Comscore Tracker

Tak Hanya Usir Kebosanan, Dengarkan Musik akan Redakan Beban Hidupmu 

#IDNTimesLife Ini waktu yang tepat untuk mendengarkan musik

Mendengarkan musik dapat mempengaruhi mood dan kesehatan tubuh kita. Bahkan musik dapat digunakan sebagai terapi untuk menghilangkan stress.

Menurut Elizabeth Scott, Wellness Coach dalam verywellmind.com, alunan musik musik yang didengarkan sehari-hari dapat mengendalikan konflik musik dan meminimalkan terjadinya stres. 

Musik di waktu tertentu juga dapat meningkatkan semangat bekerja dan membuat perasaan menjadi tenang. Mau coba? 

1. Saat persiapan kegiatan di pagi hari

Tak Hanya Usir Kebosanan, Dengarkan Musik akan Redakan Beban Hidupmu unsplash.com/@thanospal

Kamu bisa memilih lagu dengan musik yang tepat dan mengatur ketenanganmu di pagi hari. Apalagi di saat kamu membutuhkan ketenangan sebelum memulai hari yang sibuk, maka musik akan menjadi temanmu.

Kalau butuh energi ekstra untuk hari itu, kamu bisa menyetel lagu yang menyenangkan dan membuatmu tersenyum. Dijamin kamu jadi semangat dan selalu berpikir positif!

2. Selama melakukan perjalanan

Tak Hanya Usir Kebosanan, Dengarkan Musik akan Redakan Beban Hidupmu pexels.com/@ketut-subiyanto

Kamu bisa mengurangi amarahmu karena kemacetan atau udara yang terik dengan memutar musik favorit di jalan. Hal ini bisa meredakan ketegangan yang kamu rasakan dari perjalanan itu.

Selain itu, musik juga dapat mengurangi rasa menunggu dalam kemacetan karena diiringi musik yang kamu sukai. Perjalanan akan terasa santai dibuatnya.

3. Waktu memasak

Tak Hanya Usir Kebosanan, Dengarkan Musik akan Redakan Beban Hidupmu pexels.com/@olly

Memasak adalah waktu yang bisa kamu gunakan untuk mengeluarkan stres. Memasak sendiri sudah bisa melepas penat. Namun, kamu bisa membuat hatimu semakin riang dengan musik.

Kamu bisa menyetel musik yang lembut sehingga waktu memasak menjadi hal yang menyenangkan. Kamu akan menemukan dirimu lebih rileks dan bisa menikmati makananmu setelah siap.

Baca Juga: Suka Mendengarkan Musik? Begini Manfaatnya untuk Kesehatan Kamu

4. Saat menyantap makanan

Tak Hanya Usir Kebosanan, Dengarkan Musik akan Redakan Beban Hidupmu unsplash.com/@pablomerchanm

Musik yang menenangkan bisa memicu respons relaksasi. Ini membuatmu lebih mudah mencerna makanan. Penelitian menunjukkan bahwa musik klasik, khususnya, dapat membantumu makan lebih sedikit, mencerna lebih baik, dan lebih menikmati makanan.

5. Saat bersih-bersih

Tak Hanya Usir Kebosanan, Dengarkan Musik akan Redakan Beban Hidupmu pexels.com/@cottonbro

Membersihkan rumah terkadang bisa meningkatkan stres, terutama untuk kamu yang sibuk dan sudah menghabiskan energi dengan bekerja seharian. Karenanya, kamu perlu sentuhan musik yang energik.

Sebut saja musik hip hop, dance, atau pop. Jenis-jenis musik seperti ini dapat meningkatkan energimu dan kamu pun bersenang-senang saat membersihkan rumah. Jangan heran kalau kamu jadi ikut bernyanyi, bahkan bergoyang gara-gara musik tersebut.

6. Sebelum tidur

Tak Hanya Usir Kebosanan, Dengarkan Musik akan Redakan Beban Hidupmu pexels.com/@olly

Tidur yang berkualitas penting untuk mengurangi stres pada keesokan harinya. Namun, stres juga bisa mengganggu tidurmu. Beberapa bahkan overthinking sebelum benar-benar berhasil terlelap.

Sebagai solusinya, kamu bisa memutar musik sebelum tidur untuk melawan rasa stres itu sehingga menenangkan pikiranmu. Pasang musik yang menenangkan agar tubuh dan perasaan ikut tenang. Jangan pakai musik sedih, ya!

Kamu bisa mendengarkan lagu kesukaanmu untuk meredakan stres sambil mengerjakan aktivitas rutin. Ada baiknya kamu menyiapkan playlist lagu kesukaanmu. 

Baca Juga: 5 Cara Kerja Musik untuk Mengurangi Stres, Apa Musik Andalanmu?

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya