Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Orangnya Terlalu Tertutup, Bahaya Buat Mental!

Gampang merasa hampa dan kesepian salah satunya 

Menjadi sosok yang tertutup memang bukanlah sesuatu yang salah. Biasanya, orang yang memiliki sifat seperti ini lebih kreatif, mampu mengenal diri sendiri lebih dalam, dan cerdas dalam mengambil keputusan.

Namun, memiliki sifat tertutup jangan sampai menjadikanmu lupa akan kodrat manusia yang akan selalu membutuhkan interaksi sosial. Ada beberapa hal yang menandakan bahwa kamu adalah sosok yang terlalu tertutup. Seperti apa? Baca terus artikelnya sampai habis dan jadikan sebagai bahan introspeksi diri.

1. Mulai menganggap semua permasalahan hidupmu sebagai privasi

5 Tanda Kamu Orangnya Terlalu Tertutup, Bahaya Buat Mental!Ilustrasi dua wanita ngobrol (Unsplash/@wocinthechat)

Pertama, kamu bisa dikatakan terlalu tertutup kalau kamu mulai menganggap semua permasalahan hidupmu sebagai privasi dan pantang banget untuk diceritakan ke orang lain. Kamu jadi gampang overthinking dan merasa bersalah kalau sampai menceritakan masalah hidupmu dengan orang lain.

Padahal, gak seharusnya semua masalah dalam hidupmu harus dirahasiakan. Kamu perlu sesekali untuk berbagi cerita dengan orang lain agar hatimu bisa lebih lapang dan bisa saja mendapatkan insight baru dalam pemecahan masalahmu.

2. Sering berburuk sangka terhadap orang lain

5 Tanda Kamu Orangnya Terlalu Tertutup, Bahaya Buat Mental!Ilustrasi wanita sombong (Pexels/Tima Miroshnichenko)

Memang terlalu sering berprasangka baik itu berbahaya karena bisa saja ada orang lain akan memanfaatkan kebaikanmu demi keuntungan pribadi. Namun, kalau kamu sudah terbiasa berburuk sangka terhadap orang lain, itu juga gak baik dan bisa menandakan bahwa kamu adalah sosok yang terlalu tertutup.

Padahal, gak semua orang datang kepadamu itu karena ada maksud tertentu. Bisa jadi mereka hanya ingin berteman atau bahkan menjadikanmu pasangan hidup dengan ketulusan. Namun karena sudah terlanjur berpikir negatif, jadinya mereka malah tersinggung dan memilih jaga jarak darimu.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Baik yang Harus Mulai Dibangun dari Sekarang

3. Kreativitas mati karena produktivitas yang menurun sangat drastis

5 Tanda Kamu Orangnya Terlalu Tertutup, Bahaya Buat Mental!Ilustrasi pekerja gagal (Unsplash/Elisa Ventur)

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa orang yang sifatnya tertutup memiliki kreativitas tinggi serta lebih fokus dan produktif. Lantas bagaimana jika kamu orangnya terlalu tertutup? Nah, ini justru kebalikannya.

Ketahuilah bahwa bersikap terlalu tertutup dan gak mau berbaur dengan lingkungan sosial ternyata bisa menurunkan produktivitas yang justru turut mematikan kreativitasmu. Ini karena hal itu sama saja dengan membatasi diri dari informasi dan pengetahuan baru yang bisa saja memompa produktivitas dan kreativitasmu dalam berkarya.

4. Gampang merasa hampa dan kesepian

5 Tanda Kamu Orangnya Terlalu Tertutup, Bahaya Buat Mental!Ilustrasi wanita kesepian (Unsplash/@anylid0)

Hal lain yang juga menandakan bahwa kamu terlalu tertutup adalah gampang merasa hampa dan kesepian. Dengan sifatmu ini, kamu jadi sosok antisosial yang lebih suka menyendiri dan gak mau bersosialisasi dalam waktu yang lama bahkan sampai merasa bahwa membangun relasi itu gak penting sama sekali.

Ingatlah, bahwa alasan mengapa manusia itu perlu berinteraksi dengan manusia lainnya supaya hidupnya gak terlalu sepi. Maka dari itu, cobalah untuk lebih terbuka pada lingkungan sekitar, ya.

5.Yang lebih fatal, kamu jadi stres dan tertekan sendiri 

5 Tanda Kamu Orangnya Terlalu Tertutup, Bahaya Buat Mental!Ilustrasi depresi (Unsplash/Gadiel Lazcano)

Apapun yang serba terlalu itu hanya akan membawa efek negatif yang bisa saja lebih fatal dari yang kamu duga. Yang mana, sifatmu yang terlalu tertutup membuatmu jadi stres dan depresi berkepanjangan sebab kamu sudah terlalu mengisolasi diri dari kehidupan bermasyarakat dan mulai merasa gak butuh siapa-siapa lagi dalam hidup.

Nah, supaya kamu gak tambah stres, sadarilah bahwa bersikap sedikit terbuka pada orang lain itu penting.

Menjadi orang yang tertutup sebenarnya boleh-boleh saja. Akan tetapi, kalau sudah kronis alias terlalu berlebihan tentu akan berakibat fatal untuk dirimu sendiri. Nah, setelah kamu mengetahui lima tanda tadi, masih mau mempertahankan sifatmu yang terlalu tertutup seperti itu?

Baca Juga: 5 Cara Memperoleh Saran Terbaik untuk Permasalahanmu

Wimantyo Resi H. Photo Community Writer Wimantyo Resi H.

Hanya orang biasa yang ingin melihat dunia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya