Comscore Tracker

6 Cara Selamatkan Hubunganmu, Jangan Tergesa-gesa Buat Asumsi Aneh 

Yang pasti jangan terbawa emosi

Hubungan yang terjalin dengan pasangan memang tak bisa selamanya harmonis. Masalah yang terjadi akan membuat perubahan sikap pada orang kita cintai, ketakutan terbesar adalah pasangan menjauh dan akhirnya menyerah memperjuangkan hubungan. 

Namun seringkali keinginan untuk menyelamatkan hubungan tidak berakhir dengan baik. Terus, langkah apa saja yang perlu diambil saat pasangan menjauh? 

Baca Juga: Jika Masih Cinta, Jangan Ucapkan 10 Kata Ini saat Marah  

1. Tetap tenang dan cobalah merefleksikan dirimu serta hubungan kalian selama ini!

6 Cara Selamatkan Hubunganmu, Jangan Tergesa-gesa Buat Asumsi Aneh pexels/Sergey Zhumaev

Kala kamu merasa pasangan mulai jaga jarak, jangan tergesa-gesa menanyakan alasan sikapnya berubah dengan bertubi-tubi. Ambil kesempatan ini untuk menenangkan dirimu sendiri! sambil mencoba merefleksikan kembali dirimu dan hubungan yang selama ini sudah kamu jalani dengan pasangan.

Perhatikan dan ingat-ingat lagi! Apakah ada peristiwa atau hal lain yang mungkin jadi pemicu berubahnya sikap pasangan?

Kalau memang gak ada, bercerminlah dengan dirimu sendiri! Siapa tahu pasanganmu berubah karena kamu telah lebih dulu berubah?

2. Hindari membuat asumsi yang macam-macam tentang pasanganmu sendiri

6 Cara Selamatkan Hubunganmu, Jangan Tergesa-gesa Buat Asumsi Aneh pexels.com/@cottonbro

Merefleksikan diri artinya kamu menelaah kembali peranmu sebagai individu dan pasangan serta hubunganmu dengan pasangan. Tapi, jangan coba-coba untuk membuat asumsi yang macam-macam tentang pasanganmu!

Selain membuatmu panik, pasangan pasti sakit hati kalau ia tahu kamu hanya menebak tanpa punya bukti jelas. Rasa khawatir tentu ada, tapi membuat asumsi yang gak berdasar hanya akan membawa negativity pada dirimu dan hubunganmu.

Baca Juga: 5 Langkah Menghadapi Pasangan yang Suka Genit, Biar Jera!

3. Tanyakan langsung padanya dan bicarakan secara baik-baik

6 Cara Selamatkan Hubunganmu, Jangan Tergesa-gesa Buat Asumsi Aneh unsplash/Marius Muresan

Setelah merefleksikan diri serta hubungan kalian, tapi tetap gak bisa menemukan jawabannya, kamu bisa bertanya langsung pada pasangan. Yang perlu diingat ialah jangan memberondongnya dengan pertanyaan yang bisa membuatnya kewalahan.

Coba gunakan pendekatan yang lebih santai dan lembut, tapi tetap beri penegasan bahwa kamu butuh penjelasan. Setelah mengetahui jawaban darinya, barulah kalian bisa berdiskusi dan mencari solusi terbaik bagi hubungan kalian!

4. Beri ia waktu dan ruang untuk sendiri karena setiap orang membutuhkannya

6 Cara Selamatkan Hubunganmu, Jangan Tergesa-gesa Buat Asumsi Aneh Unsplash.com/benwhitephotography

Kadang kala, alasan seseorang menjauh dari kita ternyata gak serumit yang dibayangkan. Sebelum meragukan pasangan karena ia mulai jaga jarak, coba biarkan ia melakukan hal tersebut dengan memberi sedikit ruang untuk dirinya sendiri.

Walau terasa sulit, tapi mungkin saja pasanganmu memang sedang butuh waktu untuk menyendiri. Kalau kamu merasa sudah memberinya cukup waktu dan dia gak kunjung memberikan penjelasan, barulah kamu bisa bertanya langsung kepadanya!

5. Coba lakukan sesuatu yang berarti baginya atau yang bisa membuatnya bahagia

6 Cara Selamatkan Hubunganmu, Jangan Tergesa-gesa Buat Asumsi Aneh pexels.com/@m-nn-quang

Meskipun kamu belum yakin terkait alasan dia yang mulai menjauh, gak ada salahnya lho berupaya melakukan hal-hal yang disukai pasangan. Siapa tahu hal ini bisa mengembalikan kenangan dan memori-memori indah kalian berdua?

Selain itu, selalu ada kemungkinan pasangan menjauh karena sedang menghadapi masalah dan gak mau melibatkanmu di dalamnya. Kamu bisa meringankan kesedihannya dengan melakukan hal-hal yang bisa membuatnya bahagia. Walau mungkin gak selalu berhasil, tapi setidaknya kamu sudah berusaha untuk mencoba.

6. Fokus kepada masalah yang sedang dihadapi

6 Cara Selamatkan Hubunganmu, Jangan Tergesa-gesa Buat Asumsi Aneh unsplash.com/Meg

Seringkali dalam menyelesaikan masalah justru akan melebar. Kamu harus fokus dengan masalah yang benar-benar menjadi pemicunya. 

Cobalah untuk merenungkan apakah masalah tersebut benar-benar milik kalian berdua, atau hanya sebagai imbasnya saja?  

Jangan terburu-buru menarik kesimpulan dan salah mengambil keputusan. Berusaha tenang dan berkomunikasi dengan baik dangat membantu memecahkan masalah. 

Jangan lupa terbuka dengan pasanganmu ya, agar masalah kalian cepat selesai.  

Baca Juga: 5 Tanda Pasanganmu Punya Sifat Pasif Agresif, Nyebelin Banget!

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya