Comscore Tracker

Sadari, 5 Alasan Seseorang Bisa Menyakiti Pasangan yang Dicintai

Bisa disengaja maupun tidak

Pernahkah kamu menjalani hubungan yang toxic dan menyakitkan? Atau mungkin, pasanganmu memilih menjauh darimu karena merasa terus-terusan dilukai. Disadari atau tidak, terkadang sikap atau perilaku seseorang memang bisa menyakiti pasangannya.

Lantas, apa alasan seseorang sampai melukai pasangannya dalam sebuah hubungan? Berikut penjelasannya.

1. Tidak mencintai diri sendiri

Sadari, 5 Alasan Seseorang Bisa Menyakiti Pasangan yang Dicintaipexels.com/@ketut-subiyanto

Ketika seseorang tidak mencintai dirinya sendiri, ia belum mampu menerima diri secara utuh. Ia pun cenderung memperlakukan orang lain seperti ketidaksukaan kepada dirinya. Ia merasa orang lain juga harus merasakan sakit seperti dirinya.

Seseorang yang seperti ini, biasanya pernah disakiti di masa lalu. Solusinya, mereka harus mendapat bantuan dari profesional agar tidak mengulangi pola yang sama ke orang lain.

2. Mempunyai empati yang rendah

Sadari, 5 Alasan Seseorang Bisa Menyakiti Pasangan yang Dicintaiunsplash.com/@louishansel

Sebagian orang memang mempunyai rasa empati yang rendah. Oleh karena itu, ia kesulitan dalam memahami perasaan orang lain yang tersakiti. Ia pun tak mengerti sejauh apa sakit yang disebabkan olehnya.

Hal yang menyakiti orang lain, belum tentu menyakiti dirinya sehingga orang terdekatnya bisa merasa frustasi karena merasa tidak dipahami. Komunikasi adalah kunci dalam hal ini. Buatlah aturan dan komunikasikan apa perlakuan yang bisa dan tidak diterima!

Baca Juga: 9 Tanda Kamu Orang yang Toxic, Lekas Sadari Sebelum Menjadi-jadi!

3. Memiliki harga diri yang rendah

Sadari, 5 Alasan Seseorang Bisa Menyakiti Pasangan yang Dicintaiunsplash.com/@mahkeo

Penghargaan diri atau self-esteem berkaitan dengan cara seseorang memandang dirinya sendiri. Mereka tidak menyadari bagaimana sikap tidak menghargai diri sendiri ini, bisa menyakiti orang lain.

Kalau kamu melihat hal ini ada di dalam diri orang yang kamu cintai, kamu harus bisa mengungkapkan kalau ia penting untuk kamu. Utarakan hal tersebut sehingga ia mengerti dan tahu bahwa seseorang menghargainya dengan baik.

4. Menikmati rasa sakit yang ditimbulkan kepada orang lain

Sadari, 5 Alasan Seseorang Bisa Menyakiti Pasangan yang Dicintaipexels.com/@vera-arsic-304265

Ada orang yang memang menikmati proses menyakiti orang lain. Hal ini biasanya disebabkan oleh masa kanak-kanak yang buruk dan menimbulkan potensi untuk bersikap kasar.

Mereka ingin mempunyai kontrol atas hidup orang lain sehingga cenderung menyakiti orang lain. Dengan demikian, rasa sakit yang pernah dirasakannya bisa impas. Orang dengan perilaku seperti ini memerlukan bantuan khusus, bukan kamu yang harus mengubahnya.

5. Mempunyai rencana untuk menyakiti

Sadari, 5 Alasan Seseorang Bisa Menyakiti Pasangan yang Dicintaipexels.com/@jonathanborba

Tidak semua orang menyakiti orang lain dengan tidak sengaja. Ada orang yang sengaja ingin menyakiti sehingga merasa berkuasa atas orang lain. Ia ingin kamu menjadi orang dalam posisi lemah sehingga bisa mendominasi hubungan itu.

Masalah ini harus dibicarakan dengan pasangan karena membutuhkan bantuan profesional. Di sisi lain, kamu juga harus mencari bantuan untuk diri sendiri karena berada dalam hubungan yang tidak sehat.

Itu dia beberapa alasan mengapa seseorang bisa menyakiti pasangannya. Tentunya butuh introspeksi diri dan kemauan untuk mengakui jika kamu pun mengalami hal semacam ini. Setelahnya, barulah kamu dapat meminta bantuan profesional untuk mencari solusi.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Konon Paling Cemburuan, Suka Menuding Pasangan Selingkuh

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya