Comscore Tracker

Setelah Putus, Mungkinkah Menghargai Mantan?   

#IDNTimesLife Jika ingin melakukannya, simak 5 hal ini 

Putus cinta adalah salah satu kejadian yang tak terlupakan. Di masa ini, kesedihan, air mata dan kemarahan menjadi satu. Apalagi penyebab putusnya sebuah hubungan disebabkan perselingkuhan. Terkadang hal tersebut tidak dapat ditoleransi.  

Jika sudah putus, apakah harus berteman dengan mantan dan saling menghargai? Jika kamu ingin melakukannya, yuk, ikuti cara di bawah ini.  

1. Harga privasi dan batasi diri

Setelah Putus, Mungkinkah Menghargai Mantan?   unsplash/ Nik Shuliahin

Terkadang setelah putus, seseorang akan merasa bingung dan mempertanyakan kandasnya hubungan percintaan kepada mantan. Dilansir YourTango, Ora Nadrich, Life Coach menjelaskan perlu adanya batas dan privasi terlebih dahulu.  

2. Ingat dan pahami bahwa hubunganmu telah berakhir

Setelah Putus, Mungkinkah Menghargai Mantan?   Unsplash.com/Force Majeure

Terkadang, kamu merasa tak bisa meninggalkan kebiasaan kalian berdua dan merasa masih memperlakukannya seperti pasanganmu dulu. Jadi batasi hubunganmu dengan selalu mengingat bahwa hubungan spesial kalian sudah selesai.

3. Jangan langsung memandang buruk tentang mantanmu

Setelah Putus, Mungkinkah Menghargai Mantan?   pexels.com/RODNAE Productions

Gak ada yang orang sempurna. Kamu dan mantan pasti memiliki kesalahan sehingga hubungan kalian tak bisa diselematkan. Dilansir Verywell Mind, kamu sebaiknya memikirkan sikapmu atas kesalahan yang dilakukan dan ingatlah bahwa ia juga manusia.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Putus karena Bosan Justru Bisa Jadi Bumerang

4. Bersabarlah dalam proses pemulihan diri

Setelah Putus, Mungkinkah Menghargai Mantan?   Pexels.com/mentatdgt

Memulihkan diri dari putus cinta bukanlah hal yang mudah. Kamu perlu sabar dalam proses memaafkan mantanmu yang menyakitimu. Biarkan dirimu berduka dan bersedih sementara waktu sampai kamu siap untuk move on.

5. Pilih waktu yang tepat

Setelah Putus, Mungkinkah Menghargai Mantan?   Pexels.com/Keira Burton

Bersabar dan atur waktu yang tepat untuk membuka percakapan yang belum terselesaikan dengan mantanmu. Jangan terburu-buru dan biarkan waktu dirimu untuk memulihkan perasaanmu.

Memang berat untuk berkomunikasi kembali dengan mantan. Yang terpenting bagimu adalah menata diri dan memulihkan perasaan. 

Baca Juga: Putus atau sambung? Ini Hal Positif yang Kamu Rasakan saat Pilih Putus

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya