TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Kerugian Membeli Buku Bajakan, Tak Menghargai Kerja Keras Penulis!

Jangan dilakukan!

ilustrasi membeli buku (freepik.com/freepik)

Pernahkah kamu membeli buku bajakan? Arti bajakan adalah buku tidak berasal dari penerbit asli, namun dibuat oleh penjual sendiri dengan harga yang lebih murah dibanding buku asli. Tahukah kamu, saat membeli buku bajakan aka membawa banyak kerugian. Simak nih, enam kerugian saat kamu membeli buku bajakan.

1. Mengurangi pendapatan penulis dan penerbit

Membeli buku bajakan berdampak pada pendapatan penulis dan penerbit. Penulis adalah orang yang bersusah payah di setiap karya yang kamu sukai. Bayangkan mereka menghabiskan waktu, tenaga, dan pikiran untuk menciptakan sebuah cerita yang menarik dan bermanfaat. 

Di sisi lain, penerbit yang bertanggung jawab untuk memproduksi, mendistribusikan, dan mempromosikan buku tersebut juga mengalami kerugian. Padahal penerbit memerlukan pendapatan dari penjualan buku untuk mendukung perusahaan, membayar staf, dan berinvestasi. Apakah kamu tega untuk membiarkan kerja keras mereka? 

2. Kualitas buku yang rendah

Selanjutnya, buku bajakan tentu dibuat dengan standar yang jauh lebih rendah dibanding buku aslinya. Yaitu dicetak dengan kertas yang berkualitas buruk, tinta yang mudah pudar, dan hasil gambar yang tidak bagus, hingga susunan halaman yang gak sesuai.

Pastinya, ini mengurangi kenyamanan saat membaca dan bisa bikin pengalaman membacamu tidak menyenangkan. 

Baca Juga: 6 Toko Buku Indie di Jogja, Asyik Jadi Tujuan Wisata Pencinta Buku

3. Dampak hukum dan etika

Selanjutnya, membeli buku bajakan adalah tindakan ilegal yang melanggar hukum hak cipta. Di banyak negara, termasuk Indonesia, hukum hak cipta memberikan perlindungan pada karya-karya intelektual seperti buku, musik, dan film. Maka, dengan membeli buku bajakan, kamu berisiko terlibat dalam tindakan kriminal yang bisa dikenakan sanksi hukum.

4. Merugikan industri buku

Industri buku gak hanya terdiri dari penulis dan penerbit saja, tapi juga mencakup toko buku, distributor, dan berbagai profesi lain yang terlibat dalam produksi dan distribusinya. Nah di saat kamu membeli buku bajakan, maka secara gak langsung kamu juga merugikan semua pihak yang terlibat dalam rantai distribusi buku.

Toko buku, terutama independen, sangat bergantung pada penjualan buku untuk bertahan hidup. Dengan meningkatnya pembelian buku bajakan, maka toko-toko ini akan menghadapi tantangan besar yang bisa menyebabkan penurunan pendapatan, bahkan penutupan usaha. 

5. Mengurangi inovasi dan keberlanjutan karya

Berikutnya, inovasi dalam dunia literasi sangat bergantung pada pendapatan yang diperoleh dari penjualan buku. Adanya buku bajakan, maka pendapatan akan berkurang. Artinya inovasi juga mengalami penurunan.

Rendahnya pendapatan salah satunya mengakibatkan penulis dan penerbit menjadi kurang berani untuk bereksperimen dengan ide-ide baru atau menerbitkan karya yang berbeda dari tren pasar.

Selain itu, keberlanjutan karya-karya berkualitas juga bisa terancam, lho. Penulis mungkin harus berhenti menulis atau beralih ke profesi lain yang lebih menguntungkan jika mereka tidak mendapatkan kompensasi yang adil atas kerja kerasnya. 

Verified Writer

Desy Damayanti

Read what I write and you will find out who I really am, IG: Desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya