5 Keuntungan Perempuan Mandiri secara Finansial, Lebih Happy

Perempuan juga bisa sukses, lho!

Di era modern, perempuan sebaiknya tak hanya bergantung secara finansial pada keluarga atau pasangannya, melainkan juga mengandalkan dirinya sendiri. Selain kondisi perekonomian yang sudah jauh berbeda dengan zaman dulu, perempuan kini juga memiliki peluang yang lebih baik dalam mencari uang.

Nah, ada beberapa keuntungan perempuan yang mandiri secara finansial. Yuk, simak ulasannya berikut ini! 

1. Bisa membantu perekonomian keluarga

5 Keuntungan Perempuan Mandiri secara Finansial, Lebih Happyilustrasi suami dan istri sedang tersenyum (freepik.com/pressfoto)

Keuntungan pertama jika perempuan mandiri secara finansial yaitu bisa membantu perekonomian keluarganya. Jika belum menikah, maka ia bisa membantu perekonomian orangtuanya. Apalagi jika orangtuanya sudah tidak bekerja atau telah pensiun, sedangkan dia masih memiliki saudara yang masih sekolah atau kuliah.  Tentu dengan penghasilan yang dimilikinya,  bisa membantu untuk biaya pendidikan saudaranya atau untuk keperluan lainnya. 

Selain itu, jika perempuan sudah menikah, dan memiliki penghasilan sendiri, tentu dia bisa membantu suaminya untuk memenuhi keperluan rumah tangga. Namun jika suaminya menolaknya karena merasa sudah cukup mampu untuk menafkahi keluarganya, maka dia bisa menggunakan penghasilannya untuk kepentingan pribadinya. 

Selain itu, penghasilannya juga bisa untuk ditabung, untuk berjaga-jaga jika nantinya ada keadaan darurat atau untuk tabungan masa depan anaknya atau masa tuanya nanti. Tabungan untuk di masa tua itu penting, agar tidak terlalu bergantung pada anak.

2. Bisa membahagiakan dirinya sendiri

5 Keuntungan Perempuan Mandiri secara Finansial, Lebih Happyilustrasi dua perempuan sedang berbelanja (freepik.com/freepik)

Perempuan yang bisa mandiri secara finansial, biasanya lebih bahagia daripada perempuan yang tidak bekerja, lho! Mengapa? Karena mereka memiliki banyak cara untuk bisa membahagiakan dirinya sendiri dari penghasilan yang dimilikinya.

Contohnya, dengan penghasilannya sendiri, perempuan bisa melakukan apapun yang disukainya, seperti berbelanja, melakukan perawatan yang bisa menunjang kecantikannya, atau mengikuti aktivitas yang bisa membuat hatinya tenang dan damai seperti bergabung dalam organisasi keagamaan atau amal.

Sedangkan bagi perempuan yang tidak bekerja atau masih bergantung dari orangtua atau pasangannya, dia mungkin masih bisa melakukan apapun yang disukainya, namun tingkat kepuasannya tidak setinggi perempuan yang mendapatnya dari pencapaiannya sendiri, lho. Selain itu, jika orangtua atau pasangannya tidak mampu lagi mencukupi kebutuhannya, maka perempuan yang tidak bekerja ini kemungkinan lebih mudah untuk stres dan terpuruk. 

3. Tidak mudah diremehkan oleh laki-laki

5 Keuntungan Perempuan Mandiri secara Finansial, Lebih Happyilustrasi pria melihat perempuan (freepik.com/master1305)

Perempuan yang mandiri secara finansial, juga tidak mudah diremehkan oleh laki-laki. Sebab, mereka mampu mencukupi kebutuhannya sendiri tanpa bantuan laki-laki. Selain itu, perempuan yang mandiri secara finansial, biasanya terlihat lebih percaya diri daripada perempuan yang tidak bekerja. Karena mereka memiliki sesuatu yang bisa mereka banggakan dari usahanya sendiri. 

Laki-laki justru akan lebih mengagumi perempuan yang mandiri secara finansial. Karena menganggap mereka lebih dewasa dan terlihat lebih percaya diri dan berwawasan luas. 

Baca Juga: 8 Prioritas Pengeluaran yang Bijak bagi Perempuan Usia 30-an

4. Bebas berpendapat dan mengekspresikan diri

5 Keuntungan Perempuan Mandiri secara Finansial, Lebih Happyilustrasi perempuan mengeluarkan pendapat saat rapat (pexels.com/fauxels)

Perempuan yang mandiri secara finansial, juga bebas untuk mengeluarkan pendapat atau mengekspresikan dirinya. Perempuan yang bekerja, bebas untuk mengeluarkan pendapat atau mengekspresikan dirinya di tempat kerjanya. Mereka juga bebas untuk mengeluarkan pendapat di keluarganya, karena mereka juga ikut membantu kebutuhan keluarganya. 

Namun bukan berarti jika perempuan yang tidak bekerja tidak didengarkan pendapatnya di keluarganya, lho. Pendapat mereka tetap didengar, namun untuk disetujui kemungkinan lebih rendah daripada perempuan yang bekerja. 

5. Bisa menjadi inspirasi bagi perempuan-perempuan lainnya

5 Keuntungan Perempuan Mandiri secara Finansial, Lebih Happyilustrasi perempuan sedang tersenyum (freepik.com/freepik)

Perempuan yang mandiri secara finansial, juga bisa menjadi inspirasi bagi perempuan-perempuan lainnya, lho. Apalagi jika mereka memiliki prestasi yang mengagumkan. Tentu itu akan semakin menginspirasi bagi perempuan-perempuan lainnya untuk bisa melakukan hal yang sama. 

Contohnya, seorang perempuan yang telah berkeluarga, namun  tetap bisa mengurus keluarganya dengan baik meskipun dia juga bekerja, karena dia mampu mengatur waktu dengan baik. Tentu itu akan menjadi inspirasi bagi perempuan lainnya yang sudah berkeluarga namun bekerja, agar bisa tetap mengurus keluarganya dengan baik. Karena bagaimana pun juga, kebahagiaan keluarga juga harus diutamakan.  

Menjadi perempuan yang mandiri secara finansial akan bisa membuat kehidupan perempuan menjadi lebih baik. Orang-orang terdekatnya pun juga bisa ikut merasakan dampak positifnya. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk menjadi perempuannya yang mandiri secara finansial, ya! 

Baca Juga: Ramadan, Gen Z di Jogja Raup Rezeki lewat Croffle dan Es Lumut Cincau

Eliza Ustman Photo Community Writer Eliza Ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya