Comscore Tracker

Pengin Baca Buku Sastra, 7 Buku Ini Bisa jadi Rekomendasi Buatmu

Jangan takut jadi ketagihan karena buku 

Buat kamu yang pengin baca buku sastra tapi bingung cari judulnya, di bawah ini ada 7 buah judul buku yang menarik untuk pemula. 

Dimulai dari buku dari "Sebuah Pertanyaan untuk Cinta" karya Seno Gumira Ajidharma, kamu akan mendapatkan kisah percintaan yang dikemas dengan bahasa yang sangat menarik. 

Atau ingin membaca buku favoritnya Rangga dalam film 'Ada Apa dengan Cinta'?. Dijamin setelah itu kamu akan ketagihan membaca. 

Baca Juga: 10 Kutipan Mengena di Hati dari Pramoedya Ananta Toer di Bumi Manusia

1. Bumi Manusia - Pramoedya Ananta Toer

Pengin Baca Buku Sastra, 7 Buku Ini Bisa jadi Rekomendasi Buatmugoodreads.com

Nah, untuk buku yang pertama ini, dijamin setelah membacanya bisa jadi kamu betul-betul jatuh cinta pada sastra terutama kesusastraan Indonesia. Bumi Manusia adalah buku pertama dari Tetralogi Buru karya Pramoedya Ananta Toer. Ia menulisnya saat menjalani pengasingan di Pulau Buru. 

Lewat ‘Bumi Manusia’ kamu bisa melihat situasi serta kondisi masyarakat Indonesia saat berada di bawah jajahan Kolonial Belanda. Pram--begitu panggilan Pramoedya, juga mengajarkan betapa keadilan harus diperjuangkan apa pun resikonya. Asiknya, pelajaran sejarah itu dikemas dalam cerita romantis antara Minke dan Annelies. 

2. Sebuah Pertanyaan Untuk Cinta - Seno Gumira Ajidarma

Pengin Baca Buku Sastra, 7 Buku Ini Bisa jadi Rekomendasi Buatmuprelo.co.id

Meskipun tema karya sastra milik Seno Gumira Ajidarma termasuk universal, yaitu cinta, namun, kumpulan cerpen berprosa indah berjudul ‘Sebuah Pertanyaan untuk Cinta’ milik Seno Gumira Ajidarma akan membawamu ke sisi hitam dari cinta. Ia mengajarkan psikologi cinta yang tidak melulu suka. Ada pula duka, pengkhianatan, keserakahan, hingga cinta yang terpendam.

3. Maukah Kau Menghapus Bekas Bibirnya di Bibirku dengan Bibirmu? - Hamsad Rangkuti

Pengin Baca Buku Sastra, 7 Buku Ini Bisa jadi Rekomendasi Buatmuwarningmagz.com

Kenapa buku ini penting banget kamu baca? Buku ini adalah kumpulan cerpen yang menggambarkan manusia kecil dan kesederhanaan mereka. Hamsad Rangkuti mencoba menggambarkan kehidupan kaum papa lewat cerita-ceritanya yang lucu namun sebenarnya adalah sebuah tragedi.

4. Aku - Sjuman Djaya

Pengin Baca Buku Sastra, 7 Buku Ini Bisa jadi Rekomendasi Buatmugoodreads.com

Buat kamu yang ngefans banget sama Nicholas Saputra dan udah pernah nonton Ada Apa Dengan Cinta, pasti ngeh kalo Rangga pernah baca buku ini di film. Bisa dibilang, 80 persen film AADC memuat tentang buku yang dikarang oleh Sjuman Djaya tersebut hingga buku tersebut laris manis di pasaran. 

Dengan kisah pilu, kebahagiaan, hingga kesedihan, buku ini mengisahkan kembali kehidupan sosok nyata penyair legendaris Indonesia, Chairil Anwar.

Baca Juga: Novelis NH Dini Berpulang, Ini 10 Karya Terbaiknya yang Wajib Dibaca

5. Rectoverso - Dee Lestari

Pengin Baca Buku Sastra, 7 Buku Ini Bisa jadi Rekomendasi Buatmuaksiku.com

Dalam karya ke 5 Dee Lestari, ia menghadirkan 11 cerita-cerita pendek dengan gaya bahasa yang puitis namun tetap mudah untuk dipahami. Buku ini layak masuk ke daftar koleksi buku yang harus kamu baca. Ceritanya yang ringan namun dalam bakal membekas di ingatan.

6. Hujan Bulan Juni - Sapardi Djoko Damono

Pengin Baca Buku Sastra, 7 Buku Ini Bisa jadi Rekomendasi Buatmumovimagz.com

Ya, mungkin beberapa dari kamu udah ada yang pernah nonton film yang dibintangi Adipati Dolken dan Velove Vexia pada tahun 2017. Ternyata, kumpulan puisi karya Sapardi Djoko Damono yang bertajuk Hujan Bulan Juni yang diterbitkan pada tahun 1994 sudah lebih dulu melejit lho. Ia menjadikan kumpulan-kumpulan puisinya tersebut dalam bentuk novel.

Novel ini menceritakan kisah cinta antara Sarwono dan Pingkan dalam perbedaan budaya, suku, dan agama. Kisah klasik yang dikemas secara modern, alur yang mudah untuk diikuti, kata-kata sederhana namun dengan makna yang cukup dalam, serta cerita romantis yang tetap realistis

7. Pulang - Leila S. Chudori

Pengin Baca Buku Sastra, 7 Buku Ini Bisa jadi Rekomendasi Buatmugoodreads.com

Jika kamu lebih tertarik dengan era revolusi dan sejarah Indonesia, novel sastra karya Leila S. Chudori yang berjudul Pulang adalah novel yang tepat untuk kamu baca.

Berlatar kisah revolusi Indonesia di tahun 1965 bakal bikin kamu mengerti sesungguhnya apa arti kemerdekaan yang nyata. Serunya pergolakan rezim bakalan bikin kamu punya pemikiran baru tentang sejarah bangsa ini.

Beberapa judul buku sastra di atas adalah buku-buku yang cocok untuk kamu baca. Gak perlu jauh-jauh ke toko buku, kamu bisa beli secara online. Atau, kamu yang gak mau beli juga bisa pinjam banyak e-book dari perpustakaan nasional secara online.

Banyak deh cara untuk mengakses buku-buku bacaan. Jadi tunggu apa lagi, selamt membaca ya!

Baca Juga: 6 Buku Karya Eka Kurniawan Ini Akan Memberimu Banyak Pelajaran Hidup

Topic:

  • Febriana Sintasari

Just For You