Comscore Tracker

5 Rekomendasi Pakaian Adat Pernikahan Sederhana, Unik dan Simpel

Tetap terlihat anggun dan mewah, lho!

Pakaian adat merupakan salah satu ciri khas dari suatu daerah yang ada di Indonesia. Setiap provinsi tentu mempunyai jenis pakaian adat yang berbeda dan biasanya memiliki lebih dari satu jenis.

Umumya, pakaian adat ini kerap dijadikan sebagai pakaian untuk pernikahan. Sebagian orang, lebih banyak memilih pakaian adat yang mewah dengan hiasan adat yang mencolok.

Namun, ada juga jenis pakaian adat yang memiliki desain anti ribet. Pakaian adat jenis ini tentu cocok untuk kamu yang menyukai desain sederhana tapi tetap terlihat anggun dan mewah.

Apa saja sih? Yuk, simak lima rekomendasi pakaian adat pernikahan sederhana yang anti ribet di bawah ini.

1. Pakaian adat Koto Gadang

5 Rekomendasi Pakaian Adat Pernikahan Sederhana, Unik dan SimpelPakaian adat Koto Gadang (bridestory.com)

Pakaian adat Minang umumnya selalu identik dengan sunting. Namun berbeda halnya untuk pakaian adat Minang yang satu ini, Koto Gadang.

Pakaian adat Koto Gadang untuk cewek dilengkapi dengan kain berbentuk persegi panjang yang mirip seperti selendang. Kain dengan nama “Tinkuluak Tilakuang” ini digunakan sebagai penutup kepala. 

Koto Gadang sendiri merupakan pakaian adat yang berasal dari Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Pakaian ini berwarna emas dengan desain simpel tapi tetap terlihat mewah dan elegan.

2. Takwo Kustim

5 Rekomendasi Pakaian Adat Pernikahan Sederhana, Unik dan SimpelPakaian adat Takwo Kustim (ladiescorner.id)

Pakaian adat Takwo merupakan pakaian yang berasal dari Kalimantan Timur. Ada tiga jenis pakaian Takwo, diantaranya adalah Takwo Biasa, Takwo Sebelah dan Takwo Kustim.

Kali ini, kita akan membahas Takwo Kustim. Pakaian adat Takwo Kustim ini adalah salah satu pakaian pernikahan adat Kutai. Sebelumnya, pakaian ini hanya digunakan dalam acara penting kerajaan.

Pakaian adat ini berbahan dasar kain beludru berwarna hitam. Meski terlihat sederhana dan anti ribet, pakaian adat Takwo Kustim ini dihiasi bordir berwarna emas yang membuatnya tampak elegan.

Baca Juga: Mengenal Pakaian Adat Baju Takwo dari Kalimantan Timur

3. Pakaian adat Suku Kaili

5 Rekomendasi Pakaian Adat Pernikahan Sederhana, Unik dan SimpelPakaian adat Suku Kaili (celebes.co)

Pakaian adat Suku Kaili ini berasal dari Sulawesi Tengah. Nama untuk pakaian adat perempuan dan laki-laki juga berbeda. Untuk laki-laki disebut dengan "Koje", sedangkan perempuan dinamakan "Nggembe".

"Koje" merupakan pakaian atas yang dipakai oleh cowok Suku Kaili. Pakaian jenis ini berlengan panjang dan dipadukan dengan celana Puruka Pajana.

Sementara itu, pakaian untuk perempuan atau yang biasa disebut "Nggembe" ini mempunyai desain lebar pada lengannya. Rok dibuat panjang dan dihiasi juga dengan rumbai-rumbai.

Pakaian adat Suku Kaili ini mempunyai warna merah atau kuning yang dikombinasikan dengan warna hitam. Biasanya, pakaian cewek juga dipadukan dengan perhiasan atau aksesori lainnya.

4. Gaun Bola

5 Rekomendasi Pakaian Adat Pernikahan Sederhana, Unik dan SimpelPakaian adat Suku Rote (goodminds.id)

Gaun Bola merupakan salah satu jenis pakaian adat Nusa Tenggara Timur. Pakaian adat suku Rote ini pada umumnya berwarna gelap.

Laki-laki mengenakan atasan kemeja berwarna putih dan bawahan seperti sarung yang ditenun berwarna hitam. Serta dilengkapi juga dengan “Ti’I Langga” sebagai aksesori kepala atau yang biasa disebut dengan topi khas Nusa Tenggara Timur.

Sementara itu, untuk perempuan mengenakan atasan kebaya, selendang yang dikenakan di dada dan bawahan berupa tenunan tangan berwarna gelap.

5. Pakaian adat Batak Toba

5 Rekomendasi Pakaian Adat Pernikahan Sederhana, Unik dan SimpelBaju adat Batak (budayanesia.com)

Salah satu jenis pakaian adat yang populer di Indonesia adalah Batak Toba. Pakaian yang terbuat dari kain ulos ini digunakan untuk pakaian pernikahan.

Pakaian adat untuk laki-laki terdiri dari atasan atau “ampe-ampe” dan bawahan yang disebut dengan “singkot”. Sementara itu, bagian bawahan pakaian perempuan dinamakan “haen” dan bagian atasnya disebut dengan “hoba-hoba”.

Itulah lima rekomendasi pakaian adat pernikahan yang sederhana dari berbagai daerah. Meski demikian, kamu tetap bisa terlihat mewah dan elegan dengan tambahan aksesori lainnya.

Baca Juga: Pakaian-pakaian Adat Tradisional NTB yang Memukau

Topic:

  • Rizna Hidayah
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya