Comscore Tracker

5 Kekeliruan Pola Asuh Anak Ini Kerap Diterapkan Orangtua Millennial

Bisa berdampak negatif terhadap anak, lho

Pada dasarnya, setiap orangtua pasti ingin memberi yang terbaik bagi anaknya. Namun, perbedaan zaman membuat pola asuh orangtua terhadap anaknya juga berbeda. Kita, generasi Millennial yang kini jadi orangtua, cara mengasuh anaknya tentu berbeda jika dibandingkan orangtua kita dulu.

Orangtua Millennial di era digital punya cara-cara khusus yang kekinian untuk menerapkan nilai-nilai terhadap anak. Mereka juga memiliki lebih banyak akses terhadap informasi seputar parenting.

Namun, gak semuanya cocok diterapkan. Berikut ini beberapa kekeliruan pola asuh yang dilakukan oleh orangtua Millennial terhadap anaknya.

1. Disiplin hanya sekadar omongan dan sukar dilakukan

5 Kekeliruan Pola Asuh Anak Ini Kerap Diterapkan Orangtua MillennialPexels.com/pixabay

Orangtua Millennial menerapkan begitu banyak peraturan pada anak, Namun pada kenyataannya peraturan-peraturan tersebut hanya sampai di bibir saja. Orangtua sering kali tidak memberi contoh yang baik atau menerapkannya terhadap diri sendiri.

Akhirnya, peraturan tersebut hanya berlangsung sekitar satu sampai dua minggu saja dan cenderung tidak konsisten. Hal ini bisa membingungkan anak dalam bersikap.

2. Kekeliruan dalam memberikan gadget

5 Kekeliruan Pola Asuh Anak Ini Kerap Diterapkan Orangtua MillennialGoogle/Steemit

Penggunaan gadget di kalangan orangtua Millennial memang bukan lagi jadi hal baru. Hampir semua kegiatan disertai dengan gadget.

Begitu pula dalam pola asuh yang dilakukan pada anak, ketika anak sedang rewel, salah satu cara yang dianggap jitu orangtua Millennial adalah memberikan gadget. Akhirnya kebiasaan ini berubah menjadi candu pada anak.

Baca Juga: Dear Parents, Tindaklah 5 Kenakalan Anak Ini Agar Gak Menjadi-jadi

3. Anak dibuat super sibuk demi memenuhi keinginan orantua

5 Kekeliruan Pola Asuh Anak Ini Kerap Diterapkan Orangtua MillennialPexels.com/Pragyan Bezbaruah

Tanpa sadar sering sekali orangtua Millennial memaksa anak untuk memenuhi keinginannya. Anak dituntut serba bisa melakukan berbagai macam kegiatan, seperti les matematika, les piano, les berenang dan lainnya.

Padahal semua itu bukan kegiatan yang diminati anak. Hal ini justru akan membawa dampak negatif bagi anak, karena terpaksa menuruti keinginan orangtuanya.

4. Membanding-bandingkan anak dengan anak orang yang lain

5 Kekeliruan Pola Asuh Anak Ini Kerap Diterapkan Orangtua MillennialGoogle/D'Fun Station

Peran sosial media sangat memengaruhi kehidupan orangtua Millennial saat ini. Hampir setiap hari kita disuguhi berbagai macam konten foto maupun video tentang anak. Tanpa sadar orangtua Millennial menjadi lebih mudah membanding-banding anaknya dengan anak orang lain.

Kok si A makannya lahap, kok si B bisa giginya sudah tumbuh, si C keren bisa ikut kegiatan ini dan itu. Jika kamu terus melakukan hal itu, anak akan merasa bahwa kamu tidak percaya akan kemampuan yang dimilikinya. Pahamilah setiap anak itu berbeda.  

5. Minimnya kebersamaan dengan anak

5 Kekeliruan Pola Asuh Anak Ini Kerap Diterapkan Orangtua MillennialPexels.com/Rawpixel

Hampir 65 persen orangtua Millennial memiliki kegiatan di luar rumah. Kondisi ini membuat orangtua Millennial kehilangan banyak waktu kebersamaan dengan anak. Padahal kebersamaan anak dengan orangtua bisa meningkatkan kecerdasan dan menumbuhkan rasa bahagia pada anak.

Itulah kekeliruan pola asuh yang sering dilakukan orangtua Millennial. Ada baiknya kita perlu introspeksi, agar anak kita bisa menikmati masa kecil dan kasih sayang orangtua dengan sebaik-baiknya

Baca Juga: Hindari, 5 Sikap Ini Bisa Mematikan Karakter Baik pada Anak

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya