Comscore Tracker

Banyak Orang Menyesali 6 Hal Ini di Masa Tua, Ubah Sebelum Terlambat! 

Lakukan sesuatu selagi kamu masih muda

Yang namanya penyesalan tak pernah datang pagi-pagi. Ia pasti dirasakan setelah semua terjadi. Hal-hal yang sedang kita lakukan saat ini, bisa jadi akan kita sesali di kemudian hari. 

Nah, mumpung saat ini kamu masih muda, ada baiknya mengetahui apa saja hal-hal yang sering kali disesali banyak orang di masa tuanya. Dengan begitu, kamu bisa melakukan sesuatu untuk mencegahnya.

1. Belum menjadi pasangan, orangtua, atau anak yang baik

Banyak Orang Menyesali 6 Hal Ini di Masa Tua, Ubah Sebelum Terlambat! pexels.com/RODNAE Productions

Saat masih sehat dan produktif, banyak orang yang menghabiskan waktunya di luar rumah, baik untuk bersenang-senang maupun bekerja. Tapi, begitu mereka menua dan fisik mereka mulai lemah, mereka baru sadar bahwa keluarga dan pasanganlah yang selama ini ada untuk mereka, memberikan cinta, dukungan, dan waktu.

Keluarga memang tidak selalu sempurna, tapi keluarga biasanya jadi yang selalu ada untukmu saat kamu membutuhkannya. Jadi, sebelum terlambat, ingatlah untuk menunjukkan cinta dan mengungkapkan rasa terima kasih untuk mereka setiap hari.

2. Menghabiskan seluruh waktu untuk bekerja

Banyak Orang Menyesali 6 Hal Ini di Masa Tua, Ubah Sebelum Terlambat! unsplash.com/Jud Mackrill

Bekerja keras dan memiliki tabungan hari tua adalah hal penting. Tapi, menghabiskan waktu untuk terus bekerja juga bukanlah hal yang baik.

Banyak orang yang menghabiskan hidupnya untuk melakukan pekerjaan dengan jam kerja yang panjang dan berat, yang akhirnya menyesali kehilangan momen-momen penting bersama orang yang dicintai, bahkan hingga mengorbankan kesehatan.

Sering kali, di usia lanjut mereka baru menyesali bahwa uang yang mereka hasilkan tidak sebanding dengan momen bahagia yang telah mereka lewatkan dan kesehatan yang telah diabaikan.Ingatlah bahwa kamu memiliki pilihan terkait pekerjaanmu.

Gaji yang ditawarkan memang penting, tapi jauh lebih penting untuk memilih perusahaan yang menghargai keseimbangan kehidupan kerja yang sehat. Pekerjaan memang penting, tetapi ada hal lain dalam hidup yang sama penting.

Baca Juga: Bukan Hadiah, 5 Sikap Sederhana Ini Bikin Ayahmu Bahagia

3. Membiarkan diri sendiri menjadi korban perundungan semasa muda

Banyak Orang Menyesali 6 Hal Ini di Masa Tua, Ubah Sebelum Terlambat! pexels.com/Kevin Bidwell

Sering kali, korban perundungan merasa terlalu takut untuk melawan dan terus membiarkan diri mereka menjadi korban perundungan. Tapi, banyak mantan korban perundungan yang tidak pernah melupakan apa yang mereka alami dan menyesal karena tidak menentang para penindas.

Di usia yang sudah tua, banyak orang yang berharap mereka lebih percaya diri sewaktu masih muda dulu. Sehingga, mereka memiliki keberanian untuk melawan penindas, bahkan membela korban perundungan yang lain.

4. Tidak membuat anak menjadi individu yang mandiri

Banyak Orang Menyesali 6 Hal Ini di Masa Tua, Ubah Sebelum Terlambat! pexels.com/RODNAE Production

Banyak orangtua menyesali pilihan yang telah mereka buat bagi anak-anaknya. Banyak yang sadar bahwa sebagai orangtua, mereka kurang mempersiapkan anak-anak mereka untuk menjadi dewasa dan mandiri.

Generasi milenial dan Z merupakan generasi yang banyak dimanjakan oleh orangtuanya. Alhasil, para orangtua baru sadar bahwa mereka kurang mengajarkan keterampilan hidup saat sang anak beranjak dewasa dan harus mandiri.

5. Tidak mempersiapkan dana pensiun

Banyak Orang Menyesali 6 Hal Ini di Masa Tua, Ubah Sebelum Terlambat! pexels.com/maitree rimthong

Ada banyak alasan yang dilakukan orang untuk bisa berfoya-foya dan menghabiskan uang yang dimiliki. Kemudian, saat usia sudah tidak lagi produktif, mereka baru sadar akan pentingnya memiliki tabungan dan mempersiapkan dana pensiun.

Menyimpan uang ekstra dapat membantu mengurangi penyesalan di usia tua. Masalah uang, termasuk tidak cukup menabung untuk masa pensiun, menjadi penyesalan terbesar orang di kemudian hari. Karenanya, kamu perlu mulai menabung dari sekarang agar tidak terlalu memberatkan dirimu sendiri nantinya menjelang usia pensiun.

6. Tidak makan lebih sehat

Banyak Orang Menyesali 6 Hal Ini di Masa Tua, Ubah Sebelum Terlambat! unsplash.com/Brooke Lark

Seiring bertambahnya usia, banyak orang merasa kecewa pada diri sendiri karena tidak mengadopsi pola makan yang sehat sedari dulu. Bagaimanapun juga, diet sangat memengaruhi kesehatan tubuh secara langsung.

Di usia muda, kamu mungkin merasa tetap sehat meskipun tidak memperhatikan apa yang kamu makan. Tapi di usia tua, kondisi kesehatanmu bisa jadi merupakan akibat dari apa yang kamu makan selama ini.

Mumpung kamu masih punya waktu, sebaiknya perhatikan hal-hal di atas mulai sekarang, dan lakukan sesuatu untuk memperbaikinya agar gak menyesal nanti di masa tua.

Baca Juga: 8 Peribahasa Jawa dengan Metafora Kerbau dan Maknanya, Sudah Tahu?

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Eka ami di IDN Times Community dengan judul 6 Hal yang Banyak Disesali Orang di Usia Tua, Cegah Selagi Bisa!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya