TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Memanfaatkan Ruang Makan sebagai Perpustakaan, Multifungsi

Suka baca dan punya banyak koleksi buku tapi ruang terbatas?

ilustrasi ruang makan multifungsi (pexels.com/Pixabay)

Intinya Sih...

  • Ruang makan bisa difungsikan sebagai perpustakaan pribadi, menghemat ruang dan multifungsi untuk berbagai kebutuhan sekaligus.
  • Pilihan meja, kursi, dan rak dinding yang praktis dapat mendukung kenyamanan membaca di ruang makan.
  • Pencahayaan yang tepat dan dekorasi sederhana seperti tanaman hias dan tirai jendela dapat menciptakan suasana nyaman dalam ruang makan yang juga berfungsi sebagai perpustakaan.

Hobi membaca dan memiliki banyak koleksi buku? Punya impian menciptakan perpustakaan pribadi tapi terhalang tembok dan benda-benda lain di rumah? Tenang, ada solusi multifungsi untuk mewujudkan mimpimu.

Ruang makan punya beragam fungsi, untuk makan bersama keluarga sambil berkumpul, menerima tamu sambil mencicipi masakanmu, dan juga bisa dijadikan perpustakaan, loh. Satu ruangan bisa untuk beragam kebutuhan, tetap nyaman dan gak merusak pemandangan.

Yuk, simak lima tips memanfaatkan ruang makan agar multifungsi sebagai perpustakaan pribadi.

1. Pilih meja dan kursi makan yang bisa digunakan juga untuk membaca

Pilihan meja dan kursi di ruang makan bisa yang multifungsi, nyaman untuk makan sekaligus saat digunakan untuk duduk sambil membaca maupun bekerja. Meja dengan laci jadi pilihan praktis yang bisa juga untuk menyimpan buku dan alat tulis.

Pilih kursi dengan sandaran yang memadai untuk mendukung kenyamananmu ketika menggunakan ruang makan sebagai perpustakaan. Cari yang ada sandarannya dan siapkan bantalan empuk juga. Pertimbangkan kursi yang memiliki roda untuk mempermudah mobilitasnya. Pilih yang bisa diatur untuk mengantisipasi anak-anak agar saat makan nyaman dan aman.

Atau, bisa juga dengan memilih meja kursi lipat, sehingga praktis saat makan, dan bisa disimpan setelahnya agar ruang baca lebih luas. Penggunaan kursi baca juga bisa diganti dengan bantal khusus yang estetik dan nyaman.

2. Pasang rak dinding dengan ukuran sesuai ruangan

Langkah berikutnya untuk menciptakan perpustakaan di ruang makan adalah dengan memasang rak dinding. Gak hanya menghemat tempat, tapi juga menambah keindahan. Pilih rak dengan desain kreatif favoritmu, ukurannya menyesuaikan kondisi ruangan dan sekiranya cukup untuk koleksi bukumu.

Rak vertikal jadi pilihan ideal untuk memaksimalkan penggunaan ruang tanpa mengganggu akses jalan dan pandangan. Pastikan raknya kuat supaya mampu menahan beban buku. Susun buku serapi mungkin, bisa berdasarkan kategori jenis buku, berdasarkan warna sampulnya, atau ukuran buku. Pemasangan rak dinding secara vertikal membantu menjaga kerapian ruangan, sekaligus menjadi elemen dekoratif menarik di ruang makan.

3. Gunakan label atau pembatas buku untuk mempermudah pencarian, dan jangan lupa rutin membersihkannya

Menata buku agar terlihat rapi dan bebas debu bisa dengan memberi label pada rak dinding, atau menggunakan pembatas buku dengan warna kesukaanmu. Visual semakin menarik dan mencari buku juga gak ribet. Kamu pun bisa membuat pembatas buku sendiri menyesuaikan selera sekaligus menambah nilai estetikanya.

Nah, karena perpustakaanmu ada di ruang makan, maka wajib rutin membersihkan rak dinding yang berisi banyak buku. Lap raknya dengan kain lembut, hindari menggunakan pembersih yang bisa merusak rak maupun buku-bukumu. Pastikan kondisi rak selalu tersusun rapi, jangan terlalu penuh supaya gak merusak sampul buku dan pemandangannya.

Baca Juga: 5 Tips Posisi Kulkas agar Tak Mengganggu Akses Dapur

4. Pasang lampu baca untuk mendukung pencahayaannya ketika menikmati waktu di malam hari

Pertimbangkan juga pencahayaan, apalagi jika kamu juga hobi membaca di malam hari. Pasang lampu baca atau sediakan yang simpel bisa disimpan dan tinggal pasang saat diperlukan. Letakkan lampu di meja atau sudut lainnya, atur sedemikian rupa agar pencahayaannya tak menyilaukan mata.

Beraktivitas di perpustakaan mini dalam rumah jadi lebih nyaman dan menyenangkan. Ruangan mendukung, pencahayaan juga gak terlalu redup maupun terang. Dengan begitu, mata tak akan lelah, dan kalau ada keluarga yang mau mengambil makanan juga masih aman.

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya