Comscore Tracker

6 Hal Baik yang Terjadi saat Kamu Tak Terikat pada Teman

Menjauh sementara, bermanfaat selamanya, cobain!

Punya teman yang asyik dan seru menjadi sebuah kebanggaan dan anugerah. Apalagi teman yang terbilang akrab dan lama. Tentunya sudah seperti bestie yang susah dipisahkan. 

Namun keterikatan dengan teman itu ada tidak enaknya juga lho. Rasanya dunia hanya berputar pada teman-temanmu saja. Padahal kamu menginginkan dunia yang lebih luas dan hidup lebih mandiri.

Bukan merasa jenuh sih, hanya mungkin ingin lebih luas dalam memaknai hidup dan mengambil banyak kesempatan lain. Jika berani, longgarkan ikatan pertemananmu dan rasakan 6 hal baik ini!

1. Kamu bisa hidup jauh lebih bebas dari apa yang kamu bayangkan

6 Hal Baik yang Terjadi saat Kamu Tak Terikat pada Temanilustrasi merasa bebas (pixabay.com/anemone123)

Menjauh dari teman sejati bukanlah anjuran. Tetapi mengambil kesempatan baru itu perlu. Sebuah peluang yang membuatmu jauh lebih bebas menjadi dirimu sendiri. Hidup dalam ikatan teman tentunya memiliki batas. 

Apalagi kamu cenderung bergantung pada mereka sepenuhnya. Namun jika berani melepasnya, justru kamu merasakan hati dan hidupmu lebih lapang. 

Bukan berarti teman itu beban, ya. Hanya saja berdiri di kaki sendiri bisa membuatmu terbang lebih jauh dan tinggi. Percayalah!

2. Pikiranmu lebih terbuka tanpa adanya intimidasi

6 Hal Baik yang Terjadi saat Kamu Tak Terikat pada Temanilustrasi bermain layangan (pixabay.com/jayhawkmommy)

Sering bermain bersama dan menghabiskan banyak waktu akan memberi banyak pengaruh pada hidup. Terutama pikiran yang terus-menerus dicekoki dengan informasi yang sama. Menjauh sebentar dari pertemanan yang monoton justru bisa membuka pikiranmu.

Di tengah kekosongan diri tanpa teman lah banyak ide-ide baru akan muncul. Kamu akan lebih percaya diri dengan pikiranmu sendiri tanpa adanya intimidasi. Setidaknya kamu bebas mengeluarkan opini dan menjalaninya tanpa bantahan dari siapapun. 

Baca Juga: 5 Jalan Hidup Menjadi Pribadi Ikhlas agar Stres Terlepas

3. Kamu bisa lebih fokus pada tujuan dan cita-cita hidupmu

6 Hal Baik yang Terjadi saat Kamu Tak Terikat pada Temanilustrasi memotret (pixabay.com/Engin_Akyurt)

Meraih cita-cita bersama teman itu menakjubkan. Tetapi lain halnya jika tujuan dan cita-cita kalian berbeda. Meskipun sama akan ada saja dorongan untuk bermain bersama.

Bahkan membaca buku di depan teman saja susah, karena ujung-ujungnya malah mengobrol. Jika kamu ingin lebih fokus, lepaskan ikatan bersama teman untuk sementara. Selama kamu bisa tertuju pada mimpimu saja. 

Sesekali menghubungi mereka di waktu senggang justru memberikan kenikmatan yang luar biasa. Karena kerja keras dibayar dengan kesenangan bersama teman itulah yang paling indah. 

4. Memiliki waktu yang lebih berkualitas bersama keluarga

6 Hal Baik yang Terjadi saat Kamu Tak Terikat pada Temanilustrasi keluarga (pixabay.com/alisadyson)

Semakin besar dan dewasa kita maka semakin sedikit waktu yang kita habiskan untuk keluarga. Maka di sinilah saat yang tepat untuk jeda sejenak bersama teman, dan berkumpul bersama keluarga. 

Nilai yang kamu dapat tidak berkurang kok, karena kamu menukar waktumu bersama teman dengan orang yang tulus dan benar-benar mencintaimu. Mereka adalah orang yang selalu ada di saat kamu butuh. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Orangnya Terlalu Tertutup, Bahaya Buat Mental!

5. Percaya diri dalam mengandalkan kemampuan diri sendiri

6 Hal Baik yang Terjadi saat Kamu Tak Terikat pada Temanilustrasi memasak (pixabay.com/Tungnguyen22)

Sendiri tanpa teman bisa membuatmu lebih percaya dengan kemampuan sendiri. Mau tidak mau kamu harus berusaha sendiri dan mempelajari banyak hal untuk keinginanmu. Positifnya kamu bisa lebih banyak tahu dari orang lain.

Ruang gerak yang kamu butuhkan juga lebih luas dan cepat karena kamu tidak perlu menunggu orang lain dalam banyak hal. Kamu bisa menghemat banyak waktu untuk dirimu sendiri dan pekerjaan. 

6. Berani keluar dari jalur kebiasaan demi hidup lebih baik

6 Hal Baik yang Terjadi saat Kamu Tak Terikat pada Temanilustrasi bermain dengan burung (pixabay.com/ManuelBrian)

Ada mimpi yang ingin kita kejar di masa depan. Dan harganya senilai waktumu bersama teman. Jika kamu memilih teman, maka yang kamu dapatkan juga hanyalah teman. Sebaliknya jika kamu memilih mengejar mimpi, maka yang kamu dapatkan justru keduanya. Yaitu teman dan mimpi yang menjadi kenyataan. 

Ada keharusan dalam hidup yang memerintah kita untuk memilih teman. Karena teman adalah pembawa pengaruh paling besar dalam hidup. Cermati lingkungan pertemananmu. Jika ada yang salah atau terlalu monoton, yuk stop sejenak untuk kumpul-kumpul!

Baca Juga: 5 Kebiasaan Baik yang Harus Mulai Dibangun dari Sekarang

yenny anggraini Photo Community Writer yenny anggraini

Berusaha menjadi lebih baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya