Comscore Tracker

6 Kondisi dalam Rumah Tangga Ini Bisa Jadi Pertimbangan untuk Berpisah

Semoga hal berikut ini tidak terjadi dalam hubunganmu

Dalam menjalani bahtera rumah tangga, yang namanya konflik pasti selalu ada. Baik itu hal yang sepele hingga masalah besar yang menguji hubungan. Yang penting, kamu dan pasangan tetap harus menjaga komunikasi, saling menghargai, dan mendukung satu sama lain.

Namun, ada beberapa kondisi yang jika dibiarkan terlalu lama bisa menggerogoti kebahagiaanmu. Jika hal ini sering kali terjadi, berpisah mungkin dapat menjadi opsi yang logis.

1. Sudah tidak ada dukungan satu sama lain

6 Kondisi dalam Rumah Tangga Ini Bisa Jadi Pertimbangan untuk Berpisahpexels.com/Heitor Verdi

Sejatinya sebagai pasangan suami istri, baik kamu maupun pasangan saling mendukung satu sama lain dalam berbagai hal. Namun, jika sudah tidak ada lagi dukungan yang saling diberikan, lalu untuk apa lagi pernikahanmu di pertahankan? 

2. Tidak ada kerja sama peran dalam keluarga

6 Kondisi dalam Rumah Tangga Ini Bisa Jadi Pertimbangan untuk Berpisahpexels.com/Agung Pandit Wiguna

Peran dalam keluarga sangat penting. Istri mengurus suami dan anak, lalu suami kerja dan mencari nafkah. Jika salah satu pihak sibuk, ada baiknya pihak lain sebagai pasangan saling meringankan. Ketika kamu hanya lelah dengan semua peran yang kamu lakukan dan tidak ada kerja samanya, pikirkanlah lagi, apakah kamu masih mau mempertahankan atau lebih baik tinggalkan? 

3. Sudah tak ada ketenangan dalam rumah

6 Kondisi dalam Rumah Tangga Ini Bisa Jadi Pertimbangan untuk Berpisahpexels.com/Genor Chiomento

Rumah adalah tempat pulang dari segala arah dan tempat menenangkan pikiran dari segala masalah yang ada. Namun, ketika rumahmu sudah tidak dapat setenang saat pertama kali menjalani rumah tangga ini, kamu harus pikirkan ulang tentang apakah pernikahanmu bahagia atau malah sebaliknya.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Sebaiknya Kamu Gak Cuma Menerima Pasangan Apa Adanya

4. Temperamen yang sulit berubah

6 Kondisi dalam Rumah Tangga Ini Bisa Jadi Pertimbangan untuk Berpisahpexels.com/bruce mars

Watak seseorang adalah hal yang sulit untuk diubah. Jika pasanganmu memiliki watak yang mudah marah dengan emosi yang mudah meledak tidak pandang tempat, jangan memakluminya.

Jangan berpikir bahwa suatu saat pasanganmu akan berubah, dia akan tetap saja. Lebih baik akhiri semuanya jika kamu tidak ingin alami kekerasan  dalam hidupmu. 

5. Sering tertekan batin

6 Kondisi dalam Rumah Tangga Ini Bisa Jadi Pertimbangan untuk Berpisahpexels.com/Jure Siric

Banyaknya masalah dalam rumah tangga harus diselesaikan dengan baik oleh kedua pihak. Namun, saat masalah datang dan hanya kamu saja yang memikirkan dan menyelesaikan, kamu perlu waspada. Tanpa kamu sadari lambat laun posisimu akan semakin merasakan tekanan batin yang tidak berujung. 

6. Pasangan pernah berselingkuh

6 Kondisi dalam Rumah Tangga Ini Bisa Jadi Pertimbangan untuk Berpisahpexels.com/Odonata Wellnesscenter

Komitmen dalam rumah tangga adalah faktor penting dari langgengnya sebuah pernikahan. Menyelingkuhi adalah tindakan yang tidak dapat dimaafkan.

Meski kamu memilih untuk memaafkan, dampak dari rasa marahmu tidak akan pernah hilang. Akan lebih baik jika kamu akhiri semuanya sebelum rasa sakitmu berubah menjadi dendam yang berbahaya. 

Perceraian seharusnya jadi opsi terakhir. Sebelum kalian memutuskan berpisah, cobalah lakukan introspeksi satu sama lain dan bicaralah dari hati ke hati dengan kepala dingin. Temukan solusi dan komitmen untuk berubah.

Baca Juga: 6 Nasihat Soal Pernikahan yang Bisa Dipetik dari Film Marriage Story

Artikel ini pertama kali ditulis oleh P U T R I di IDN Times Community dengan judul Jika 6 Hal Ini Sering Terjadi di Rumah Tangga, Sebaiknya Berpisah Saja

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya