Comscore Tracker

5 Manfaat Mengambil Pekerjaan Sampingan, Gak Cuma Nambah Pemasukan

Yuk, manfaatkan waktu luangmu mumpung masih muda!

Banyak orang yang lekas puas dengan pekerjaan utama yang dimilikinya. Padahal, kamu punya tenaga dan waktu luang. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk melakukan pekerjaan sampingan. 

Ada banyak pekerjaan sampingan di luar sana. Mulai dari usaha jualan online, menulis, jasa fotografi, sampai jadi pengemudi taksi atau ojek online. Nah, ini dia beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari pekerjaan sampingan, gak cuma nambah pemasukan saja, lho!

1. Kamu punya pegangan jika sewaktu-waktu harus keluar dari pekerjaan utama

5 Manfaat Mengambil Pekerjaan Sampingan, Gak Cuma Nambah Pemasukanunsplash.com/@adeolueletu

Dalam bekerja ada masanya berhenti, baik karena alasan pensiun, dipecat, resign atau alasan lainnya. Namun, bukan berarti ketika masa bekerja dari pekerjaan utamamu selesai kamu gak bisa lagi produktif dan menghasilkan pundi-pundi uang.

Kamu masih bisa mengandalkan pekerjaan sampingan kok. Jadi, mulai sekarang coba deh pikirkan cadangan pekerjaan yang mau kamu tekuni sambil melakukan pekerjaan utama.

2. Memperluas relasi

5 Manfaat Mengambil Pekerjaan Sampingan, Gak Cuma Nambah Pemasukanunsplash.com/Dylan Gillis

Semakin banyak bergaul maka akan semakin luas lingkungan pertemanan seseorang. Untuk itu, punya pekerjaan sampingan membuatmu juga punya lingkungan kerja baru dengan orang-orang yang baru pula. Hal ini juga meminimalisir rasa bosanmu dengan lingkungan kerja utama yang mana jadwalmu bertemu dengan rekan kerja utama tentu lebih padat.

Jadi, bertemu rekan kerja lainnya bisa sedikit menambah kesegaran pikiran dan menambah wawasan maupun pengalamanmu. So, kamu bisa ngobrol dan sharing dengan berbagai orang yang berbeda.

Baca Juga: Kamu Kurang Piknik dan Perlu Cuti Kerja, Ini 10 Tandanya 

3. Bisa lebih cepat memenuhi target keuangan

5 Manfaat Mengambil Pekerjaan Sampingan, Gak Cuma Nambah Pemasukanunsplash.com/@cdubo

Mungkin kamu tipe orang yang punya segudang impian maupun keinginan. Namun, kebanyakan dari rencanakan yang ingin diraih tersebut perlu dana yang lumayan untuk mencapainya. So, kamu jadi butuh uang lebih agar bisa disisihkan untuk menggapai keinginanmu tersebut.

Pekerjaan sampingan bisa kamu lakukan untuk memenuhi target keuanganmu. Bahkan, dengan pemasukan dari sumber cadanganmu tersebut juga bisa kamu kelola dan kembangan untuk tabungan maupun investasimu.

4. Memberi kebahagiaan tersendiri

5 Manfaat Mengambil Pekerjaan Sampingan, Gak Cuma Nambah Pemasukanunsplash.com/@neonbrand

Pastikan kamu memilih pekerjaan sampingan yang mudah dan kamu sukai. Sangat nyaman dan tidak terasa berat jika kamu melakukan pekerjaan sampingan yang sesuai dengan passion atau hobimu. Nah, pastikan juga agar pekerjaan sampinganmu tidak terlalu menyita banyak waktumu.

So, kamu bisa mengerjakan pekerjaan sampingan yang tidak melelahkanmu. Pun, kamu bisa merasakan dampak positif dan kebahagiaan tersendiri dengan pekerjaan sampingan yang kamu geluti.

5. Menambah nilai resume

5 Manfaat Mengambil Pekerjaan Sampingan, Gak Cuma Nambah Pemasukanunsplash.com/@officestock

Memiliki pekerjaan sampingan selain pekerjaan utama menunjukkan kamu sosok pribadi pekerja keras dan pandai membagi waktu. Karena tidak semua orang sanggup melakukannya. Tentu hal ini menjadi kelebihan tersendiri untuk orang-orang yang memiliki pekerjaan sampingan.

Kamu juga bisa mempercantik resume ketika akan melamar pekerjaan yang lebih baik, melamar beasiswa, melanjutkan pendidikan dan tujuan lainnya. 

Itulah beberapa manfaat melakukan pekerjaan sampingan. Mumpung masih muda, kenapa gak dilakukan?

Baca Juga: 8 Pertanyaan Wawancara Kerja Ini Wajib Kamu Siapkan Jawabannya!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Mia Lubis di IDN Times Community dengan judul Selain Nambah Penghasilan, Ini 5 Keuntungan Punya Pekerjaan Sampingan

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya