Comscore Tracker

Rekan Kerja Suka Gibah? 5 Cara Menghindari Ajakan Bergosip di Kantor

Daripada gibah, mendingan kerja!

Baik di lingkungan pergaulan maupun tempat kerja, pasti ada saja orang yang memiliki kebiasaan bergosip. Repotnya, gak jarang mereka mengajakmu untuk ikut tenggelam ke dalam obrolan ini. 

Padahal, gak semua orang suka membicarakan orang lain, apalagi tentang keburukan mereka. Nah, kalau kamu diajak gibah oleh rekan kerja, berikut beberapa cara efektif untuk menghindarinya dan tetap profesional.

1. Gunakan alasan untuk menghindar

Rekan Kerja Suka Gibah? 5 Cara Menghindari Ajakan Bergosip di KantorUnsplash.com/Arlington Research

Bila kamu benar-benar ingin menghindari rekan kerja yang gemar bergosip cobalah untuk menggunakan alasan seperti sedang sibuk mengerjakan laporan, dikejar deadline, buru-buru dipanggil atasan, mau ke musala, izin akan ke luar kantor sebentar dan sebagainya.

Gunakanlah alasan yang benar-benar rasional saat pembicaraan mereka akan menuju pada titik permasalahan. Daripada kamu kesal sendiri karena mendengar banyaknya gosip yang mereka sampaikan mana belum pasti juga kebenarannya hanya akan semakin menambah dosa.

2. Mengalihkan topik pembicaraan

Rekan Kerja Suka Gibah? 5 Cara Menghindari Ajakan Bergosip di KantorUnsplash.com/Amy Hirschi

Jika kamu secara tidak sengaja terjebak dalam pembicaraan tak bermanfaat ini, cobalah untuk mengalihkan topik pembicaraan. Mereka pasti akan merasa tidak nyaman ketika orang-orang yang tengah mereka ajak bicara tidak menanggapi ceritanya.

Cara ini terbukti efektif untuk menghindarkanmu dari rekan kerja yang gemar bergosip. Apabila mereka mengalihkan topik pembicaraan lagi atur alasan untuk segera undur diri dari kerumunan tersebut.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Gak Boleh Pacaran dengan Rekan Kerja Satu Kantor

3. Pura-pura sedang menelepon

Rekan Kerja Suka Gibah? 5 Cara Menghindari Ajakan Bergosip di KantorUnsplash.com/Andreas Klassen

Pura-pura sedang menelepon atau ditelepon adalah cara efektif untuk menghindari rekan kerja yang sedang bergosip. Pasalnya mereka yang akan menghampirimu untuk bergosip akan menjadi sungkan lalu pergi karena melihatmu tengah sibuk dalam sambungan telepon.

Saat rekan tersebut menghampirimu lagi berpura-pura lah berjalan menjauh sambil bertelepon. Meski terlihat seperti orang gila karena bicara sendiri namun hal ini jauh lebih baik daripada gila karena mendengarkan omongan yang belum tentu kebenarannya.

4. Tetap obyektif dan rasional

Rekan Kerja Suka Gibah? 5 Cara Menghindari Ajakan Bergosip di KantorUnsplash.com/Mimi Thian

Ketika tak sengaja diajak bergosip oleh rekan kerja jangan pernah sekalipun untuk terlarut ke dalamnya. Berpegang teguhlah pada fakta  selama tidak memberi dampak apapun bagi hidupmu jangan ikut-ikutan membenci sesuatu yang belum pasti kebenarannya. Serta jangan lupa untuk melihat pernyataan dengan kacamata netral.

Tak memberi tanggapan apa pun juga sangat bisa kamu lakukan, lho. Cukup diam lalu kemudian menyingkir. Karena jika kamu menanggapinya dan memberikan opinmu juga bukan tidak mungkin omonganmu akan dipelintir sedemikian rupa seolah gosip jahat tersebut berasal dari mulutmu.

5. Izin ke toilet

Rekan Kerja Suka Gibah? 5 Cara Menghindari Ajakan Bergosip di Kantorworkplaceinsight.net

Cara efektif lain yang bisa kamu coba adalah dengan izin ke toilet saat rekan kerjamu itu  ‘membuka praktik’ di ruanganmu atau di mana pun kamu berada saat itu. Pamitlah untuk ke toilet lalu kembali lagi untuk segera melanjutkan pekerjaanmu.

Bila rekan kerjamu itu masih berada di sana. Pasang headset atau headphone lalu setel musik sembari melanjutkan pekerjaanmu. Daripada kamu harus mendengarnya terus mengoceh hal-hal yang gak masuk akal.

Rekan kerja yang doyan gibah memang tergolong toksik dan dihindari sebisa mungkin. Gak masalah walau mereka lantas menjauhimu, karena pasti masih banyak teman kantor yang gak toksik. Daripada bergosip, mendingan kerja, kan?

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Sedang Dimanfaatkan di Tempat Kerja, Jangan Cuma Pasrah!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Annisa Nur Fitriani di IDN Times Community dengan judul 5 Cara Efektif untuk Menghindari Diajak Bergosip Rekan Kerja

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya