Comscore Tracker

Ingin Kaya tanpa Ijazah, 5 Pekerjaan Ini Layak Ditekuni

Kamu bisa sukses dengan keterampilan yang kamu punya

Pendidikan yang tinggi sering dianggap sebagai gerbang kesuksesan. Meskipun pendidikan memang sangat penting, namun ada hal yang tak kalah penting, yaitu keterampilan dan kerja keras. Sebab, ada banyak pekerjaan yang bisa kamu pelajari dan tekuni meski tanpa lewat bangku kuliah. 

Beberapa pekerjaan berikut ini memberimu kesempatan untuk menunjukkan keahlian dan mendapatkan penghasilan yang menjanjikan tanpa mempedulikan ijazah. Apa saja, ya?

1. Pengembang web

Ingin Kaya tanpa Ijazah, 5 Pekerjaan Ini Layak DitekuniPexels.com/Christinamorillo

Di era digital seperti sekarang, mulai dari UMKM sampai perusahaan besar membutuhkan web untuk menjalankan bisnisnya. Karenanya, profesi pengembang web akan selalu dicari oleh perusahaan, organisasi, bahkan perorangan.

Bagian terbaik dari pekerjaan pengembang web, adalah klien akan menilaimu dari keterampilan, bukan ijazah yang kamu miliki. Sebagian pengembang web berhasil mendapatkan keterampilan ini dengan belajar secara autodidak dan latihan yang terus menerus. Namun jika ingin mengasah keterampilan ini ke tingkat selanjutnya, tidak ada salahnya kamu mengambil kursus.

2. Penata rias

Ingin Kaya tanpa Ijazah, 5 Pekerjaan Ini Layak Ditekuniunsplash/Flaunter

Jika kamu sangat senang bermain alat makeup, profesi penata rias atau makeup artist bisa jadi sangat cocok untuk kamu. Dibandingkan ijazah, profesi penata rias sebenarnya lebih membutuhkan keterampilan yang bisa kamu latih sendiri.

Bahkan walaupun kamu tidak memiliki pengalaman sebelumnya, asalkan bisa menunjukkan keterampilan yang mumpuni, pasti banyak pihak yang mau memakai jasamu. Terlebih, karier ini menawarkan penghasilan yang tidak sedikit.

Baca Juga: Pengin Cepat Kaya, 10 Pekerjaan Ini Berikan Gaji Minimal Rp10 Juta 

3. Desainer grafis

Ingin Kaya tanpa Ijazah, 5 Pekerjaan Ini Layak DitekuniUnsplash.com/Andrew Neel

Hal terpenting yang harus dimiliki oleh seorang desainer grafis agar sukses adalah kreativitas artistik, yang mana bakat ini bisa saja didapatkan tanpa pendidikan formal.

Selain itu, keterampilan utama yang harus dimiliki desainer grafis adalah memahami software komputer, terutama semua yang berkaitan dengan desain. Untuk itu, jika ingin menjadi desainer grafis yang sukses, jangan malas untuk mengotak-atik software komputer dan mengasah kreativitas dengan berlatih terus menerus.

4. Penulis

Ingin Kaya tanpa Ijazah, 5 Pekerjaan Ini Layak DitekuniUnsplash.com/Green Cameleon

Profesi penulis dapat dibagi menjadi beberapa bagian, seperti penulis artikel, copywriter, buku pelajaran, buku motivasi, hingga karya fiksi. Untuk kamu yang tidak memiliki ijazah atau pendidikan yang tinggi, sebaiknya pilih karya fiksi sebagai tema yang kamu tulis. Sebab, untuk menulis karya fiksi, kamu tidak memerlukan ilmu khusus.

Untuk menjadi penulis sukses yang memiliki banyak pembaca, kamu perlu banyak membaca karya orang lain dan sering-sering latihan menulis.

5. Koreografer

Ingin Kaya tanpa Ijazah, 5 Pekerjaan Ini Layak Ditekuniunsplash.com/Tim Gouw

Sebagai seorang koreografer, tugasmu adalah membuat gerakan tarian baru, melatih para penari, serta mengarahkan para penari sebelum tampil. Walaupun saat ini banyak kampus yang menyediakan jurusan seni tari, tapi kamu yang tidak memiliki ijazah sarjana tidak perlu berkecil hati, sebab kebanyakan klien yang akan memakai jasamu akan melihat pada kemampuanmu dalam menciptakan koreografi dan melatih penari.

Itu dia beberapa pekerjaan berbasis keterampilan dan kreativitas yang bisa membuatmu kaya meski tak punya ijazah. Pendidikan tinggi memang penting, namun tanpanya bukan berarti kamu tak punya kesempatan meraih kesuksesan. Menurutmu, pekerjaan apa lagi yang cocok masuk dalam daftar ini?

Baca Juga: Disangka Pengangguran, 5 Profesi Ini Berpenghasilan di Atas Rata-rata

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Eka ami di IDN Times Community dengan judul 5 Pekerjaan yang Bisa Bikin Kamu Kaya Raya tanpa Ijazah, Berminat? 

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya