pun dibandingkan terhadap segala pemberian Tuhan selama ini?

Jadi, nikmati saja waktu lajangmu saat ini dengan memperbaiki hubunganmu dengan Tuhan. Dengan begitu, hubunganmu nanti dengan manusia pun bisa jadi lebih baik lagi.

Baca Juga: Jangan Diteruskan, 5 Hal Sepele Ini Malah Bikin Jodohmu Menjauh

3. Tuhan ingin agar kamu fokus pada studi atau pekerjaanmu terlebih dahulu

5 Hikmah yang Bisa Dipetik saat Jodoh Tak Kunjung Hadir di Hidupmupexels.com/@olly

Kalau Tuhan belum juga pertemukan jodohmu, bisa jadi karena Tuhan masih sayang kamu. Ingin supaya kamu bisa fokus pada studi atau pekerjaan yang sedang kamu geluti saat ini.

Sehingga nantinya, perhatianmu tidak terbagi-bagi. Dengan begitu, masa depanmu pun jadi jauh lebih cerah ketika sudah datang jodohmu nanti.

4. Tuhan ingin kamu memantaskan diri terlebih dahulu

5 Hikmah yang Bisa Dipetik saat Jodoh Tak Kunjung Hadir di Hidupmuunsplash.com/@nate_dumlao

Menikah bukanlah perkara enteng. Akan ada banyak aral rintangan yang menanti saat menjalani rumah tangga kelak. Jika kamu belum siap, maka rumah tangga impian yang kamu cita-citakan bisa sirna. Tak ada tawa bahagia, malah digantikan dengan tangis derita.

Itulah kenapa Tuhan ingin agar kamu memantaskan diri dulu. Jika kamu merasa saat ini masih gampang tersulut emosi, cobalah manfaatkan waktu yang ada untuk berlatih menjadi pribadi yang lebih tenang, sehingga ketika menghadapi masalah rumah tangga nanti, bisa jauh lebih dewasa.

Begitu pula dengan mendidik anak. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya sebelum kamu menikah untuk menuntut ilmu bagaimana cara mendidik anak yang tepat. Supaya kamu mampu membangun generasi kuat dan berkarakter baik, sehingga bisa jadi kebanggaan kamu sebagai orang tua, juga kebanggaan agama dan negara.

5. Tuhan ingin mengajarkanmu bersabar

5 Hikmah yang Bisa Dipetik saat Jodoh Tak Kunjung Hadir di Hidupmupexels.com/@yogendras31

Jika kamu merasa saat ini sudah siap lahir batin, tapi jodoh itu belum juga tampak mendekat, bisa jadi Tuhan sedang mengajarkanmu untuk bersabar. Bagaimana kamu mampu untuk tetap berprasangka baik kepada Tuhanmu dan ikhlas menerima segala keputusan-Nya, meski bertentangan dengan keinginan.

Jika kamu menjalani masa tunggu ini dengan berserah diri sepenuhnya, sambil tetap berusaha meningkatkan kualitas diri jadi lebih baik lagi, maka tinggal menunggu saja masa indah itu akan tiba. Diberikan jodoh yang akan membawa kebaikan padamu dunia dan akhirat.

Jangan khawatir, yakin lah bahwa jodohmu akan hadir di waktu yang tepat. Jika saat ini kamu masih sendiri, nikmati saja dan ambil hikmahnya.

Baca Juga: Kisah Millennial Cari Jodoh di Medsos: Iseng di Tinder Berujung Nikah

Artikel ini pertama kali ditulis oleh L A L A di IDN Times Community dengan judul 5 Makna Tersirat Penyebab Jodohmu Belum Tiba, Tuhan Tahu yang Terbaik!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya