Comscore Tracker

10 Tips Menghindarkan Diri dari Bahaya Klithih di Malam Hari

Lindungi diri dari bahaya klitih sekarang juga

Klitih belakangan ini kembali marak terjadi di Yogyakarta, tentu saja hak ini meresahkan banyak pihak. Tidak saja pengguna jalan yang sewaktu-waktu dapat menjadi korban, namun orang tua juga merasa khawatir anaknya ikut-ikutan menjadi pelaku. 

Sebenarnya apakah klithih itu? Klitih awalnya merupakan sebutan untuk kegiatan jalan-jalan beramai-ramai ke Pasar Klitikan untuk mencari barang bekas, namun akhirnya bergeser menjadi kegiatan ke arah kriminal untuk melukai seseorang atau merusak sesuatu. Pelaku klitih tak segan-segan menggunakan senjata tajam untuk merusak dan melukai korbannya. Siapa pun bisa menjadi korban, sehingga membuat masyarakat was-was.

Pemerintah dan Kepolisian DI Yogyakarta tentu sudah berusaha menanggulangi hal ini, namun kita juga harus waspada agar tidak menjadi korban. Berikut 10 tips agar terhindar dari klitih.

Baca Juga: Jogja Darurat “Klitih”, Banyak Geng Sekolah yang Berani Pakai Senjata Tajam

1. Bagi pelajar jaga agar atribut sekolah tidak terlihat dari luar

10 Tips Menghindarkan Diri dari Bahaya Klithih di Malam HariUnsplash/Markus Lompa

Tak jarang klitih terjadi di kalangan pelajar. Untuk menjaga diri agar tidak terlibat kasus klitih, kamu harus menjaga atribut sekolah tidak mudah terlihat dari luar terutama saat di luar jam sekolah. Kamu bisa berganti pakaian agar tidak terlihat seperti anak sekolahan yang baru pulang sekolah, atau jika terlalu repot gunakan jaket.

Selain itu hindari menempelkan stiker di kendaraan atau helm yang berhubungan dengan sekolah karena ini juga bisa menjadi incaran para pelaku klitih.

2. Jangan pernah ikut geng

10 Tips Menghindarkan Diri dari Bahaya Klithih di Malam HariUnsplash/Tim Marshall

Bagi kamu yang masih sekolah, sebaiknya hindari ikut-ikutan geng di sekolah. Tidak apa-apa kamu dianggap cupu dan kurang bergaul yang penting kamu terhindar dari aktivitas klitih yang merugikan banyak orang. Bilang saja kepada teman atau kakak tingkat yang mengajakmu bahwa kamu tidak bisa ikut-ikutan geng di sekolah karena akan dihukum oleh orang tuamu.

Jangan takut jika dijauhi oleh teman atau kakak tingkat karena tidak mau ikut geng klitih, karena percuma saja jika orang-orang di dekatmu justru membawa dirimu untuk masuk ke hal-hal negatif.

3. Menyibukkan diri dengan kegiatan ekstrakulikuler atau les

10 Tips Menghindarkan Diri dari Bahaya Klithih di Malam HariUnsplash/Nik Shuliahin

Agar kamu terhindar dari kegiatan klitih sekaligus bisa menjadi alasan saat ada teman yang mengajakmu untuk ikutan geng klitih, sebaiknya sibukkan dirimu dengan mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah atau bahkan les tambahan di luar jam sekolah.

Jika kamu sibuk dengan hal-hal yang positif, kamu gak akan sempat untuk penasaran dan ikut-ikutan kegiatan klitih.

4. Hindari lewat di kawasan rawan klitih pada malam hari

10 Tips Menghindarkan Diri dari Bahaya Klithih di Malam HariUnsplash/Robson Hatsukami Morgan

Klitih saat ini dapat menyerang siapa saja. Perbuatan kriminal ini biasanya terjadi pada malam hari hingga menjelang subuh. Sebaiknya hindari bepergian sendirian di jam-jam tersebut apalagi naik sepeda motor sendiri.

5. Hati-hati saat berinteraksi dengan orang yang tidak dikenal

10 Tips Menghindarkan Diri dari Bahaya Klithih di Malam HariUnsplash/Yuvraj Singh

Jika kamu sedang bepergian di tempat yang belum kamu kenal, sedapat mungkin waspada dengan orang yang baru kamu kenal.

Jika ada orang yang mencurigakan bertanya kepadamu, jawab senetral mungkin. Misalnya jika ditanya kamu anak mana? Jawab saja di mana kamu tinggal tanpa menyebutkan nama kampus, sekolahan, atau instansi apa pun. Jawab dengan tetap tenang agar tidak terlihat ketakutan namun tetap sopan dan mulai menjauhi orang tersebut dengan hati-hati.

6. Naik kendaraan umum agar lebih aman

10 Tips Menghindarkan Diri dari Bahaya Klithih di Malam HariPexels/mentatdgt

Jika kamu merasa takut pergi sendirian, manfaatkan kendaraan umum untuk bepergian. Gunakan kendaraan umum seperti Trans Jogja jika belum terlalu malam. Namun jika sudah malam, manfaatkan taksi online agar kamu lebih aman bepergian ke luar rumah.

7. Hindari pakaian yang mencolok

10 Tips Menghindarkan Diri dari Bahaya Klithih di Malam HariPixabay/mirceaianc

Biasanya pelaku klitih menyerang korbannya hanya karena iseng saja. Sehingga saat pergi ke luar rumah, hindari menggunakan pakaian yang mencolok atau mudah diperhatikan orang sehingga memunculkan niat untuk melakukan klitih kepadamu. 

Baca Juga: Sosiolog: Klitih Jadi Tameng Pelaku Tindak Kriminal

8. Bekali diri dengan kemampuan dasar ilmu bela diri

10 Tips Menghindarkan Diri dari Bahaya Klithih di Malam HariPexels/Gleb Krasnoborov

Agar lebih aman, pelajari kemampuan bela diri dasar seperti pencak silat, taekwondo, muay thai tujuannya adalah untuk mengantisipasi orang yang akan menyerangmu.

Dengan menguasai ilmu dasar bela diri, kamu tentunya akan lebih percaya diri saat bepergian sendiri, namun tetap harus waspada ya.

9. Bagi pemilik toko atau warung, pasang CCTV atau memperkerjakan petugas keamanan

10 Tips Menghindarkan Diri dari Bahaya Klithih di Malam HariUnsplash/Parker Coffman

Tak jarang pelaku klitih juga melakukan perusakan di warung maupun toko, sehingga mempekerjakan satpam adalah pilihan lebih baik. Selain itu pemasangan CCTV juga membantu setidaknya untuk menangkap pelaku klitih yang tertangkap kamera pengawas.

10. Bagi orangtua, beri perhatian yang cukup kepada anak agar tidak mudah terlibat klitih

10 Tips Menghindarkan Diri dari Bahaya Klithih di Malam HariPexels/Kaysha

Orang tua yang memiliki anak dewasa pun bisa merasa khawatir akibat maraknya klitih di Yogyakarta ini. Komunikasi dan perhatiann dengan anak merupakan salah satu cara untuk anak menjadi pelaku. Bisa jadi perilaku klitih pada anak bisa datang dari kurangnya perhatian orang tua sehingga anak mencari pelampiasan untuk memuaskan diri dengan kegiatan klitih.

Itulah 10 tips bagi kamu agar terhindar dari klitih. Selalu waspada dan jangan lupa berdoa agar kita dan keluarga selalu dilindungi ya.

Baca Juga: Warung Penyetan di Condongcatur Sleman Diserang Orang Tak Dikenal

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya