Comscore Tracker

5 Tanda Kawanmu Tidak Tulus Berteman, Makan Hati!

Lebih baik tak perlu terlalu dekat dengan mereka

Sebagai makhluk sosial, manusia memiliki kebutuhan untuk bercengkerama dengan sesamanya. Salah satunya adalah menjalin pertemanan dengan orang lain. Kita juga telah diajarkan untuk berteman dan berbagi sejak kecil. Namun, semakin dewasa, semakin kita sadari bahwa tak semua pertemanan itu tulus.

Ada beberapa orang yang menyebut dirinya "teman" tapi sebenarnya penuh kepentingan. Lantas, seperti apa tanda-tanda kawanmu sebenarnya tidak tulus berteman? Simak, yuk!

1. Perhitungan pada setiap hal yang ia lakukan untukmu

5 Tanda Kawanmu Tidak Tulus Berteman, Makan Hati!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Untuk bisa melihat tidak tulusnya seseorang dalam berteman ialah bisa dilihat dari cirinya yang pertama, yaitu dirinya yang begitu perhitungan pada setiap hal yang ia lakukan untukmu.

Jika dia memberimu sesuatu maka kamu pun harus membalas pemberiannya, begitu pula dengan hal-hal lain yang harus ada timbal baliknya. Karena kalau orang yang tulus berteman pasti gak bakal menuntut balasan dan ikhlas saja dalam berbuat baik.

2. Dia berubah ramah dan mendekat ketika kamu meraih suatu pencapaian

5 Tanda Kawanmu Tidak Tulus Berteman, Makan Hati!Pexels.com/August De Richelieu

Sebelumnya dia tidak pernah banyak bicara padamu bahkan cenderung cuek, akan tetapi sejak kamu memiliki suatu pencapaian ia berubah ramah dan mendekatimu. Ini juga merupakan ciri orang yang gak tulus dalam berteman. Karena dia berteman denganmu karena suatu hal, dan biasanya orang seperti ini juga diikuti oleh niat atau modus tertentu, lho. Hati-hati!

Baca Juga: Berteman dengan Introver? Sebaiknya Jangan Lakukan 7 Hal Ini

3. Dia membicarakan keburukanmu pada orang lain

5 Tanda Kawanmu Tidak Tulus Berteman, Makan Hati!Pexels.com/Elevate

Teman yang baik adalah sosok yang bisa kamu percaya, yang tidak membuatmu takut untuk jadi diri sendiri di hadapannya. Jadi jika ia malah membicarakan keburukanmu dan kekurangan dirimu pada orang lain maka sudah jelas bahwa dia bukan teman yang baik. Karena hal ini termasuk salah satu ciri orang yang tidak tulus dalam berteman. 

4. Selalu ingin dianggap sebagai sosok yang ada di atasmu

5 Tanda Kawanmu Tidak Tulus Berteman, Makan Hati!Pexels.com/Fauxels

Kemudian ciri lainnya dari orang yang gak tulus dalam berteman ialah ia bakal selalu ingin dianggap sebagai sosok yang ada di atasmu. Dia gak mau kalah darimu, selalu iri dan cemburu pada hal-hal baik yang kamu miliki. Berteman lama-lama dengan orang seperti ini gak bagus lho, karena pertemanan seharusnya saling support dan menjaga satu sama lain. 

5. Mencarimu hanya jika dirinya kesepian

5 Tanda Kawanmu Tidak Tulus Berteman, Makan Hati!Pexels.com/Cliff Booth

Dan cirinya yang terakhir dari orang yang gak tulus dalam berteman adalah dia hanya mencarimu jika kesepian saja. Jika dia sedang bahagia dan dikelilingi banyak teman ia melupakan keberadaanmu, namun jika semua orang telah pergi dan dirinya kesepian maka ia akan mendatangimu.

Tipe orang yang cuma berteman jika ada maunya saja, kelihatan sisi tidak tulusnya kan? Makanya lebih baik kamu hati-hati dalam memilih teman.

Nha, sebaiknya kenali dengan teliti tanda-tanda di atas, agar kamu gak terlalu menghabiskan waktu dengan teman yang gak tulus padamu. Setuju?

Baca Juga: Gak Suka Gosip, 5 Zodiak Ini Malah Dianggap Sebagai Teman Gak Asyik

Artikel ini pertama kali ditulis oleh afifah hanim di IDN Times Community dengan judul 5 Ciri Orang yang Tidak Tulus dalam Berteman, Kenali dengan Teliti!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya