Comscore Tracker

5 Hal Ini Tidak Boleh Ditunda di Dalam Islam, Yuk Segerakan!

#RamadanMasaKini Waktu gak akan kembali

Di antara kita, mungkin tidak sedikit yang kerap menunda-nunda untuk melakukan sesuatu. Tak jarang, pekerjaan pun kita lakukan di menit-menit akhir. Namun, waktu yang telah terbuang karena menunda, jelas tidak akan kembali.

Di dalam Islam sendiri, kita sangat tidak dianjurkan menunda waktu. Laa tuakhir ‘amalaka ilal ghaadi maa taqdiru an-ta’malal yaum, yang memiliki arti: "Janganlah kamu menunda-nunda pekerjaanmu besok, lakukan sekarang apa yang kamu bisa."

Nah, berikut adalah beberapa hal yang gak boleh ditunda-tunda. Apa saja?

1. Bertobat

5 Hal Ini Tidak Boleh Ditunda di Dalam Islam, Yuk Segerakan!pexels.com/Ali Arapoğlu

Sebagai manusia yang tak pernah luput dari dosa, sudah sepantasnya kita bertobat kepada Allah. Memohon ampunan sekaligus mengharapkan rida-Nya untuk kehidupan dunia dan akhirat yang lebih baik.

Tobat menjadi hal yang tidak boleh ditunda untuk dilakukan. Dosa kecil maupun besar harus diselesaikan dengan hati yang ikhlas dan bersungguh-sungguh. Tanpa kita sadari, kita akan mengalami perasaan menyesal, karena telah melakukan banyak dosa. 

2. Salat

5 Hal Ini Tidak Boleh Ditunda di Dalam Islam, Yuk Segerakan!Pixabay/rudolf_langer

Bersama sahabatnya, Rasulullah pernah mengatakan bahwa tidak ada hal yang lebih baik dari mendirikan salat. Salat mampu menahan kita ketika ingin berbuat dosa, keji, dan mungkar.

Maka dari itu, salah satu amalan yang diutamakan yakni, "Ketika kita meninggal adalah, seberapa baiknya salat kamu?"

3. Menguburkan jenazah

5 Hal Ini Tidak Boleh Ditunda di Dalam Islam, Yuk Segerakan!pexels.com/Jeswin Thomas

Memandikan dan menguburkan jenazah tidak boleh ditunda. Apalagi yang ingin menguburkan jenazah di kampung halaman, kalau ada pekarangan yang lebih dekat, bisa langsung menggunakan area tersebut tanpa melakukan perjalanan jauh. Karena lebih cepat lebih baik.

Baca Juga: Niat, Doa dan Tata Cara Salat Hajat di Bulan Ramadan

4. Menikah

5 Hal Ini Tidak Boleh Ditunda di Dalam Islam, Yuk Segerakan!Instagram/princessyahrini

Menikah juga menjadi hal yang tidak boleh ditunda dalam Islam. Bila seorang laki-laki telah sampai di hadapan kamu untuk melamar dan menjadikan kamu sebagai istri, maka bukalah hatimu lebar-lebar.

5. Membayar utang

5 Hal Ini Tidak Boleh Ditunda di Dalam Islam, Yuk Segerakan!unsplash.com/Sharon McCutcheon

Segera bayar utangmu tanpa harus menunggu mampu, bahkan ditagih. Karena kita tidak pernah tahu kapan ajal akan tiba. Betapa meruginya kita bila menjadi orang-orang yang menyesal di kemudian hari, karena tak membayar utang hingga ajal menjemput.

Itu dia beberapa hal yang gak boleh ditunda dalam Islam. Hayo, kamu masih suka menunda yang mana, nih?

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya