TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kondisi Ini Bikin Rentan Merasa Sendirian dan Kesepian

Sedang masa peralihan?

ilustrasi merasa sendiri (pexels.com/Kha Ruxury)

Kesendirian dan kesepian adalah perasaan yang dapat dialami oleh siapapun. Ini juga bisa terjadi pada berbagai kondisi dan situasi dalam hidup.

Gak masalah jika kamu merasa sendirian saat ini. Tapi, kamu tetap perlu mengatasi perasaan tersebut jika sudah terasa mengganggu. Berikut adalah lima kondisi atau situasi di mana seseorang cenderung merasa sendirian dan kesepian, kamu mengalami salah satunya?

1. Transisi hidup yang besar

ilustrasi cemas (pexels.com/Tim Gouw)

Transisi hidup yang signifikan, seperti pindah ke tempat baru, memulai pekerjaan baru, atau mengakhiri hubungan, bisa membuat seseorang merasa terisolasi dan kesepian. Ketidakpastian dan perubahan dalam rutinitas sehari-hari memang dapat meningkatkan perasaan sendirian.

Marika Lindholm, seorang sosiolog asal Swedia, menjelaskan bahwa alasan utama mengapa transisi kehidupan membuat kita merasa kesepian adalah karena transisi tersebut melemahkan peluang dan merampas kemampuan kita untuk menjalin hubungan yang mendalam dengan orang lain.

2. Kehilangan atau kematian

ilustrasi kematian seseorang (pexels.com/Ivan Samkov)

Mengalami kehilangan juga sering kali memicu perasaan kesepian. Baik itu kematian seseorang yang dicintai, kerugian pekerjaan, atau perpisahan dalam hubungan.

Proses berduka dan penyesuaian terhadap kehilangan memang bisa menjadi saat-saat yang sulit. Ini juga akan membuat seseorang merasa terisolasi.

3. Ketidakcocokan sosial

ilustrasi bersama teman (pexels.com/Gary Barnes)

Saat merasa tidak cocok dengan lingkungan sosial tertentu atau kesulitan membangun hubungan yang kuat dengan orang lain, seseorang bisa aja merasa kesepian. Bagaimanapun juga, kita memang sering kali membutuhkan seseorang yang satu frekuensi dan nyambung untuk diajak ngobrol.

Kesepian semacam ini terutama terjadi saat seseorang merasa sulit untuk terhubung dengan orang lain. Ataupun ketika seseorang memiliki minat yang berbeda dari lingkungannya.

Baca Juga: 5 Bahasa Tubuh yang Tunjukkan Self-Esteem Rendah, Ada Padamu?

4. Kondisi kesehatan mental

ilustrasi reaksi setelah terpapar berita negatif (pexels.com/Liza Summer)

Beberapa kondisi kesehatan mental, seperti depresi, kecemasan, atau gangguan kecemasan sosial, juga dapat meningkatkan risiko seseorang merasa sendirian dan kesepian. Memang, memiliki kondisi yang terganggu seperti itu bisa membuat siapapun merasa seperti sedang berjuang sendirian.

Isolasi sosial atau kesulitan untuk berinteraksi dengan orang lain bisa menjadi bagian dari pengalaman yang sangat menyulitkan. Apa kamu pernah mengalaminya?

Verified Writer

Desria

Suka menulis dan menangis (?)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya