Comscore Tracker

Startup Yogyakarta Rilis Platform Konsultasi Karier Pencari Kerja

Platform ini membantu lebih dari 12.200 pencari kerja

Sleman, IDN Times - Pandemik COVID-19 berdampak besar pada seluruh sendi kehidupan masyarakat, tidak terkecuali bagi fresh graduate yang merasa kesulitan dalam mencari kerja.

Dari data International Labour Organization (ILO) pada Mei tahun 2020, angkatan kerja usia muda merupakan korban utama terdampak pandemik, baik secara sosial dan ekonomi. 

Product Owner Maukerja.id, Nanda Rizky mengatakan kondisi pandemik tidak menguntungkan bagi fresh graduate karena sebagian besar belum memahami seluk beluk dunia kerja, serta kurangnya keterampilan dan pengalaman kerja. 

"Itu artinya bagi fresh graduate persaingan pencarian kerja menjadi sangat ketat. Mereka harus berkompetisi dengan angkatan kerja profesional yang kehilangan pekerjaan saat pandemik terjadi," ungkapnya pada Senin (16/11/2020).

1. Lebih dari 100 profesional siap menerima konsultasi

Startup Yogyakarta Rilis Platform Konsultasi Karier Pencari KerjaMaukerja.id. Dok: istimewa

Nanda menjelaskan Maukerja.id bekerja sama dengan 100 mitra kerja profesional membantu pencari kerja untuk bisa melakukan konsultasi karier berbasis percakapan online. Melalui sesi konsultasi ini pencari kerja dapat memperoleh arahan dan solusi.

Dia menjelaskan pencari  kerja lulusan ini bisa berdiskusi mengenai strategi menyusun karier, optimasi CV, tes seleksi, wawancara, negosiasi gaji hingga kontrak kerja. 

“Maukerja.id bersama lebih dari 100 mitra human resources (HR) profesional ingin memberikan solusi bagi fresh graduate yang bingung menghadapi fase awal memasuki dunia kerja di tengah pandemik seperti saat ini," terangnya.

Baca Juga: 5 Tanda Kerja Kerasmu di Tempat Kerja Kurang Mendapat Apresiasi

2. Ada 3 fitur yang bisa diakses

Startup Yogyakarta Rilis Platform Konsultasi Karier Pencari KerjaMaukerja.id. Dok: istimewa

Platform Maukerja.id saat ini telah merilis 3 fitur utama yakni konsultasi karier, review CV, dan desain CV. 

Untuk konsultasi karier sendiri merupakan fitur yang dapat digunakan untuk berkonsultasi langsung melalui percakapan online terkait permasalahan karier. Mulai dari strategi, tes seleksi, wawancara kerja, negosiasi gaji, masalah kontrak kerja, hingga cara lolos masa trainning.

Untuk review CV, yakni fitur khusus untuk membuat CV.  "Terdapat HR dari 20 bidang industri sehingga pengguna dapat memperoleh kritik dan saran yang membangun langsung dari HR sesuai bidang industri yang ingin dituju," jelasnya.

Sedangkan layanan desain CV adalah fitur yang dapat dimanfaatkan apabila ingin dibantu dalam menyusun CV berdasarkan rekomendasi HR.

3. Sudah membantu lebih dari 12.200 fresh graduate

Startup Yogyakarta Rilis Platform Konsultasi Karier Pencari KerjaMaukerja.id. Dok: istimewa

Nanda memaparkan sejauh ini platform yang bisa menghubungkan pengguna dengan lebih dari 100 HR profesional dari 20 bidang industri di Indonesia ini telah membantu lebih dari 12.200 fresh graduate dan pencari kerja di Indonesia. Melalui tiga fitur yang dimiliki diharapkan bisa menjadi jembatan untuk mempermudah dalam mencari kerja.

"Ketiga fitur tersebut diharapkan dapat menjadi jawaban atas kegelisahan pencari kerja terutama fresh graduate dalam mempersiapkan diri menghadapi kompetisi kerja yang semakin ketat pasca pandemik COVID-19," paparnya.

Baca Juga: Lelah Kerja? 9 Cara Seimbangkan Waktu Kerja dan Kehidupan Pribadi

Topic:

  • Siti Umaiyah
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya