Comscore Tracker

Hati-hati Hewan Piaraanmu Bisa Sakit Gegara Tanaman Hias  

6 tanaman hias ini bisa sebabkan muntah hingga tremor 

Jika kamu memelihara binatang anjing atau kucing sekaligus pencinta tanaman hias, maka tips ini harus kamu ketahui. Ternyata beberapa tanaman hias berbahaya bagi hewan piaraanmu.

Sebanyak enam tanaman hias ini berbahaya bagi anjing dan kucing, karena dapat menyebabkan diare, muntah hingga yang lebih serius, yaitu tremor. 

 

1. Monstera

Hati-hati Hewan Piaraanmu Bisa Sakit Gegara Tanaman Hias  Monstera. (IDN Times/ Berbagai sumber)

Siapa yang tidak tahu tanaman kekinian ini? Meskipun sedang tren dijadikan tanaman penghias rumah yang estetik, monstera juga beracun bagi kucing dan anjing bahkan manusia.

Masalah yang terjadi bila bersentuhan dengan tanaman ini adalah iritasi oral seperti pembengkakan mulut, keluar air liur berlebih, muntah, dan kesulitan menelan.

2. Sago Palm atau penawar jambe

Hati-hati Hewan Piaraanmu Bisa Sakit Gegara Tanaman Hias  thegardeningcook.com

Menaruh tanaman palem di sudut ruangan, memang bisa memberikan kesan fresh. Tapi, jangan asal pilih jenisnya! Satu yang harus dihindari adalah sago palm atau di Indonesia dikenal dengan nama tanaman Penawar Jambe.

Meski bisa membuat ruangan atau taman terlihat estetik, sago palm beracun bagi kucing dan anjing. Bila daunnya tertelan, bisa menyebabkan masalah pencernaan, kerusakan hati, hingga kematian.

3. Aloe vera

Hati-hati Hewan Piaraanmu Bisa Sakit Gegara Tanaman Hias  pexels/Cintia Siqueira

Tanaman ini bukan hanya bisa mempercantik, tapi juga punya banyak manfaat bagi manusia, salah satunya meminimalkan racun dari karbondioksida. Tapi kalau kamu memelihara anjing, sebaiknya hindari menanam aloe vera. Pasalnya, aloe vera bisa sebabkan diare, muntah, tremor, hingga masalah serius bagi anjing.

4. Snake Plant

Hati-hati Hewan Piaraanmu Bisa Sakit Gegara Tanaman Hias  Ilustrasi Tanaman (Lidah Mertua) (IDN Times/Sunariyah)

Tanaman lain yang tak kalah umum dijadikan penghias rumah adalah snake plant atau lidah mertua. Kecantikan tanaman ini ternyata beracun bagi kucing dan anjing. Biasanya, gejala umum ditandai dengan muntah atau diare.

5. Bunga Lili

Hati-hati Hewan Piaraanmu Bisa Sakit Gegara Tanaman Hias  pixabay.com

Dikenal memiliki bunga yang indah, lili ternyata masuk dalam daftar tanaman berbahaya bagi kucing. Beberapa jenis lili mungkin hanya menyebabkan masalah ringan.

Tapi, jenis lili Asiatic, Day, Easter, Tiger Lily dan Japanese Show bisa menimbulkan masalah serius bagi kucing jika termakan 1-2 helai kelopak bunganya. Bahkan, kucing yang minum dari vas tanaman tersebut juga bisa terkena dampak yang serius.

Baca Juga: 5 Tanaman Estetis untuk Menghias Meja Ruang Tamu, Perawatannya Mudah!

5. Daffodil

Hati-hati Hewan Piaraanmu Bisa Sakit Gegara Tanaman Hias  pixabay.com

Kamu sering memajang bunga segar untuk mempercantik rumah? Hati-hati dalam memilih bunga yang kamu display. Salah satu yang harus dihindari bila kamu memiliki peliharaan kucing atau anjing adalah bunga daffodil.

Bunga yang dikenal juga dengan nama narcissus ini, memiliki kandungan alkaloid yang bisa menyebabkan keracunan parah dan menyerang jantung hingga pernapasan kucing dan anjing.

Nah, sudah tahu kan tanaman apa saja yang berbahaya bagi hewan kesayanganmu. Walaupun tanaman tersebut cantik, sebaiknya cek dulu keamanannya. 

Baca Juga: 5 Tanaman Hias Ini Gak Perlu Rutin Disiram, Aman Ditinggal Bepergian

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya