Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Boleh Pacaran dengan Rekan Kerja Satu Kantor

Banyak perusahaan yang melarang pekerjanya menjalin hubungan

Setiap hari berjumpa, wajar bila kamu merasakan benih-benih cinta tumbuh di tempat kerja. Ada pasangan yang akhirnya berjodoh karena ketemu di perusahaan yang sama. Namun, gak sedikit pula perusahaan yang melarang pegawainya pacaran dengan rekan kerja.

Sebenarnya apa alasan di balik larangan pacaran dengan rekan sekantor? Kalau  membaca ini, mungkin kamu akan berpikir ulang sebelum naksir teman kerjamu!

1. Menghindari terjadinya konflik pribadi

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Boleh Pacaran dengan Rekan Kerja Satu KantorFreepik.com/Yanalya

Saat berpacaran, kamu dan pasangan pasti sesekali mengalami konflik. Bisa jadi pemicunya karena personal masing-masing. Namun, tak jarang sikap yang kurang dewasa dan profesional pada kedua belah pihak justru malah terbawa sampai kantor.

Bisa jadi pula pemicunya adalah tekanan karena urusan kantor yang dibawa ke dalam hubungan lalu dilemparkan lagi dengan adanya perang dingin di kantor. Hal seperti ini tentu tidak mengenakkan, bukan? Apalagi sampai mengganggu rekan kerja yang lain karena konflik pribadi kalian.

2. Sosialisasi dan interaksi dengan rekan kerja lain jadi gak nyaman

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Boleh Pacaran dengan Rekan Kerja Satu KantorPexels.com/Fauxels

Sensitivitas seseorang biasanya akan meningkat saat mereka berpacaran. Misalnya saja dia yang dulu cuek kamu bergaul dengan siapa pun di kantor jadi mulai menunjukkan ketidaksukaannya. Padahal dulu dia biasa aja tapi saat jadi pacarmu ia jadi sedikit posesif dengan membatasi ruang gerakmu dari interaksi bersama rekan kerja yang lain.

Padahal kamu dan rekan kerjamu itu memang hanya murni berteman bahkan mungkin kamu lebih dulu mengenalnya dibanding dengan pacarmu. Tapi namanya juga cemburu seakan ia jadi lebih mudah gelap mata.

Baca Juga: Egonya Besar, 5 Zodiak Ini Kerap Mendominasi Pasangannya

3. Menganggu kinerja di kantor

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Boleh Pacaran dengan Rekan Kerja Satu Kantorfreepik.com/senivpetro

Ada banyak contoh kasus di mana orang yang bekerja di tempat yang sama dan berpacaran secara terang-terangan justru mengganggu kinerja di kantor. Kamu dan dia justru malah asyik berpacaran di pantry atau malah asyik berkirim pesan di jam kantor sehingga ada banyak pekerjaan yang terbengkalai.

Belum lagi saat kalian sedang dirundung masalah, mood kalian jadi jelek dan semakin malas untuk datang ke kantor. Hal ini tentu bisa dihindari jika kalian tidak berada di bawah naungan satu kantor yang sama.

4. Memicu munculnya sikap kurang profesional

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Boleh Pacaran dengan Rekan Kerja Satu Kantorfreepik.com/prostooleh

Banyaknya perusahaan yang melarang pegawainya untuk tidak berpacaran antar sesama rekan kerja yakni menghindari munculnya sikap kurang profesional. Terlebih jika posisi jabatan salah satu dari kalian lebih tinggi bisa-bisa terjadi penyalahgunaan jabatan.

Kamu sih senang-senang saja dipermudah jalannya meraih jenjang karier yang lebih tinggi tapi apa kamu siap dengan risiko jadi bahan pembicaraan orang-orang di kantor? Hal-hal seperti ini lah satu di antara sekian banyak contoh sikap kurang profesional di tempat kerja karena terlibat hubungan asmara.

5. Membuat kalian terancam dikeluarkan

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Boleh Pacaran dengan Rekan Kerja Satu KantorIstockphoto.com/SeventyFour

Bila perusahaanmu memiliki aturan yang jelas untuk tidak memperbolehkan karyawannya memiliki hubungan asmara maka yang terjadi kalian berdua dapat terancam dikeluarkan dari perusahaan atau salah satu dari kalian harus terpaksa mundur dari perusahaan bila hubungan kalian terekspos publik.

Misal perusahaanmu memperbolehkan kalian berpacaran tapi pada perjalanannya kalian menunjukkan penurunan kinerja karena mencampur urusan pekerjaan dan asmara bukan tidak mungkin juga, lho kalian akan mengalami pemutusan hubungan kerja. Maka dari itu untuk mencegah banyaknya resiko buruk yang terjadi pacaran sesama rekan kerja banyak dilarang oleh perusahaan.

Nah, beberapa hal di atas cukup menjadi alasan mengapa kamu gak boleh pacaran dengan rekan sekantor. Memang, kebijakan tiap perusahaan berbeda-beda. Kalaupun memang kamu dibolehkan pacaran dan punya pasangan sekantor, pastikan kalian tetap profesional, ya!

Baca Juga: 5 Pasangan Zodiak yang Rentan Bertengkar, Sama-sama Gak Mau Kalah

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Annisa Nur Fitriani di IDN Times Community dengan judul 5 Alasan Mengapa Pacaran dengan Sesama Rekan Kerja Itu Dilarang

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya