Comscore Tracker

Agar Kamar Mandimu Adem, 6 Tanaman Ini Cocok Jadi Pilihanmu 

Ketahui dulu karakter tiap tanaman

Pencinta tanaman pasti ingin menempatkan koleksinya di seluruh bagian rumah. Tak terkecuali di kamar mandi. Tanaman yang diletakkan di kamar mandi akan membuat ruangan bersih dan enak dipandang.    

Tapi tak semua tanaman cocok diletakkan di kamar mandi. Alasannya karena kurang cahaya hingga terlalu lembab. Di bawah daftar tanaman hias yang paling cocok untuk ditaruh di kamar mandi. Ada apa saja? 

1. Snake plant

Agar Kamar Mandimu Adem, 6 Tanaman Ini Cocok Jadi Pilihanmu Ilustrasi Tanaman (Lidah Mertua) (IDN Times/Sunariyah)

Snake plant yang punya fungsi membersihkan udara ini, ternyata bisa ditaruh di kamar mandi juga, lho! Produk-produk di kamar mandi yang menghasilkan banyak polutan berbahaya, dapat diatasi menggunakan snake plant atau disebut juga lidah mertua.

Tanaman ini bisa tumbuh tanpa banyak penyiraman (bisa disiram jika 5 cm tanah teratas di dalam pot terasa kering) dan dalam kondisi minim cahaya. Walau begitu, jika ingin menaruhnya di tempat yang terekspos cahaya, usahakan agar tanaman gak terpapar sinar matahari langsung.

2. Bamboo

Agar Kamar Mandimu Adem, 6 Tanaman Ini Cocok Jadi Pilihanmu unsplash.com/Elton Sipp

Agar tanaman bambu gak tumbuh secara invasif, taruhlah tanaman ini dalam pot baru, kemudian letakkan di kamar mandi. Meski begitu, tanaman ini tetap membutuhkan pemindahan ke dalam wadah pot lebih besar setiap tahunnya. 

Beri tanaman bambu pupuk encer yang kaya akan nitrogen setiap minggu selama musim tanam. Kamu cukup memberinya makan setiap bulan saja selama musim dingin. Tanaman ini butuh pencahayaan matahari selama 6 jam setiap harinya.

3. Chinese evergreen

Agar Kamar Mandimu Adem, 6 Tanaman Ini Cocok Jadi Pilihanmu veldkampsflowers.com

Chinese evergreen merupakan tanaman hias yang punya kemampuan beradaptasi super. Bahkan kalau kamu lupa menyiram dan memberinya pupuk dalam jangka waktu tertentu, tanaman berdaun besar ini bisa tetap tumbuh subur.

Tanaman ini bisa bertahan hidup di kamar mandi karena menyukai tempat lembap. Namun, udara kering pun bisa ditolerir asal tak terkena tiupan angin dingin yang bisa merusak daun.

Taruh chinese evergreen di tempat dengan kondisi minim cahaya. Atau, kamu juga bisa menempatkannya di area yang gak terekspos cahaya matahari langsung.

4. Orchids

Agar Kamar Mandimu Adem, 6 Tanaman Ini Cocok Jadi Pilihanmu pinterest/HGTV

Banyak jenis anggrek yang dapat tumbuh ideal dalam kamar mandi bersuhu terlalu dingin. Sebagian varietas butuh tanah sebagai media tanamnya, namun beberapa lainnya merupakan jenis epifit (air plants) yang menyerap kelembapan dari udara.

Tanaman anggrek yang bertubuh kecil ini dapat berbunga selama berminggu-minggu. Kamu bisa mengelompokkan beberapa tanaman anggrek dan menaruhnya di berbagai sudut kamar mandi.

Yang perlu diingat adalah beberapa varietas suka pencahayaan sedang. Sementara yang lainnya justru butuh cahaya cukup terang untuk tumbuh.

5. Cast-iron plant

Agar Kamar Mandimu Adem, 6 Tanaman Ini Cocok Jadi Pilihanmu Instagram

Disebut Cast-iron karena tanaman hias ini rupanya gak mudah mati. Cast-iron plant ini merupakan tipe tanaman yang tetap dapat tumbuh subur meski tanpa perawatan atau pemeliharaan khusus.

Tanaman tropis ini merupakan salah satu tanaman hias rumah yang bisa mentolerir kondisi hampir tanpa cahaya. Namun beberapa varietas lain, selain spesimen warna hijau pekat, membutuhkan lebih banyak cahaya.

Karena gak membutuhkan kelembapan yang tinggi, kamu bisa menaruhnya di kamar mandi tamu yang cukup jarang digunakan.

Baca Juga: Gak Cuma Estetis, 8 Tanaman Ini Juga Ampuh Banget Bersihkan Udara!

6. Philodendron

Agar Kamar Mandimu Adem, 6 Tanaman Ini Cocok Jadi Pilihanmu Pinterest/gardendoodsdirect

Philodendron merupakan tanaman tropis yang benar-benar menyukai kamar mandi. Baik itu varietas yang merambat atau pun tumbuh tegak dengan batang, keduanya relatif mudah tumbuh.

Tanah yang lembap secara konsisten merupakan pilihan terbaik untuk philodendron. Tanaman ini hanya membutuhkan cahaya terang yang gak langsung.

Jangan menyiram philodendron terlalu banyak, ya! Ini akan menyebabkan tanaman ini mulai menggugurkan daunnya.

Kamu harus mengerti betul karakter tanaman yang harus diletakkan di kamar mandi. Beberapa di antaranya sangat mudah dirawat, sementara yang lain membutuhkan pemeliharaan lebih spesifik. Selamat mencoba.

 

Baca Juga: Makin Nyenyak, 7 Tanaman Ini Bisa Membuat Kualitas Tidurmu Lebih Baik

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya