Comscore Tracker

Jangan Diteruskan, 5 Hal Sepele Ini Malah Bikin Jodohmu Menjauh

Kamu perlu memantaskan diri dulu sebelum menerima orang lain

Kamu saat ini mungkin tengah galau karena jodohmu tak kunjung hadir dalam hidupmu. Kamu sebenarnya gak perlu galau atau berkecil hati, karena jodoh, rezeki, dan maut sudah diatur Tuhan.

Meski begitu, kita sebagai manusia juga perlu berikhtiar. Salah satunya dengan memantaskan diri untuk menjadi lebih baik. Nah, tanpa disadari, ternyata ada beberapa hal yang bisa membuat jodohmu menjauh, lho! Inilah hal yang perlu diubah dari dirimu. Apa saja?

1. Kamu terlalu menutup diri dari pergaulan

Jangan Diteruskan, 5 Hal Sepele Ini Malah Bikin Jodohmu MenjauhPexels.com/RODNAE Productions

Bagaimana bisa bertemu jodoh kalau kamu terkesan tertutup dan enggan berkenalan dengan orang baru? Meskipun jodoh sudah diatur bukan berarti kamu hanya berdiam diri.

Memperluas pergaulan bisa jadi pembuka jalanmu bertemu dengan seseorang yang telah kamu nanti. Gak cukup hanya berdoa, untuk bertemu jodoh kamu juga harus berusaha tanpa kenal putus asa. 

2. Kamu terlalu larut dalam kenangan masa lalu

Jangan Diteruskan, 5 Hal Sepele Ini Malah Bikin Jodohmu MenjauhPexels.com/cottonbro

Hal sepele yang bisa menghambat jodohmu selanjutnya adalah kamu masih larut dalam kenangan masa lalu. Masa lalu memang bagian hidup yang tidak bisa dilupakan begitu saja. Namun, bukan berarti kamu bisa terus-terusan mengingatnya dan sengaja untuk terjebak dalam nostalgia. 

Bisa bikin jodohmu jadi jauh, ketidakikhlasanmu dengan masa lalu justru membuatmu enggan bergerak maju. Padahal, sejatinya untuk bertemu jodoh kamu harus sudah siap merangkai hidup yang baru dan mengubah segala kenangan yang telah berlalu sebagai pelajaran berharga. 

Baca Juga: Ini 5 Alasan Aquarius Pantas Dinobatkan Jadi Pasangan yang Baik

3. Kamu hanya fokus mencari tetapi tidak memperbaiki diri

Jangan Diteruskan, 5 Hal Sepele Ini Malah Bikin Jodohmu MenjauhPexels.com/cottonbro

Saat kamu sudah mencari jodoh ke sana kemari tetapi usahamu gak berbuah hasil apa-apa, itu tandanya Tuhan sedang mengajakmu untuk intropeksi diri. Mungkin selama ini kamu hanya sibuk mencari sosok idaman dan lupa bahwa kamu pun harus layak jadi sosok yang diidamkan. Jangan pernah lupa bahwa jodoh itu adalah cerminan dirimu.

Alih-alih mengejar orang lain tanpa henti, kamu juga harus mengimbangi dengan usaha untuk memperbaiki diri. Percayalah bahwa saat dirimu menjadi lebih baik, maka Tuhan akan membukakan jalan jodohmu dengan sederhana.

4. Kamu terlalu pemilih dan overthinking

Jangan Diteruskan, 5 Hal Sepele Ini Malah Bikin Jodohmu MenjauhPexels.com/Ivan Samkov

Kamu memang gak boleh sembarangan dalam hal memilih, terlebih jika menyangkut urusan pendamping hidup. Kamu tentu ingin menghabiskan usia dengan satu orang yang benar-benar kamu percaya dan cinta.

Namun, bukan berarti kamu bisa menghabiskan sisa umur yang kamu miliki hanya untuk memilih dan memilah saja. Kamu harus paham bahwa mencari yang terbaik gak akan pernah ada habisnya.

Terlebih jika kamu selama ini hanya menjadikan fisik dan harta sebagai kriteria pemilihan. Untuk bertemu jodoh kamu harus berani menjatuhkan pilihan. Agar terhindar dari rasa kecewa, ada baiknya kamu memilih orang berdasarkan agama dan hatinya bukan hanya sekadar hal-hal yang bisa dipandang oleh mata.  

5. Kamu punya standar pasangan hidup yang ketinggian

Jangan Diteruskan, 5 Hal Sepele Ini Malah Bikin Jodohmu MenjauhPexels.com/Andrea Piacquadio

Siapa, nih, yang berharap pasangan hidupnya sekeren dan semenawan selebriti Korea? Kalau kamu jadi salah satunya, jangan heran kalau jodohmu belum kamu temukan di mana-mana.

Bukan bermaksud meruntuhkan impianmu, tetapi kamu juga gak boleh lupa bahwa dirimu sedang hidup di dunia nyata bukan dalam drama Korea. Kalau standar pasanganmu ketinggian, yang ada kamu gak akan pernah menemukannya sampai kapanpun.

Apalagi, kalau kamu berharapnya ketemu jodoh yang hartanya gak akan habis sampai tujuh turunan. Satu banding seribu, potensimu untuk menjadi satu orang beruntung itu sangat tipis dan bisa berujung pada kekecewaan saja. 

Siapa sangka kalau kamu bisa dijauhkan dari jodoh gara-gara hal-hal yang tampaknya sepele? Mungkin Tuhan memintamu untuk menjadi lebih baik sebelum mengirim jodoh untukmu.

Baca Juga: Bukan Fisik, 5 Hal Ini Bikin Kamu Lebih Menarik di Mata Pria Cerdas! 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Yulia Nor Annisa di IDN Times Community dengan judul 5 Hal Sepele yang Bisa Jadi Sebab Jodohmu Tak Kunjung Datang, Catat!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya