Comscore Tracker

Hati-hati Tempat di Mal Ini Penuh Kuman dan Virus

Persiapkan perlengkapan kesehatan sebelum shopping

Mal atau pusat perbelanjaan menjadi salah satu tempat yang diburu setelah dibukanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Banyak alasan diungkapkan mereka yang ingin segera ngemall, seperti sudah bosan di rumah, ingin memuaskan hasrat window shopping, hinggs untuk membeli barang yang diperlukan.

Manajemen mal juga sudah membuat langkah pencegahan penyebaran COVID-19 di tempat perbelanjaan itu, misalnya dengan membatasi jumlah pengunjung, mengecek suhu, dan lain sebagainya. Langkah-langkah itu sebagai upaya menjaga kenyamanan masyarakat ketika pergi ke mal.

Meski upaya-upaya pencegahan sudah dilakukan, faktanya ada banyak tempat di mal yang menjadi sarang dari kuman dan virus penyakit. Mau tahu tempatnya mana saja? Yuk simak ulasannya!

Baca Juga: 4 Merek Sepeda Lipat ini Harganya Selangit dan Langka di Pasaran 

1. Toilet dan semua benda yang ada di dalamnya

Hati-hati Tempat di Mal Ini Penuh Kuman dan Viruscnn.com

Toilet sudah banyak yang tahu menjadi sarang kuman dan penyakit. Bakteri dan virus berkembang biak di tempat itu karena kondisi yang lembap, berair, dan sering dikunjungi orang. Apalagi, toilet adalah tempat untuk membuang kotoran.

Berdasarkan studi dari Journal of Applied and Environmental Microbiology tahun 2014 setiap satu jam pemakaian, 1 sentimeter persegi permukaan toilet dipenuhi oleh 200 ribu bakteri. Ketika menempel di tangan dan kamu tak mencucinya, mereka bisa menyebabkan berbagai penyakit untukmu. 

2. Semua wastafel

Hati-hati Tempat di Mal Ini Penuh Kuman dan Virusscrippsamg.com

Mal juga menerapkan protokol kesehatan. Salah satunya dengan mencuci tangan untuk mencegah COVID-19 dan berbagai penyakit lainnya. Namun ternyata wastafel di tempat umum tidak sebersih seperti kelihatannya.

Alasannya, semua orang yang ingin memakai wastafel pasti memiliki tangan yang kotor, kan? Dengan tangan tersebut, mereka memegang keran, pompa sabun, dan area sekitar wastafel. Kuman dan virus yang tadinya berada di tangan mereka pastilah berpindah ke tempat-tempat yang disentuhnya. 

Oleh karena itu, penting untuk melakukan double cleansing. Setelah mencuci tangan di wastafel, sebaiknya jangan merasa aman terlebih dulu. Gunakan hand sanitizer atau tisu basah dengan antiseptik setelahnya.

3. Pegangan eskalator

Hati-hati Tempat di Mal Ini Penuh Kuman dan Viruspexels.com/Negative Space

Pegangan eskalator juga perlu diwaspadai. Pasalnya, hampir semua orang yang masuk ke mal menggunakannya. Itulah kenapa benda tersebut sangatlah kotor dan dipenuhi bakteri, virus, dan mikroorganisme lainnya. 

Menurut percobaan yang dilakukan oleh Charles Gerba, Ph.D, profesor mikrobiologi lingkungan University of Arizona, timnya menemukan banyak patogen pernapasan di pegangan eskalator. Seperti yang kita tahu, COVID-19 juga termasuk penyakit pernapasan, kan?

"Kami menemukan banyak flora pernapasan di pegangannya, ini masuk akal karena orang-orang batuk ke tangannya kemudian memegang pegangan tersebut," kata Gerba

4. Meja di food court dan restoran

Hati-hati Tempat di Mal Ini Penuh Kuman dan Viruspexels.com/Jack Sparrow

Meja makan yang ada di food court juga belum tentu bebas kuman meski pengelola mal rajin membersihkan meja makan di food court untuk mencegah penularan COVID-19. Begitu pula dengan buku atau kertas menu makanan, peralatan makan, hingga kursi. Perlu diingat bahwa selain penularan langsung, SARS-CoV-2 juga bisa menyebar melalui sentuhan dengan benda yang terkontaminasi olehnya. 

Baca Juga: 10 Benda yang Sering Kamu Pegang Ini Berpotensi Sebarkan Virus Corona 

5. Toko baju dan fitting room

Hati-hati Tempat di Mal Ini Penuh Kuman dan Viruspexels.com/Gustavo Fring

Fitting room atau kamar pas selalu dipakai sebelum membeli baju di mal. Namun tampaknya kebiasaan tersebut harus kita hindari di tengah pandemik ini. 

Pertama, kamu tak tahu siapa saja yang telah mencoba baju tersebut. Tak ada jaminan mereka terbebas dari virus atau tidak. Kuman dan virus yang ada pada setiap orang bisa menyebar melalui baju yang dicobanya. 

6. Toko makeup

Hati-hati Tempat di Mal Ini Penuh Kuman dan Virusamazonaws.com

Mencoba tester makeup gratis di toko offline ternyata bisa meningkatkan risiko tertular penyakit? Terlebih di masa pandemik seperti sekarang ini. 

Mengutip CNN.com, studi tahun 2005 mengungkapkan bahwa 67 hingga 100 persen tester yang ada di toko makeup mengandung kuman yang berbahaya. Kita tak pernah tahu apakah orang yang mencoba tester tersebut sudah cuci tangan, apakah baru saja dari kamar mandi, atau bahkan membawa virus penyakit. 

7. Bioskop

Hati-hati Tempat di Mal Ini Penuh Kuman dan Virusassettype.com

Bioskop menjadi salah satu tempat yang ditunggu-tunggu dibuka setelah sekian lama tutup. Hanya, kamu sebaiknya berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk membeli tiket film favoritmu. Walaupun ada sejumlah upaya pencegahan yang dilakukan, bioskop merupakan salah satu tempat yang berpotensi menjadi pertukaran virus penyakit.

Pertama, sirkulasi udara di dalam ruangan tersebut tidak bagus karena ia sangat tertutup. Jika ada orang yang bersin atau batuk, virus hanya akan berdiam di sana karena tak ada celah untuk keluar.

Kedua, banyak orang yang akan membuka maskernya di dalam bioskop untuk makan dan minum. Virus yang kemungkinan mereka bawa pun akan menyebar ke orang-orang di sekitarnya.

8. Mesin ATM

Hati-hati Tempat di Mal Ini Penuh Kuman dan Virusyoutube.com/largest dams

Berdasarkan penjelasan Health.com, peneliti asal Taipei, Tiongkok menemukan setidaknya 1.200 kuman di keypad mesin ATM. Di antaranya termasuk pula bakteri E.coli dan virus-virus pernapasan. Mereka juga menyebutkan bahwa tombol "Enter" adalah yang paling parah, karena semua orang menekannya. 

Maka dari itu, penting untuk memulai hidup tanpa uang tunai saat ini. Jika kamu memang perlu menggunakan ATM, sebaiknya cuci tanganmu atau gunakan hand sanitizer setelahnya. 

9. Lift

Hati-hati Tempat di Mal Ini Penuh Kuman dan VirusPixabay/Thomas_C_Rosenthal

Lift masuk dalam daftar tempat yang banyak kumannya di mal, terutama di area tombolnya. Di mal-mal besar terutama yang ada di ibu kota, lift memang telah diubah agar kita tak perlu lagi memencet tombol untuk menggunakannya. Namun tak semua mal memiliki fasilitas tersebut. 

Bila kamu terpaksa menggunakan lift, sebaiknya pencet tombol dengan siku. Setelah itu, jangan lupa mencucinya atau mengoleskan hand sanitizer agar kuman dan virus tidak menyebar di tubuhmu. 

Hati-hati Tempat di Mal Ini Penuh Kuman dan VirusIlustrasi Cara Menangani Wabah Virus Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Kamu sebaiknya pertimbangkan lagi ketika ingin pergi ke mal meski saat ini sudah banyak yang dibuka. Mal menjadi tempat yang sangat berisiko untuk menjadi area penularan COVID-19. Terlebih tak semua orang menuruti protokol kesehatan yang ada. 

Lebih baik kamu menghindari berkunjung ke mal, jika tidak ada kepentingan mendesak. Dengan begitu, kamu tak hanya melindungi dirimu, tapi juga orang-orang di sekitarmu. Jika sangat terpaksa, jangan lupa untuk tetap menggunakan masker, membawa hand sanitizer, dan lakukan upaya pencegahan lainnya. 

Masih banyak cara lain untuk mendapatkan barang yang mungkin kamu butuhkan di mal. Bila bosan, kamu bisa melakukan hal-hal lain seperti menonton di rumah, menelepon teman, atau bahkan tidur. Kamu tentunya tidak mau tertular penyakit kan sepulang dari mal?

Baca Juga: Ini Cara Menangkal Virus Corona di KRL dan Transportasi Publik Lainnya

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya