Comscore Tracker

11 Kosakata Bahasa Tagalog Ini Punya Kesamaan dengan Bahasa Indonesia

Ejaan, lafal, dan artinya sama persis

Sebagai tetangga serumpun, Filipina punya banyak kesamaan dengan Indonesia. Salah satunya adalah bahasa. Sejumlah kosakata dalam bahasa Tagalog (Filipino) ternyata mirip banget dengan bahasa Indonesia. Ini karena keduanya berasal dari rumpun bahasa yang sama, yaitu Austronesia.

Tagalog awalnya merupakan dialek mayoritas, khususnya di wilayah Luzon selatan. Pada perkembangannya, bahasa Tagalog mengalami pembaharuan yang disebut dengan bahasa Filipino, yang turut menggunakan kata serapan yang berasa dari bahasa Inggris dan Spanyol.

Nah, berikut sejumlah kosakata dalam bahasa Filipino yang punya kesamaan dengan kata dalam bahasa Indonesia!

1. Anak

11 Kosakata Bahasa Tagalog Ini Punya Kesamaan dengan Bahasa Indonesiawindowseat.ph

Arti kata "anak" dalam bahasa Filipino memiliki makna yang sama persis dengan kata anak dalam bahasa Indonesia berdasarkan KBBI, yakni keturunan atau manusia yang masih kecil.

"Anak" dalam bahasa Filipino berbentuk tunggal. Jika jamak atau banyak anak, maka tinggal ditambah kata "mga", sehingga menjadi "mga anak".

Inggris: Child; Filipino: Anak; Bahasa Indonesia: Anak

2. Langit

11 Kosakata Bahasa Tagalog Ini Punya Kesamaan dengan Bahasa Indonesiavanessazhangphotography.wordpress.com

Arti kata "langit" dalam bahasa Filipino juga sama persis dengan bahasa Indonesia berdasarkan KBBI, yaitu ruang luas yang terbentang di atas bumi, tempat beradanya bulan, bintang, matahari, dan planet yang lain. Namun, makna kata "langit" dalam bahasa Filipino juga dapat berarti surga. Hanya saja makna dan penggunaannya bergantung pada konteks kalimat.

Inggris: Sky, heaven, paradise; Filipino: Langit; Bahasa Indonesia: Langit, surga

3. Sakit

11 Kosakata Bahasa Tagalog Ini Punya Kesamaan dengan Bahasa Indonesiahereyoursweetgirl.com

Persamaan selanjutnya yaitu kata "sakit". Namun terdapat sedikit perbedaan makna, karena arti kata "sakit" menurut kamus bahasa Filipino merupakan bentuk kata benda. Jika dalam bahasa Indonesia artinya adalah penyakit atau rasa sakit.

Untuk lebih mudahnya simak penjelasan di bawah ini.

Inggris: Sickness, illness, pain; Filipino: Sakit; Bahasa Indonesia: Penyakit, rasa sakit

Baca Juga: 10 Bahasa Jawa Ini Masuk di KBBI, dari Tresna hingga Ambyar!

4. Mangkok

11 Kosakata Bahasa Tagalog Ini Punya Kesamaan dengan Bahasa Indonesiaitjeher.com

Kata selanjutnya adalah "mangkok" yang dalam bahasa Filipino juga bermakna sama persis dengan bahasa Indonesia berdasarkan KBBI, yakni tempat untuk makanan yang berkuah, tidak bertelinga, cekung, bundar, bagian permukaannya lebih luas daripada bagian alasnya, terbuat dari porselen atau bahan lain.

Namun sebenarnya dalam bahasa Indonesia, mangkok adalah bentuk tidak baku dari mangkuk. Jadi, kalau menulis berita atau artikel dalam bahasa Indonesia, yuk biasakan mengatakan atau melafalkan mangkok daripada mangkuk.

Inggris: Bowl; Filipino: Mangkok; Bahasa Indonesia: Mangkuk, mangkok

5. Kami

11 Kosakata Bahasa Tagalog Ini Punya Kesamaan dengan Bahasa Indonesiapbvsi.or.id

Kata "kami" dalam bahasa Filipino memiliki makna yang sama dengan bahasa Indonesia. Bahkan pelafalannya juga sama persis.

Inggris: We, us, our; Filipino: Kami; Bahasa Indonesia: Kami, kita

6. Mata

11 Kosakata Bahasa Tagalog Ini Punya Kesamaan dengan Bahasa Indonesiamodernfilipina.ph

Berikutnya terdapat kata "mata" yang dalam bahasa Indonesia berarti indra untuk melihat. Arti kata "mata" dalam bahasa Filipino pun juga demikian. Untuk pelafalannya pun juga sama dengan cara kita menyebut kata mata.

Inggris: Eye; Filipino: Mata; Bahasa Indonesia: Mata

7. Kambing

11 Kosakata Bahasa Tagalog Ini Punya Kesamaan dengan Bahasa Indonesiainterestingengineering.com

Hewan mamalia yang satu ini di Filipina juga disebut "kambing". Sama persis seperti orang Indonesia menyebut salah satu hewan kurban tersebut. Tapi, apakah orang Filipina manggil kambing dengan "mbeeek" juga? Gak tau deh, hehe.

Inggris: Goat; Filipino: Kambing; Bahasa Indonesia: Kambing

8. Lima

11 Kosakata Bahasa Tagalog Ini Punya Kesamaan dengan Bahasa Indonesiageosiar.com

"Lima" juga digunakan dalam bahasa Filipino, yang artinya salah satu nama bilangan. Sama seperti dalam bahasa Indonesia, "lima" terletak setelah empat dan sebelum enam. Fyi, penyebutan angka dalam bahasa Filipino ada yang beberapa mirip dengan nama angka dalam bahasa Jawa lho.

Inggris: Five; Filipino: Lima; Bahasa Indonesia: Lima

Baca Juga: 10 Kosakata Gaul dalam Bahasa Inggris yang Maknanya Layak Kamu Tahu

9. Buaya

11 Kosakata Bahasa Tagalog Ini Punya Kesamaan dengan Bahasa Indonesiayoutube.com/user/lescopaque

Selain kambing, ternyata buaya juga digunakan dalam bahasa Filipino. Namun sebenarnya, "buaya" bukanlah kata formal di dalam bahasa Filipino. Kata "buaya" merupakan salah satu dialek yang terdapat di Filipina.

Jika membuka kamus bahasa Tagalog (Filipino), penulisan yang ada ialah "buwaya". Tapi tak perlu bingung, karena baik "buaya" ataupun "buwaya" pelafalan dan maknanya tetap sama dan tentunya juga sama persis dengan bahasa Indonesia.

Inggris: Crocodile; Filipino: Buwaya, buaya; Bahasa Indonesia: Buaya

10. Mahal

11 Kosakata Bahasa Tagalog Ini Punya Kesamaan dengan Bahasa Indonesiapinterest.com/us_nilep

Selanjutnya terdapat kata "mahal" yang mempunyai kesamaan arti dan pelafalan baik dalam bahasa Filipino maupun bahasa Indonesia, yaitu tinggi harganya. Namun dalam bahasa Filipino, "mahal" juga memiliki makna lain, yakni cinta.

Makanya, merasa tidak asing kan dengan kata mahal kita? Betul! Itu adalah cara mengungkapkan perasaan cinta dalam bahasa Filipino.

Inggris: Expensive; Filipino: Mahal; Bahasa Indonesia: Mahal

11. Bola

11 Kosakata Bahasa Tagalog Ini Punya Kesamaan dengan Bahasa Indonesiafiba.basketball

Last but not least, ada kata "bola" yang bermakna sama baik dalam bahasa Filipino maupun bahasa Indonesia. Akan tetapi, kata "bola" tidak hanya digunakan dalam bahasa Filipino dan Indonesia saja, juga terdapat pada bahasa Portugis. Wah, gampang nih kalau mau ngajak Cristiano Ronaldo main bola.

Inggris: Ball; Filipino: Bola; Bahasa Indonesia: Bola

Itulah sederet kosakata bahasa Tagalog yang punya kesamaan dengan bahasa Indonesia. Tahu kata yang lainnya? Bagikan di kolom komentar, yuk!

Baca Juga: 9 Panggilan Sayang dalam Berbagai Bahasa, Kamu Pilih yang Mana?

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Ulli Amrina di IDN Times Community dengan judul 11 Kata Bahasa Tagalog yang Sama Persis dengan Bahasa Indonesia

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya