Comscore Tracker

Punya Makna Indah, Ini 10 Nama Anak Artis dari Bahasa Sansekerta

Bisa jadi inspirasi nama untuk anakmu, nih!

Bahasa Sansekerta cukup umum dijadikan sebagai nama anak. Sebab, selain punya bunyi yang unik, kata-kata dari Hindu kuno ini memiliki makna yang indah. Cukup banyak nama-nama apik yang memiliki arti mendalam namun masih jarang dipakai.

Kali ini, IDN Times akan membagikanmu 10 inspirasi nama anak dari Bahasa Sansekerta beserta artinya dari nama-nama anak seleb Indonesia. Yuk, disimak!

1. Anaku Askara Biru tentu tak asing lagi. Kata "Askara" memiliki arti cahaya

Punya Makna Indah, Ini 10 Nama Anak Artis dari Bahasa Sansekertainstagram.com/andienaisyah

Nama anak Andien dan Ippe ini diambil dari beberapa bahasa yaitu Jepang, Sansekerta, Jawa, dan bahasa Indonesia. "Anaku" yang diambil dari bahasa Jepang punya arti cahaya dari selatan. "Askara" dari bahasa Sansekerta yaang berarti cahaya. Terakhir, "Biru" yang melambangkan warna kejujuran dan kebenaran.

2. Bhai Kaba Bramantyo, putra ketiga Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca punya nama yang berarti pembawa kabar bahagia

Punya Makna Indah, Ini 10 Nama Anak Artis dari Bahasa Sansekertainstagram.com/zaskiadyamecca

Jika diartikan satu per satu, "Bhai" adalah kata Sansekerta yang berarti saudara. "Kaba" juga berasal dari kata Sansekerta yang artinya berita. "Bramantyo" selain nama ayahnya, adalah bahasa Jawa dari kata semangat. Secara keseluruhan, Bhai Kaba Bramantyo adalah pembawa kabar bahagia.

3. Putra Donita dan Adi Nugroho, Ataris Alfarizqy Svarga Nugroho mengambil bahasa Sansekerta "svarga" yang artinya surga

Punya Makna Indah, Ini 10 Nama Anak Artis dari Bahasa Sansekertainstagram.com/donitabhubiy

Svarga adalah nama panggilan anak pertama Donita dan Adi Nugroho. Panggilan ini berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti surga. Secara keseluruhan, Ataris Alfarizqy Svarga Nugroho berarti anugerah dari surga yang selalu dilimpahkan, rezeki, dan selalu beruntung.

4. Elzo Jaydn Anvaya, nama putra Nirina Zubir & Ernest mencomot kata "anvaya" yang maknanya rasa syukur atau kebaikan

Punya Makna Indah, Ini 10 Nama Anak Artis dari Bahasa Sansekertainstagram.com/nirinazubir_

Dalam bahasa Sansekerta, "Anvaya" bermakna rasa syukur atau kebaikan. Menyematkan nama ini untuk si kecil, berarti mendoakannya selalu berbuat kebaikan. Dengan itu, Nirina dan Ernest sepakat memberi nama Elzo Jaydn Anvaya sebagai rasa syukur atas kebaikan.

5. Btara Langit Anandayu adalah nama putra Ananda Omesh dan Dian Ayu. "Btara" sendiri berarti pelindung

Punya Makna Indah, Ini 10 Nama Anak Artis dari Bahasa Sansekertainstagram.com/omeshomesh

Secara etimologis, "Btara" adalah sapaan berbahasa Sansekerta yang maksudnya adalah pelindung. Di luar kata Sansekerta tersebut, "Langit" punya banyak sekali arti. Ia bisa berarti cahaya, cerah, dan sumber kehidupan. "Anandayu" adalah singkatan dari nama "Ananda Omesh" dan "Dian Ayu" sehingga artinya anakku yang tercinta dan rupawan.

Baca Juga: Arti Nama La Lembah Manah, Anak Perempuan Gibran Rakabuming Raka

6. Abimanyu Manggala Nugroho Putro adalah putra Vicky Shu. Dikira nama Jawa, "Abimanyu" juga ada dalam bahasa Sansekerta yang berarti pemberani

Punya Makna Indah, Ini 10 Nama Anak Artis dari Bahasa Sansekertainstagram.com/vickyshu

Kata "Abimanyu" diambil dari bahasa Sansekerta "Abhiman'yu". Dalam kisah Mahabharata, ialah putra Arjuna dan Subadra. Ia jadi pahlawan dan gugur dalam pertempuran di Kurukshetra. Karena itu, secara etimologis "Abimanyu" berarti pemberani.

Selain "Abimanyu", "Manggala" juga dari bahasa Sansekerta yang artinya pemimpin. Jadi, "Abimanyu Manggala Nugroho Putro" adalah putra yang penuh dengan anugerah, pemimpin, sempurna, pemberani, dan jadi pelindung untuk keluarga.

7. "Rajendra" dalam nama Dzaka Rajendra Ismail Amaldi (putra Soraya Larasati) bisa berarti tampan, bisa juga berarti raja yang kuat dalam Sansekerta

Punya Makna Indah, Ini 10 Nama Anak Artis dari Bahasa Sansekertainstagram.com/sorayalarasat1

Kata "Dzaka" diambil dari nama Islami yang artinya jenius, cerdas, atau pintar. "Rajendra" dari nama Sansekerta yang artinya raja yang kuat atau tampan. "Ismail" adalah nama Nabi yang karakternya layak diteladani. Sementara "Amaldi" adalah nama suami Soraya Larasati. Jika dijabarkan secara keseluruhan, bisa berarti pemimpin yang kuat, tampan, cerdas, dan meneladani kebaikan Nabi Ismail.

8. Secara tak sengaja, Arsya Akbar Pemuda Hermansyah (putra Anang-Ashanty) juga berpadanan kata Sansekerta yaitu "Arsya" & "Akbar"

Punya Makna Indah, Ini 10 Nama Anak Artis dari Bahasa Sansekertainstagram.com/arsya.hermansyah

Bila dijabarkan satu per satu, nama anak kedua pasangan Anang dan Ashanty adalah "Arsya" dari kata "Arasy" (tahta Tuhan) dan Akbar (besar). "Pemuda" karena sang putra lahir pada hari Sumpah Pemuda dan "Hermansyah" adalah nama keluarga. Namun tahukah kamu jika "Arsya" dan "Akbar" juga punya arti lain dalam bahasa Sansekerta? "Arsya" artinya keturunan suci dan "Akbar" artinya lahir dari raja Muslim.

9. Sedangkan Mytha Lestari menggunakan nama Mahatma Kala Maheswara pada buah hatinya karena "Mahatma" berarti berjiwa besar

Punya Makna Indah, Ini 10 Nama Anak Artis dari Bahasa SansekertaInstagram.com/mytha_lestari

Nama Mahatma lekat dengan sosok Mahatma Gandhi yang inspiratif. Barangkali, itu salah satu pertimbangan Mytha memberikan nama buah hatinya. Menurut Mytha, "Mahatma" berarti berjiwa besar dalam bahasa Sansekerta. "Kala" berarti matahari dalam bahasa Hawaii.

"Maheswara" adalah nama ayah sang buah hati. Namun kata "Kala" dan "Maheswara" juga arti berbeda dalam bahasa Sansekerta. "Kala" adalah waktu dan "Maheswara" adalah nama lain Dewa Siwa.

10. Dochi Sadega "Pee Wee Gaskin" memiliki buah hati bernama Anila Kamaishtara Décca. "Anila" punya arti dan filosofi yang dalam yaitu angin

Punya Makna Indah, Ini 10 Nama Anak Artis dari Bahasa Sansekertainstagram.com/pwgdochi

Secara keseluruhan, "Anila Kamaishtara Décca" berarti angin sejuk pembawa cinta setinggi bintang. Panggilannya adalah Anila, yang mana diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti angin.

Itu dia 10 inspirasi nama anak artis dari Bahasa Sansekerta. Biar makin unik, nama-nama itu bisa kamu padukan dengan kata dari bahasa lainnya.

Baca Juga: 5 Nama Anak Mendiang Djaduk Ferianto, Unik dan Bermakna Indah

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You