TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Cara Menghadapi Orang Emosional, Jangan Ikut Marah

Mesti sabar ya!

ilustrasi marah(pexels.com/moosephotos)

Berhadapan dengan orang yang suka marah tanpa alasan yang jelas, bisa menjadi pengalaman yang menegangkan. Dalam situasi seperti ini, penting untuk mengetahui cara menahan emosi agar tidak memperburuk keadaan. Jangan ikut-ikutan ya, ini cara menahan amarah saat menghadapi orang yang emosional.

 

1. Tetap tenang dan berpikir jernih

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tetap tenang. Saat seseorang marah-tanpa alasan jelas, emosi kita cenderung ikut naik. Agar tidak terpancing, ambil napas dalam dan berusaha untuk tetap tenang. Ini akan membantumu berpikir jernih dan menghindari respons yang emosional. 

2. Dengarkan dengan empati

Ketika seseorang marah, mungkin mereka hanya ingin didengarkan, dengan cara ini kamu bisa membantu meredakan ketegangan. Biarkan mereka mengungkapkan apa yang dirasakan, dan tunjukkan bahwa kamu mendengarkan dengan baik.

Baca Juga: 12 Cara Menghadapi Customer yang Marah Tanpa Ikut Terbawa Emosi

3. Buat jarak agar tidak tersulut emosi

Jika situasi mulai memanas ,dan kamu ikut merasa kesulitan untuk menahan emosi, tidak ada salahnya untuk membuat jarak. Mengambil beberapa menit untuk pergi dari situasi tersebut bisa membantumu menenangkan diri dan menghindari konflik yang lebih besar. Ini bukan tanda kelemahan, tetapi cara untuk memastikan bahwa kamu tidak terbawa emosi yang tidak perlu.

Verified Writer

febi wahyudi

Menyukai dunia tulis menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya