Comscore Tracker

5 Tips Menata Rumah Mungil Bergaya Minimalis Agar Tampak Lapang

Biar rumahmu bikin betah

Banyak orang memilih rumah berukuran mungil dengan gaya minimalis karena berbagai alasan. Bisa karena budget atau lahan yang terbatas, selera, hingga semata-mata agar mudah dibersihkan. 

Bila tidak ditata dengan baik, rumah berukuran mungil bisa terasa sempit dan berantakan. Nah, berikut beberapa tips menata rumah mungil bergaya minimalis agar tampak lapang dan nyaman.

1. Perhatikan pencahayaan, jangan asal putih

5 Tips Menata Rumah Mungil Bergaya Minimalis Agar Tampak Lapangde.dehookimpex.nl/

Banyak orang beranggapan bahwa dengan mengaplikasikan cat rumah berwarna putih pada dinding rumah akan membuat rumah tampak sejuk dan luas. Padahal banyak desainer interior mengatakan bahwa cat putih justru membuat kesan ruangan lebih terlihat sempit jika penggunaannya tidak tepat.

Jika penerangan yang ada pada rumah kamu redup dan dinding berwarna putih, maka akan ada suatu bayangan yang menyebabkan ruangan kamu terlihat suram dan kotor. Jadi untuk menghindari hal tersebut kamu juga perlu memerhatikan pencahayaan pada rumahmu agar cat putih membuat rumah terlihat lebih besar dan suasana lebih nyaman.

2. Tambahkan cermin

5 Tips Menata Rumah Mungil Bergaya Minimalis Agar Tampak Lapangwallmirrors.eu/

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika adanya cermin di dalam ruangan akan dapat memberikan efek visual pada sebuah ruangan agar terlihat lebih besar. Untuk itu, kamu dapat menggunakan cermin yang besar pada ruangan yang kamu rasa tidak cukup luas. Cermin juga dapat digunakan sebagai pemantul cahaya lampu sehingga rumah terlihat lebih terang. Kamu dapat menaruh cermin di belakang furnitur atau di lorong untuk memaksimalkan tempat yang ada.

Baca Juga: Mungil dan Nyaman, Rumah Minimalis  bagi Millennial

3. Perabotan pemantul cahaya

5 Tips Menata Rumah Mungil Bergaya Minimalis Agar Tampak Lapangmymodernmet.com/

Jika kamu tidak menyukai keberadaan cermin besar pada rumahmu, kamu dapat menggunakan furnitur atau perabot rumah tangga yang bisa juga merefleksikan objek ataupun cahaya yang berada di depan furnitur tersebut.

Perlengkapan rumah berjenis vas bunga yang berbahan stainless steel atau pajangan dekorasi dinding berbahan aluminium juga bisa membuat efek yang sama yaitu sebagai pembuka ruang baru.

Benda-benda tersebut tidak hanya merefleksikan objek dan cahaya, namun bisa juga membuat ruanganmu terlihat lebih ringan dan indah.

4. Penempatan furnitur besar

5 Tips Menata Rumah Mungil Bergaya Minimalis Agar Tampak Lapangthelifestyle-files.com/

Furnitur yang besar namun berjumlah sedikit akan lebih baik untuk rumah minimalis modern daripada furnitur kecil yang banyak. Kamu dapat memilih set furnitur built in untuk memberikan kesan ruangan yang luas dan simpel.

Satu karpet besar, satu lampu gantung besar dan bahkan dengan satu cermin besar akan membuat ruangan dalam rumahmu terlihat lebih luas daripada perabot dan aksen-aksen dekorasi yang berukuran kecil.

Karena semakin sedikit perabot yang ada pada rumahmu akan lebih menonjolkan kesan modern bagi rumahmu. Selain itu, dengan memilih furnitur yang besar namun sedikit membuat kamu tidak perlu bersusah payah untuk membersihkan dan merawat furniturmu.

5. Gambar lukisan yang besar

5 Tips Menata Rumah Mungil Bergaya Minimalis Agar Tampak Lapangtheartling.com/

Untuk membuat kesan bahwa rumah minimalis sederhana itu tampak luas bisa dilakukan dengan membuat titik fokus pada satu benda yang cukup menonjol. Kamu bisa meletakkan lukisan yang besar dengan gambar yang unik atau gambar yang memiliki filosofi tertentu. Dengan begitu akan mengalihkan perhatian tamu yang berkunjung terhadap keadaan rumah kamu yang sempit sekaligus dapat membuat ruangan lebih menarik.

Itu dia beberapa tips menata rumah mungil minimalis agar tampak lapang. Siap kamu coba terapkan untuk rumah barumu?

Baca Juga: 14 Ide Desain Taman Belakang yang Bikin Rumah Makin Adem dan Cantik 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Pagi Kusumardani di IDN Times Community dengan judul 5 Tips Esensial Menata Rumah Sederhana dan Minimalis, Berani Coba?

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya