Comscore Tracker

Tak Melulu Duka, Ini 5 Hikmah Kesehatan dari Pandemi Virus Corona

Setiap musibah selalu ada hikmahnya

Pandemi virus corona meninggalkan duka mendalam bagi keluarga korban meninggal, juga membuat kekhawatiran masyarakat akibat penularan yang cepat. Namun, kewaspadaan terhadap  COVID-19 justru mengubah manusia untuk bisa hidup lebih sehat.

Hikmah dari segi kesehatan ini yang patut kita perhatikan dan mungkin bisa menjadi sebuah teguran bahwa sudah seharusnya kita selalu menjaga kesehatan. Apa saja hikmah kesehatan yang didapatkan dari pandemi virus corona ini? Berikut beberapa di antaranya.

1. Masyarakat jadi rajin mencuci tangan dengan benar

Tak Melulu Duka, Ini 5 Hikmah Kesehatan dari Pandemi Virus CoronaPexels/Burst

Mencuci tangan tak hanya asal membasuh tangan dengan air saja, namun ada langkah-langkah yang diyakini para ahli di bidang medis untuk menghilangkan berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit. 

Salah satu anjuran agar terhindari dari corona adalah dengan mencuci tangan yang benar, sehingga masyarakat kini mulai belajar cara mencuci tangan yang efektif membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit lainnya. Padahal sebelum merebaknya corona, tak banyak yang melakukan bahkan tahu bagaimana cara mencuci tangan dengan benar.

2. Tempat dan fasilitas umum jadi dibersihkan

Tak Melulu Duka, Ini 5 Hikmah Kesehatan dari Pandemi Virus CoronaDok: Humas Pemda DIY

Tak hanya kebersihan diri, namun kebersihan suatu bangunan dan fasilitas umum juga wajib dijaga agar virus tidak mudah menyebar. Beberapa hari belakangan setelah corona terdeteksi di Indonesia, pemerintah daerah dan masyarakat mulai menggalakkan bersih-bersih fasilitas umum seperti terminal hingga tempat ibadah.

Tak hanya dibersihkan, namun penyemprotan disinfektan juga dilakukan untuk menghindari virus dan bakteri penyebab penyakit. Ini adalah hal yang baik dilakukan dan dibiasakan jika corona sudah tidak membahayakan kita lagi. Semua orang akan merasa aman dan sehat menggunakan fasilitas umum jika lebih sering dibersihkan secara massal seperti ini.

Baca Juga: Berapa Lama Virus Corona Bertahan di Benda-benda? Ini Penjelasannya!

3. Masyarakat berlomba meningkatkan imun dengan berolahraga

Tak Melulu Duka, Ini 5 Hikmah Kesehatan dari Pandemi Virus CoronaPexels/Li Sun

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mencegah tertular virus adalah memperkuat imun tubuh. Salah satu cara agar imun kuat adalah berolahraga. Anjuran social distancing dengan menahan diri di rumah membuat orang-orang mencari kegiatan positif yang bisa dilakukan di rumah, salah satunya berolahraga.

Sudah banyak olahraga yang bisa dilakukan di rumah untuk meningkatkan imun tubuh dengan melakukannya selama 30 menit. Olahraga seperti berjalan-jalan di dalam rumah, push up, squat jump, atau senam sudah cukup baik dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Sadar pentingnya makan makanan bergizi

Tak Melulu Duka, Ini 5 Hikmah Kesehatan dari Pandemi Virus CoronaPexels/Ella Olsson

Salah satu penyebab munculnya corona berasal dari pasar hewan liar di Tiongkok yang merupakan kebiasaan orang Tiongkok untuk memakan makanan ekstrem dari hewan liar. Setelah mengetahui hal ini, masyarakat pun menjadi lebih hati-hati dalam memilih makanan, dan berusaha menghindari makanan yang tidak terjaga kebersihannya.

Kini membeli makanan pun menjadi lebih hati-hati karena sangat memerhatikan kebersihan, karena meskipun tangan kita sudah bersih, jika makanannya tidak bersih juga dapat berisiko menularkan penyakit.

Selain itu makanan yang sehat dan bergizi juga mampu menguatkan imun tubuh, sehingga masyarakat sudah mulai sadar akan pentingnya makanan yang bersih dan bergizi.

5. Jadi paham bagaimana cara virus dan penyakit menyebar

Tak Melulu Duka, Ini 5 Hikmah Kesehatan dari Pandemi Virus CoronaPexels/Andrea Piacquadio

Banyak informasi yang dicari masyarakat agar tidak mudah tertular virus corona. Berbagai media juga memberikan banyak informasi kesehatan tentang penularan virus corona, sehingga saat ini masyarakat lebih paham bagaimana jalan penyebaran virus.

Masyarakat jadi paham bagaimana cara menggunakan masker yang benar, alasan mengapa kita harus mencuci tangan dengan bersih, hingga mengapa kita tidak boleh sering memegang wajah.

Jika corona tidak menyebar, mungkin masyarakat masih banyak yang abai tentang bagaimana cara penyebaran penyakit. Padahal Indonesia juga banyak diserang penyakit lain seperti demam berdarah, influenza, TBC, hingga pneumonia yang semuanya juga bisa memakan korban jiwa. Masyarakat yang lebih teredukasi tentang kesehatan, menjadi lebih berhati-hati jika suatu saat nanti berhadapan dengan penyakit-penyakit lainnya yang muncul.

Itulah 5 hikmah kesehatan yang didapat masyarakat dari pandemi virus corona. Semoga wabah virus ini segera berakhir, dan semoga saat virusnya sudah hilang, kebiasaan sehat masyarakat ini masih tertinggal dan tetap selalu dilakukan.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Cek Sebaran COVID-19 di Yogyakarta Lewat Ponsel

Topic:

  • Rijalu Ahimsa
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya