Comscore Tracker

Pengin Dapat Beasiswa, 5 Kesempatan Ini Harus Kamu Coba! 

#IDNTimesLife Pendaftaran terakhir di bulan Mei ini ya

Kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang lebih salah satunya dapat diraih dengan cara mendapatkan beasiswa. Di bulan Mei ini terdapat banyak kesempatan bagi kamu yang ingin sekolah ke di dalam dan luar negeri.  

DN Times telah merangkum lima beasiswa yang tersedia di bulan Mei 2021 dengan batas waktu pendaftaran di akhir bulan ini. Yuk segera kita simak. 

1. Djarum Beasiswa Plus 2021/2022

Pengin Dapat Beasiswa, 5 Kesempatan Ini Harus Kamu Coba! Instagram Djarum Beasiswa Plus (instagram.com/djarumbeasiswaplus)

Djarum Beasiswa Plus kembali hadir untuk periode 2021/2022. Kesempatan ini terbuka bagi mahasiswa S1/D4 yang sedang menempuh studi minimal semester 4.

Selain itu, ada pula kualifikasi lain yang dibutuhkan untuk melamar program ini, seperti memiliki IPK minimal 3.20, aktif berorganisasi, tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain, dan menempuh studi di mitra perguruan tinggi Program Djarum Beasiswa Plus

Pendaftaran program beasiswa ini dibuka secara online, mulai dari 21 Maret-23 Mei 2021. Untuk informasi lainnya yang lebih lengkap, kamu bisa langsung kunjungi situs resminya di https://register.djarumbeasiswaplus.org/.

2. Beasiswa Monbukagakusho/MEXT

Pengin Dapat Beasiswa, 5 Kesempatan Ini Harus Kamu Coba! Instagram MEXT (Instagram/mextjapan)

Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Monbukagakusho/MEXT) Jepang menawarkan beasiswa bagi lulusan sekolah formal tingkat SMA/SMK dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan jenjang S1 di universitas negeri di Jepang.

Nantinya, penerima beasiswa harus belajar Bahasa Jepang, Matematika, Bahasa Inggris, dan ilmu sosial (bagi yang memilih bidang studi IPS), dan Fisika, Kimia, Biologi (bagi yang memilih bidang studi IPA) di sekolah persiapan selama 1 tahun di Jepang. 

Penerima beasiswa ini nantinya juga akan mendapat fasilitas berupa biaya kuliah, tunjangan hidup sebesar kurang lebih ¥117.000 atau Rp 15,4 juta/bulan, tiket pesawat PP, dan biaya pengurusan visa pelajar.

Akan tetapi, pendaftaran program beasiswa ini hanya dibuka hingga 7 Mei 2021. Untuk informasi lebih lengkap terkait persyaratan mendaftarnya, kamu bisa kunjungi https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_gakubu2022.html.

3. Berkah Beasiswa Ramadan - STT Terpadu Nurul Fikri

Pengin Dapat Beasiswa, 5 Kesempatan Ini Harus Kamu Coba! Instagram STT Terpadu Nurul Fikri (instagram.com/sttterpadunf)

STT Terpadu Nurul Fikri menyediakan program beasiswa dengan nama Berkah Beasiswa Ramadan yang berlangsung mulai dari 12 April-12 Mei 2021.

Adapun syarat yang dibutuhkan untuk mendaftar program ini, pelamar harus lulusan SMA/SMK/Sederajat Tahun 2019, 2020 dan 2021, melampirkan ijazah atau rapor semester 1-5, dan melampirkan pas foto 4x6 terbaru dengan background merah atau biru.

Program beasiswa ini hanya tersedia untuk 200 mahasiswa dengan cakupan biaya kuliah gratis 100 persen hingga lulus, uang saku, uang pulsa internet selama masa kuliah, serta pelatihan IT bersertifikat.

Jika kamu tertarik dengan program beasiswa ini, silakan kunjungi https://www.instagram.com/p/CNmsbnqAABn/ untuk mengetahui informasi yang lebih jelas.

4. Beasiswa Garuda Nusa

Pengin Dapat Beasiswa, 5 Kesempatan Ini Harus Kamu Coba! Beasiswa Garuda Nusa (beasiswa.garudanusa.id)

Yayasan Garuda Nusa Youth Development Center membuka kesempatan beasiswa bagi putra/putri terbaik bangsa yang memiliki potensi untuk berkembang dan menjadi generasi berdaya saing global.

Program beasiswa bernama Garuda Nusa Scholarship ini, diperuntukkan bagi pemuda berusia maksimal 27 tahun dan sedang menempuh berbagai tingkatan studi, mulai dari SMA hingga S1. 

Adapun syarat melamar beasiswa ini, pelamar harus berasal dari keluarga kurang mampu, aktif berorganisasi, berprestasi, mempunyai karya inovasi, atau merupakan seorang hafiz Qur'an. Namun, batas pendaftaran untuk program ini hanya dibuka sampai 20 Mei 2021.

Jadi, bagi kamu yang tertarik dengan program beasiswa Garuda Nusa Scholarship, silakan langsung kunjungi situs resminya di https://beasiswa.garudanusa.id/daftar/.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kita Perlu Mencari Mentor Saat sedang Berburu Beasiswa

5. Australia Awards Scholarship

Pengin Dapat Beasiswa, 5 Kesempatan Ini Harus Kamu Coba! Ilustrasi lulus kuliah (unsplash.com/@honeyyanibal)

Beasiswa Pascasarjana Australia Awards (Australia Awards Scholarship) adalah beasiswa internasional bergengsi yang menawarkan pengalaman pendidikan berkualitas tinggi di universitas kelas dunia di Australia.

Australia Awards memprioritaskan masyarakat Indonesia yang ingin melakukan studi untuk mendukung bidang prioritas Rencana Tanggap Pembangunan COVID-19, yaitu Keamanan Kesehatan, Stabilitas, dan Pemulihan Ekonomi.

Aplikasi pengajuan permohonan Beasiswa Pascasarjana Australia Awards ini dibuka sejak 1 Februari-31 Mei 2021 pukul 21.00 WIB. Untuk info lebih lengkap mengenai tata cara pendaftaran, kunjungi https://www.australiaawardsindonesia.org/news/detail/244000063/make-a-difference-with-an-australia-awards-scholarship.

Jika kamu mau mencobanya, persiapkan syaratnya dengan baik  dan jangan lewatkan kesempatan ini. Semoga berhasil ya. 

Baca Juga: 7 Sikap yang Bisa Bikin Kamu Gagal Lolos Beasiswa, Perlu Dihindari! 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya