Comscore Tracker

Hubungan Makin Serius, Kamu Boleh Menuntut 5 Hal Ini kepada Pasangan!

Kamu berhak menuntut hal-hal ini, kok

Hubungan percintaan memang penuh lika-liku. Namun, kita semua pasti berharap hal ini bisa bermuara ke satu tujuan, yaitu ikrar sehidup semati dalam menjalani bahtera kehidupan.

Kamu yang kini makin serius dengan pasangan, mungkin sudah merasakan pasang surut dan jatuh bangun selama menjalin asmara. Nah, untuk memastikan keseriusannya, kamu boleh, kok, menuntut lima hal berikut ini kepada pasangan!

1. Kelanjutan hubungan

Hubungan Makin Serius, Kamu Boleh Menuntut 5 Hal Ini kepada Pasangan!Ilustrasi komitmen hubungan (pixabay.com/chamorrojlc0)

Dalam artian, mau dibawa ke mana selanjutnya setelah pacaran sekian tahun ini? Tentunya jenjang pernikahan adalah tujuannya. Mau nikah atau tidak. Semua tergantung kepada jalan dan pilihan hidup.

Ada orang yang nyaman dengan hubungan tanpa menikah. Namun, seyogyanya suatu hubungan asmara pun perlu legalitas supaya bisa lancar dalam urusan administrasi dan kehidupan sosial.

Jika masih dirasa belum siap, jangan dipaksakan. Karena menikah juga tidak murah. Hidup rumah tangga pun lebih akan banyak tantangannya. Namun, setidaknya kamu dan dia sudah tahu, apa langkah selanjutnya yang harus kalian ambil. 

2. Komitmen yang semakin kuat

Hubungan Makin Serius, Kamu Boleh Menuntut 5 Hal Ini kepada Pasangan!Ilustrasi pasangan (pixabay.com/Idesignstudio)

Semakin erat hubungannya, tentunya komitmen juga harus semakin tebal. Rasa romantis dan peduli mungkin akan sedikit menurun di masa hubungan yang semakin intim. Namun, komitmen tidak boleh demikian. Komitmen harus semakin kuat supaya tidak ada pengkhianatan dalam bentuk apa pun.

Kamu bisa meminta dia untuk menetapkan standar dalam hubungan. Misalnya jika ketahuan selingkuh maka hubungan akan langsung bubar. Jadi, saat asa uang melanggar, standar ini harus digunakan.

Baca Juga: Ajukan 5 Pertanyaan untuk Mengetahui Keseriusan Pasangan!

3. Pertumbuhan secara lahir dan batin 

Hubungan Makin Serius, Kamu Boleh Menuntut 5 Hal Ini kepada Pasangan!Ilustrasi pasangan (pixabay.com/vrolanas)

Hubungan asmara memang berkembang. Namun perkembangan itu juga harus diikuti dengan pertumbuhan personal secara lahir dan batin. Semakin dewasa, karier semakin menanjak, dan sebagainya. Kedewasaan tentu diperlukan dalam sebuah hubungan. Karier berguna untuk biaya hidup kelak saat sudah berumah tangga. 

Tidak perlu langsung jadi orang kaya raya, namun setidaknya kamu melihat pasangan bukan orang pemalas. Doi mau berkembang dan rajin dalam menjalankan pekerjaannya. Niscaya suatu saat dia akan bisa membahagiakan kamu. 

Baca Juga: 5 Obrolan Pasangan Serius dengan Level Kedewasaan yang Matang 

4. Memintanya untuk terbuka mengenai semua hal

Hubungan Makin Serius, Kamu Boleh Menuntut 5 Hal Ini kepada Pasangan!Ilustrasi hubungan asmara (pixabay.com/estudiokasar0)

Setelah sekian lama berhubungan, seharusnya semua tentang dia sudah kamu ketahui. Jika dirasa ada yang masih disembunyikan, kamu berhak untuk tahu. Walau itu merupakan trauma atau masalah di masa lalu. Gunanya supaya kamu punya rem saat berhadapan dengannya ketika memiliki masalah yang berhubungan dengan trauma dia di masa lalu. 

Jika terus ditutupi, kamu juga akan jadi bingung ketika dia merasa tersinggung saat kamu membahas hal yang membuat ia traumatis, tapi kamu tak pernah tahu karena ia tak pernah menceritakannya. 

5. Memperkenalkan kedua keluarga masing-masing 

Hubungan Makin Serius, Kamu Boleh Menuntut 5 Hal Ini kepada Pasangan!Ilustrasi kumpul keluarga (pixabay.com/rpeppi)

Yang terakhir memperkenalkan keluarga masing-masing. Lebih bagus kalau bisa bertemu dengan keluarga besar, supaya saat ingin meresmikan tidak terlalu asing dengan keluarga masing-masing. Pernikahan dalam budaya timur juga memadukan dua keluarga. Jadi, ketika sudah berhubungan lama, lucu sekali jika kamu belum mengenal siapa saja silsilah keluarganya. 

Lima hal di atas sangat penting untuk dilakukan ketika kamu dan dia sudah memutuskan untuk serius. Jadi, siap untuk menuju lembaran baru dalam hidupmu?

Baca Juga: 5 Tanda Pacar Ingin Lepas dari Sisimu, Percuma Ditahan

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Laurensius Aldiron di IDN Times Community dengan judul 5 Hal yang Boleh Dituntut ke Pasangan saat Hubungan Semakin Serius

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya