Comscore Tracker

Ini 5 Cara Mengatasi Rasa Insecure Terhadap Pasangan Menurut Psikolog

Jangan cuma dipendam dalam hati

Dalam menjalani hubungan asmara, terkadang timbul rasa insecure terhadap pasangan. Hal ini membuatmu merasa cemas, gelisah, bahkan posesif karena tak ingin kehilangan. Tentunya, perasaan semacam ini bisa memicu timbulnya permasalahan.

Untuk mengatasi rasa insecure ini, Psikolog Astrid Regina Sapiie memaparkan sejumlah tips ampuh yang bisa kamu terapkan. Seperti apa kiatnya?

1. Cari tahu sumber rasa insecure pada dirimu

Ini 5 Cara Mengatasi Rasa Insecure Terhadap Pasangan Menurut Psikologhancinema.net

Untuk mengatasi rasa insecure, kamu perlu lebih dulu mengetahui sumbernya. 

"Menghilangkan insecure agak sulit menjawabnya karena sumber insecure bisa macam-macam. Jadi harus tahu dulu, sumbernya apa?" papar Astrid dalam wawancara via WhatsApp, Kamis (24/9/2020).

Rasa insecure tidak akan datang tiba-tiba tanpa ada pemicunya. Coba pahami dulu, apa yang membuatmu jadi minder dengan pasanganmu sendiri?

Apakah mungkin karena dia terlihat lebih baik darimu? Atau mungkin karena dia masih tetap dekat dengan mantannya? Yuk, cari tahu!

2. Ajak pasangan untuk mengobrol dan perhatikan responsnya

Ini 5 Cara Mengatasi Rasa Insecure Terhadap Pasangan Menurut Psikologhancinema.net

Ketika sumber rasa insecure itu sudah kamu ketahui, jangan hanya dipendam saja. Ajak pasanganmu dan bahas apa yang menjadi permasalahanmu. 

"Misalnya insecure karena pasangan suka ketemu mantannya. Ya, ajak pasangan ngomong, dengarkan, dan rasakan jawabannya," lanjutnya.

Menurut Astrid, kita pasti bisa merasakan lewat hati nurani kita, apakah pasangan mampu tulus atau tidak dalam merespons permasalahan kita. Lalu, bagaimana kalau ia tak mampu memberi respons yang tepat? Sepertinya, kamu perlu mempertimbangkan pergi dari hidupnya.

Baca Juga: Catat, 5 Keuntungan Jika Kamu Gak Menargetkan Kapan Nikah

3. Introspeksi diri

Ini 5 Cara Mengatasi Rasa Insecure Terhadap Pasangan Menurut Psikologhancinema.net

"Kalau pasangan jujur dan tulus, kita harus introspeksi diri. Untuk apa mengembangkan rasa negatif pada diri sendiri?" tutur psikolog yang bekerja di RS Siloam Surabaya ini.

Beda cerita kalau pasanganmu dapat memberikan respons yang jujur dan tulus saat membahas permasalahanmu. Tandanya, kamulah yang perlu introspeksi diri. Kenapa harus memberi energi negatif pada dirimu sendiri?

4. Terima juga kondisi objektif yang tidak bisa kamu ubah

Ini 5 Cara Mengatasi Rasa Insecure Terhadap Pasangan Menurut Psikologhancinema.net

Kadang kala, justru keadaan objektif yang membuatmu menjadi insecure. Misalnya, karena kamu hanya anak pegawai kantoran, sedangkan pasanganmu anak pengusaha ternama. Atau, karena kamu berasal dari keluarga broken home, sedangkan dia bahagia. 

"Kalau misal soal keluarga berantakan, mau diapain lagi? Itu kondisi objektif yang sudah diketahui pasangan. Kalau dia oke ya gak papa, lanjut aja, gak usah dipikirin," ungkapnya.

Kuncinya adalah penerimaan diri. Toh, pasanganmu sudah mengetahui kondisimu dan menerimamu apa adanya. Lantas, kenapa kamu harus terus-terusan minder?

5. Terus memantaskan diri untuk menjadi sosok yang setara

Ini 5 Cara Mengatasi Rasa Insecure Terhadap Pasangan Menurut Psikologhancinema.net

Pada akhirnya, pasangan yang ideal adalah pasangan yang setara satu sama lain. Oleh karena itu, berusahalah terus memperbaiki diri agar menjadi pasangan yang sepadan. Dijamin, hubunganmu bakal awet!

"Kalau pasangannya berharga dan ingin dipertahankan, dia harus kerja keras supaya jadi setara. Daripada menghabiskan energi buat rasa insecure ,lebih baik menghabiskan energi buat kerja keras untuk menyetarakan diri," tutup Astrid.

Itulah beberapa tips mengatasi rasa insecure menurut psikolog. Setelah kamu membaca pemaparannya, semoga kamu bisa menghalau perasaan negatif itu, ya!

Baca Juga: 5 Kerugian Berselingkuh, Jangan Coba-coba Kalau Gak Mau Menyesal!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya