Comscore Tracker

10 Kebiasaan Burukmu Ternyata ada di Genmu, Apa Saja? 

Kamu bisa ubah kebiasaan burukmu jadi positif lho 

Tahukah kamu kebiasaan yang kamu lakukan bisa jadi diturunkan dari keluargamu? Namun sayangnya tidak hanya kebiasaan positif saja yang diturunkan secara genetik, Tapi kebiasaan yang berakibat negatif bisa jadi sudah ada di dalam genmu. Artinya beberapa kebiasaan buruk yang kamu lakukan saat ini juga merupakan hal yang diturunkan dari keluargamu. Apa saja itu?   

 

Baca Juga: Saat Jatuh Cinta Pemilik 5 Zodiak Ini Rela Merubah Kepribadian  

1. Kemalasan

10 Kebiasaan Burukmu Ternyata ada di Genmu, Apa Saja? pulse.kenzai.com

Peneliti pernah menemukan adanya gen kemalasan pada tikus. Dengan mengembangbiakkan dua grup tikus, yang satu aktif dan satunya tidak, diketahui generasi-generasi selanjutnya mengikuti jejak orang tuanya, yaitu aktif atau tidak.

2. Mengatasi stres

10 Kebiasaan Burukmu Ternyata ada di Genmu, Apa Saja? selfworthacademy.com

Stres berimbas kepada bagian otak bernama hippocampus. Ia bisa mengecil atau membesar. Ukurannya berbeda-berbeda bergantung pada genetikamu. Semakin banyak gen risiko yang kamu dapatkan, maka semakin banyak pula pengecilan volume otak akibat stres dan ini menyebabkan seseorang susah menangani stres.

3. Keinginan bertualang

10 Kebiasaan Burukmu Ternyata ada di Genmu, Apa Saja? helpgoabroad.com

Ada orang yang suka berkeliling, ada yang tidak dan ternyata ini dipengaruhi oleh gen bernama DRD4-7R atau gen pengembara. Mereka yang memiliki gen ini punya tingkat kelelahan yang rendah dan rasa penasaran yang tinggi.

4. Kemampuan mengemudi

10 Kebiasaan Burukmu Ternyata ada di Genmu, Apa Saja? deatschwerks.com

Peneliti telah menemukan adanya beberapa gen yang mempengaruhi seseorang buruk dalam mengemudi. Gen itu bernama BDNF dan fungsinya adalah menjaga memori. Mereka yang memiliki sedikit gen ini susah mengingat pembelajaran dan pelatihan mengemudi.

5. Ketahanan terhadap kecanduan

10 Kebiasaan Burukmu Ternyata ada di Genmu, Apa Saja? medicalnewstoday.com

Genetika berpengaruh dalam ketahanan seseorang menahan suatu candu hingga 50 persen. Dokter akan bisa lebih baik dalam menyembuhkan para pecandu jika melihat terlebih dahulu genetika mereka.

Baca Juga: 7 Cara Move-On Ini Ampuh, Layak Coba Karena Sudah Teruji Secara Ilmiah

6. Kekerasan

10 Kebiasaan Burukmu Ternyata ada di Genmu, Apa Saja? thesouthafrican.com

Peneliti di Finlandia pernah melakukan penelitian kepada 900 kriminal. Dari studi itu, ditemukan dua gen yang terasosiasi dengan kekerasan pada seseorang. Mereka yang memiliki gen ini cenderung 13 kali lipat melakukan kekerasan.

7. Kebiasaan makan

10 Kebiasaan Burukmu Ternyata ada di Genmu, Apa Saja? pinoyformosa.com

Peneliti di University of Toronto menemukan pengaturan nutrisi berdasarkan genetika seseorang lebih efektif dalam meningkatkan pola makan. Saat subjek penelitian diarahkan dietnya berdasarkan genetika mereka, ada peningkatan yang didapat.

8. Selera musik

10 Kebiasaan Burukmu Ternyata ada di Genmu, Apa Saja? christofmusic.com

Mereka yang berumur di bawah 50 tahun, genetika mereka akan mempengaruhi 55 persen selera musik mereka. Namun itu semua akan berubah ketika makin berumur. Di atas umur 50 tahun, genetika malah hanya punya pengaruh 40 persen saja.

9. Memilih pasangan

10 Kebiasaan Burukmu Ternyata ada di Genmu, Apa Saja? dating.lovetoknow.com

Peneliti menemukan ada fenomena bernama histocompatibility complexes (MHCs) yang berpengaruh menentukan kepada siapakah kamu jatuh cinta. MHC sendiri datang dari genmu dan sedikit banyak berhubungan dengan evolusi.

10. Fobia

10 Kebiasaan Burukmu Ternyata ada di Genmu, Apa Saja? themorningbulletin.com.au

Kita sering berpikiran fobia datang dari ketakutan yang kita alami. Kenyataannya fobia juga disumbang oleh genetika yang kita miliki dan diturunkan dari generasi ke generasi. Para peneliti berpikiran fobia berhubungan dengan cara manusia bertahan hidup di alam.

Apakah kamu merasa ada bakat yang diturunkan oleh orang tuamu? Bakat apakah itu? Yang pasti setiap bakat yang diturunkan dapat menjadi sesuatu yang positif. Jangan langsung menyerah ya. 

Baca Juga: Kamu Benci Pekerjaanmu? Secara Ilmiah Ini 7 Efeknya terhadap Tubuhmu

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya