TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Mengatur Stamina buat Live Streaming, Ngomong Terus juga Capek

Perhatikan durasi live versus tenaga yang ada

ilustrasi live streaming (pexels.com/Anna Shvets)

Intinya Sih...

  • Durasi live streaming harus disesuaikan dengan tenaga yang ada, agar tidak terlalu melelahkan.
  • Pertimbangkan untuk memiliki teman bergantian tampil di kamera untuk menjaga konsentrasi dan stamina.
  • Hindari makan dan minum di depan kamera selama live streaming agar terlihat lebih profesional.

Fitur live streaming yang ada di berbagai platform bisa dimanfaatkan untuk macam-macam keperluan. Seperti mengasah kreativitasmu, mengedukasi penonton, sampai berjualan. Cukup dengan rajin melakukan live streaming, kamu bisa mendapatkan uang tanpa repot-repot meninggalkan rumah.

Akan tetapi, menjadi host di live streaming juga tak semudah kelihatannya. Dirimu harus pandai memilih kata, membangun komunikasi dua arah dengan penonton melalui interaksi, berkonsentrasi penuh sepanjang acara, dan jangan sampai kelihatan capek. Semua itu gak gampang meski banyak orang cuma melihatmu bicara terus.

Tenagamu harus dipersiapkan dengan baik agar live streaming berjalan lancar. Bila kemarin-kemarin dirimu belum cukup memikirkan soal stamina, seiring sering dan panjangnya durasi live streaming energi mesti diatur dengan sebaik mungkin. Terapkan lima tips berikut supaya kamu betah membawakan acara  dan gak gampang jenuh dengan aktivitas ini.

1. Kalau durasinya panjang, bagi tugas ke beberapa orang

Kamu ingin berapa lama melakukan live streaming setiap harinya? Jika tujuanmu biar selalu ada penonton di saluranmu atau daganganmu laku terus, sebaiknya memang live streaming berjalan sepanjang hari atau paling gak 12 jam per hari. Namun untuk durasi sepanjang ini tentu amat melelahkan bila hanya dipandu olehmu seorang.

Kamu butuh teman buat bergantian tampil di kamera. Bagi waktu sepanjang itu sesuai jumlah orang yang ada. Idealnya, setiap orang cuma mengisi maksimal 90 menit untuk satu sesi. Lalu diganti oleh teman yang lain. Nanti kalian dapat bergantian lagi setelah semua orang yang bertugas tampil.

Dalam rentang waktu tersebut, konsentrasi masih cukup terjaga. Ini meminimalkan kesalahan bicara dari awal sampai akhir acara. Kamu juga dapat melakukan peregangan, makan, serta minum setelah sesi berikutnya dilanjutkan oleh teman. Akan tetapi kalau dirimu bekerja sendirian bagi menjadi 90 menit di pagi, siang, sore, dan malam hari. Gak usah maraton dari pagi sampai sore apalagi malam biar kamu tak kelelahan.

2. Cukup makan dan minum, tapi cegah keinginan buang hajat saat live

Sebenarnya tidak ada larangan untukmu makan dan minum sambil live streaming. Namun, hal itu membuatmu terkesan kurang profesional dan gak sopan. Apalagi kalau tanpa diduga terjadi hal-hal memalukan seperti kamu tersedak sampai memuntahkan air atau makanan. Semua itu terjadi langsung di depan kamera.

Hancur sudah acara yang dipandu olehmu beberapa lamanya. Kecuali, acaramu memang mencoba berbagai makanan dan minuman. Tapi selama konsep kontennya bukan itu, hindari melakukannya di depan kamera. Inilah tujuan lain dari mengatur durasi live streaming gak lebih dari 90 menit buat satu orang.

Kamu menjadi tidak kelaparan atau kehausan setelah bicara terus-menerus. Jangan lupa untukmu makan dan minum dulu sebelum live streaming dimulai. Secukupnya saja dan pastikan dirimu sudah buang air kecil maupun besar daripada di tengah-tengah acara malah kebelet ke toilet. Jika kamu sering melakukan live streaming dan selalu menahan keinginan buang hajat tentu juga buruk buat kesehatan.

3. Mengubah-ubah posisi

Meski duduk terlihat lebih nyaman daripada berdiri, kenyataannya juga melelahkan bila dilakukan terlalu lama. Bahkan punggung bisa terasa sakit dan menyebar sampai ke bahu serta paha. Perubahan posisi tubuh selama kamu memandu live streaming amat penting. Selama dirimu gak keluar dari jangkauan kamera, bergeraklah.

Tempatkan kamera agak jauh supaya hasil tangkapannya lebih luas. Ketika dirimu melakukan live streaming untuk berjualan pakaian misalnya, bergeraklah buat mengambil contoh pakaian yang digantung di rak di belakangmu. Lalu berjalan sampai ke depan kamera dan mencocokkannya di tubuhmu biar penonton punya bayangan ukurannya.

Lebih aktif bergerak juga membantu waktu terasa cepat berlalu sehingga kamu tak merasa bosan. Pun peredaran darah yang lebih lancar bikin konsentrasimu lebih terjaga. Terpenting kameramu gak ikut bergerak atau penonton bakal pusing melihatnya. Juga gerakanmu tak terlalu cepat ke sana kemari yang membuatmu terkesan sibuk sendiri serta mengabaikan penonton.

Baca Juga: 6 Tips Sikapi Tren di Media Sosial yang Cepat Berganti, Jangan FOMO

4. Tidur dulu kalau mau live streaming di malam hari

Di dunia perdagangan, setiap produk ada target pasarnya. Di dunia penyiaran, setiap jam ada target penontonnya. Tidak semua orang cukup luang pada pagi sampai sore hari untuk menonton live streaming. Bahkan ketika mereka sebenarnya butuh hiburan atau mencari harga terbaik buat barang-barang kebutuhannya.

Maka live streaming di malam hari bukan ide yang buruk. Beberapa orang juga mengalami insomnia dan menyaksikan live streaming menjadi salah satu pilihan mereka. Tinggal kamu menyesuaikan diri karena bagaimanapun juga malam hari merupakan jam biologis untuk tidur. Apalagi di atas pukul 22.00, kantuk mungkin tak tertahankan.

Terlebih jika siang sampai sorenya dirimu ada aktivitas lain seperti bekerja di kantor. Oleh sebab itu, kalau mau live streaming pada tengah malam sampai dini hari pastikan kamu telah tidur dulu barang 2 sampai 4 jam. Ini akan membuat penampilanmu di depan kamera lebih fresh ketimbang seandainya dirimu gak tidur dulu sama sekali.

Verified Writer

Marliana Kuswanti

Penulis fiksi maupun nonfiksi. Lebih suka menjadi pengamat dan pendengar. Semoga apa-apa yang ditulis bisa memberi manfaat untuk pembaca. Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya