TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Tips Gelar Pernikahan Sederhana Nan Berkesan di Rumah

Menikah di rumah bisa menjadi pilihan terbaik

ilustrasi menikah(pexels.com/sandrocrepulja)

Menggelar pernikahan di rumah dapat menjadi pilihan yang tepat bagi pasangan yang ingin menciptakan momen istimewa dengan suasana intim, sederhana, namun tetap berkesan.

Tidak perlu mengadakan pesta besar dengan berbiaya mahal, kalau ingin menghemat uang. Jika pilihanmu hanya ingin merayakan dan bergembira dengan orang-orang terdekat, berikut adalah lima tips untuk menggelar pernikahan sederhana di rumah dan tetap berkesan.

1. Batasi jumlah tamu dengan bijak

Salah satu kunci sukses menggelar pernikahan sederhana di rumah adalah, membatasi jumlah tamu. Rumah memiliki kapasitas yang terbatas, sehingga perlu memilih tamu undangan dengan hati-hati. Fokus pada keluarga dekat, sahabat, dan orang-orang yang benar-benar penting dalam hidup kalian.

Pernikahan dengan tamu yang lebih sedikit akan menciptakan suasana yang lebih intim dan santai, kamu pun bisa berinteraksi lebih dekat dengan setiap tamu. 

2. Manfaatkan ruangan dengan efisien

Ruang di rumah tentu terbatas dibanding gedung pernikahan, sehingga penting untuk merencanakan penggunaan ruang dengan efisien. Jika rumah memiliki halaman yang luas, manfaatkan area tersebut untuk menggelar upacara atau resepsi pernikahan. Jika tidak, pertimbangkan untuk menggunakan ruang tamu, teras, atau bahkan ruang keluarga untuk acara yang lebih kecil.

Pastikan juga untuk menata penempatan kursi, dan meja dengan bijak, agar tamu tetap nyaman dan tidak merasa sempit. Buatlah alur yang jelas untuk tamu, seperti area resepsi, tempat makan, dan panggung kecil untuk acara.

Baca Juga: Sedang Viral, Cek Link Kuesioner Siap Nikah di Sini

3. Pilih makanan dengan menu sederhana

Untuk pernikahan di rumah, kamu bisa memilih menu makanan yang sederhana namun tetap memuaskan. Tidak perlu menyajikan makanan mewah yang memakan biaya besar. Sebaliknya, pilihlah hidangan dengan jumlah yang cukup untuk semua tamu yang diundang.

Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa katering lokal yang menawarkan menu rumahan dengan harga terjangkau. Jika ingin menambah sentuhan personal, mintalah bantuan keluarga atau teman dekat untuk memasak makanan khas keluarga yang bisa dinikmati bersama.

4. Ciptakan suasana dengan alunan musik

Musik adalah elemen penting yang bisa menciptakan suasana meriah dan menyentuh hati dalam sebuah pernikahan. Untuk pernikahan sederhana di rumah, Kamu tidak perlu menyewa band besar. Sebagai gantinya, buatlah daftar untuk memutar lagu-lagu favorit kalian.

Jika ingin menambahkan kesan spesial, mintalah bantuan seorang teman atau anggota keluarga yang memiliki bakat bermusik untuk menyumbangkan penampilan akustik sederhana.

Menggelar pernikahan sederhana di rumah tidak berarti harus mengorbankan kemeriahan. Dengan perencanaan yang baik dan perhatian terhadap detail, pernikahan tetap menjadi momen hangat, intim, dan berkesan.

Baca Juga: 6 Tempat Menyendiri di Jogja, Suasananya Ampuh Tenangkan Pikiran

Verified Writer

febi wahyudi

Menyukai dunia tulis menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya