Comscore Tracker

Buruan Daftar, Pendaftaran Program Beasiswa Ini Tutup Januari 2021

Progam beasiswa ditujukan untuk SMP hingga S1

Sejumlah institusi pendidikan menawarkan beasiswa memasuki tahun 2021. Beasiswa yang dtawarkan mulai dari jenjang SMP, SMA, hingga bangku perkuliahan, seperti D3 dan ilmu keguruan.

Bagi yang ingin meraih cita-cita untuk melanjutkan pendidikan, berikut ini daftar lima beasiswa yang bisa diikuti. Namun ingat batas waktu pendaftaran hanya sampai bulan Januari 2021 saja. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Beasiswa Full SMP Cendekia BAZNAS

Buruan Daftar, Pendaftaran Program Beasiswa Ini Tutup Januari 2021cendekiabaznas.sch.id

Sekolah Cendekia BAZNAS (SCB) putra-putri menawarkan program beasiswa penuh tingkat SMP Sekolah Cendekia BAZNAS (SCB) Tahun Pelajaran 2021/2022. Program beasiswa ini sudah dibuka sejak 10 November 2020 dan ditutup 10 Januari 2021.

Bagi yang berminat, persyaratan umum untuk mendaftar beasiswa ini, yakni harus beragama Islam, berasal dari keluarga tidak mampu, lulus SD atau sederajat, berusia maksimal 13 tahun pada Juli 2021, sehat, dan tidak memiliki anggota keluarga yang sedang atau pernah mendapatkan beasiswa di Sekolah Cendekia BAZNAS.

Tak hanya itu, pendaftar juga harus memiliki rata-rata nilai rapor kelas IV-V minimal 7.5 pada mata pelajaran Bahasa lndonesia, IPA, dan Matematika. Jika kamu tertarik silakan mengisi formulir pendaftaran secara online melalui bit.ly/PPDBSCB atau mengunjungi website resminya di https://www.cendekiabaznas.sch.id/sekolah-cendekia-baznas-buka-penerimaan-peserta-didik-baru-smp/ untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

2. Beasiswa SMART Ekselensia Indonesia 2021

Buruan Daftar, Pendaftaran Program Beasiswa Ini Tutup Januari 2021smartekselensia.net

Lembaga pendidikan lainnya yang menyediakan program beasiswa adalah SMART Ekselensia Indonesia. Sekolah Leadership Boarding School untuk tingkat SMP/ SMA yang didanai oleh lembaga zakat Dompet Dhuafa ini menyediakan seleksi beasiswa bagi pelajar yang ingin melanjutkan studi di jenjang SMP maupun SMA. Berikut ini beberapa kualifikasi yang dibutuhkan:

Di jenjang SMP, pendaftar harus lulus atau akan lulus SD atau sederajat dengan usia maksimal 14 tahun pada 31 Juli 2021 dan memiliki rata-rata nilai rapor kelas IV-V minimal 7,0. Sedangkan, untuk jenjang SMA pendaftar harus lulus atau akan lulus SMP/sederajat dengan usia maksimal 17 tahun pada 31 Juli 2021 dan memiliki rata-rata rapor kelas VII-VIII minimal 7,5.

Selain itu, ada pula persyaratan umum seperti berasal dari keluarga kurang mampu, beragama Islam, berbadan sehat, serta tidak merokok. Sayang, beasiswa ini hanya tersedia bagi laki-laki saja. 

Pendaftaran beasiswa SMART Ekselensia Indonesia juga akan segera ditutup pada 25 Januari 2021. Jadi, bagi kamu yang tertarik mengikuti beasiswa ini bisa langsung mendaftar pada laman resminya di https://www.smartekselensia.net/seleksi-nasional-beasiswa-smart-ekselensia-indonesia-telah-dibuka/.

3. Beasiswa Anak Teladan Indonesia

Buruan Daftar, Pendaftaran Program Beasiswa Ini Tutup Januari 2021instagram.com/yasbil.id

Yayasan Solidaritas Bina Insan Kamil (Yasbil) menyediakan program Beasiswa Anak Teladan Indonesia (BATI) 2021. Program ini menyasar bantuan pendidikan bagi alumni SMP/MTs untuk melanjutkan studinya di SMA Negeri maupun Swasta yang telah ditentukan oleh Yasbil.

Persyaratan untuk mendaftar beasiswa ini, yakni kamu harus memiliki rata-rata nilai rapor 8,0 dan aktif dalam organisasi intra sekolah dan ekstra kurikuler. Selain itu, beasiswa ini juga lebih diutamakan untuk pelajar yang berasal dari keluarga kurang mampu dan memiliki hafalan Al-Qur'an.

Bagi pendaftar yang lolos keseluruhan tahap seleksi berhak menerima benefit berupa biaya pendidikan, tempat tinggal, full-day meal, dan pembinaan karakter. Hanya saja, periode pendaftaran hanya dibuka sampai 31 Januari 2021.

Tertarik dengan program ini. Untuk lebih jelasnya bisa lihat infonya di https://www.instagram.com/p/CJUVHfoMCru/.

Baca Juga: 8 Istilah Menarik yang Sering Ditemui dalam Info Beasiswa 

4. Beasiswa Keguruan Yasbil

Buruan Daftar, Pendaftaran Program Beasiswa Ini Tutup Januari 2021instagram.com/yasbil.id

Yayasan Solidaritas Bina Insan Kamil (Yasbil) juga memiliki program Beasiswa Keguruan Yasbil 2021 (BKY) yang ditujukan untuk mencetak calon guru-guru yang berkualitas. Persyaratan untuk mendaftar beasiswa ini, kamu harus selalu peringkat 10 besar dengan rata-rata nilai rapor minimal 80.

Tidak hanya itu, beasiswa ini juga hanya tersedia bagi laki-laki yang beragama Islam dan sudah lulus SMA atau sederajat dengan tahun lulus 2021. Nantinya, pendaftar yang lolos dapat menempuh studi di beberapa universitas pilihan, yakni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Indonesia Depok, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Saat menjalani masa perkuliahan, mahasiswa penerima beasiswa Keguruan Yasbil akan mendapatkan beberapa program pengembangan diri di antaranya: pembangunan karakter, pelatihan bahasa Inggris, Seminar motivasi, workshop kepengajaran dan Seminar Karier untuk menunjang penerima beasiswa supaya bisa langsung mengaplikasikan dan mengamalkan ilmu yang didapatkan pasca lulus dari Perguruan Tinggi.

Bagi pendaftar yang lolos keseluruhan tahap seleksi juga akan mendapat keuntungan, seperti subsidi tempat tinggal dan uang saku. Namun, periode pendaftaran Beasiswa Keguruan Yasbil 2021 akan segera tutup pada 31 Januari 2021.

Nah untuk informasi lebih jelasnya silakan kunjungi https://www.instagram.com/p/CJUU_IkMfg3/

5. Beasiswa Astra

Buruan Daftar, Pendaftaran Program Beasiswa Ini Tutup Januari 2021pmb.polman.astra.ac.id

Informasi terakhir program beasiswa datang dari Politeknik Manufaktur Astra atau yang lebih dikenal Polman Astra. Saat ini tengah membuka kesempatan bagi pelajar yang ingin berkuliah secara gratis dengan jurusan Mesin Otomotif, Mekatronika, Manajemen Informatika, dan masih banyak lagi. Syaratnya, kamu harus berstatus WNI dan lulus SMA/SMK pada tahun 2021.

Syarat lainnya pendaftar juga harus memiliki rata-rata nilai rapor semester I - IV minimal 75 untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, dan Bahasa Inggris. Beasiswa ini terbagi menjadi dua program, yaitu Program Beasiswa Prestasi dan Program Beasiswa Peduli dengan benefit yang sama, yakni bebas biaya kuliah selama 3 tahun dan uang saku setiap bulannya.

Namun, beasiswa ini akan segera tutup pada 15 Januari 2021. Jadi, bagi kamu yang tertarik dengan beasiswa ini silakan langsung daftar secara online melalui laman resminya di https://pmb.polman.astra.ac.id/PMB/home.aspx?page=60177f6c12f4e000a56c36f41b1c0539. Pada laman yang sama, kamu juga bisa menemukan informasi lebih jelas mengenai beasiswa tersebut.

Nah itu tadi lima program beasiswa dengan batas waktu pendaftaran hanya sampai bulan Januari 2021 saja. Buruan daftar biar gak melewatkan kesempatan yang ada, ya!

Baca Juga: Jadi Referensi! Ini 5 Cara Ampuh Lolos Beasiswa LPDP ala Tasya Kamila

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya