Comscore Tracker

Makin Produktif, 5 Cara Penempatan Meja Kerja Sesuai Fengsui 

Penempatan meja kerja yang salah menambah bebanmu 

Saat pandemik COVID-19, pekerjaan yang wajib dilakukan di kantor saat ini dipindahkan ke rumah. Sistem kerja Work From Home (WFH) dilakukan untuk meminimalkan penularan virus corona.  

Bagi kamu yang melakukan WFH, ruang kerja yang nyaman harus dimiliki. Nah, agar produktif, berikut lima cara menata ruang kerja menurut fengsui

1. Letakkan tanaman di sekitar meja kerja

Makin Produktif, 5 Cara Penempatan Meja Kerja Sesuai Fengsui unsplash.com/Natural Goods Berlin

Hasil studi dari UQ's School of Psychology menyebutkan bahwa menempatkan tanaman dalam ruang kerja dapat meningkatkan produktivitas hingga 15 persen. Tanaman dapat membersihkan udara yang dapat membuat penghuninya mendapat udara yang lebih bersih dan segar.

Sentuhan alami dari keberadaan tanaman hias yang cantik dapat mengurangi stres serta mempermudah untuk konsentrasi dan fokus ketika bekerja. Jika tidak memiliki ruangan sendiri kamu bisa memilih tanaman sukulen yang mini dan hemat tempat untuk disimpan di meja kerja.

2. Menjaga kerapihan ruangan

Makin Produktif, 5 Cara Penempatan Meja Kerja Sesuai Fengsui pexels.com/@deepu-b-iyer

Kunci dasar dari fengsui adalah rasa aman dan nyaman, ini juga berkaitan dengan aspek kebersihan dan kerapihan. Ruangan yang berantakan hanya akan menghalau energi positif yang akan masuk. Hal ini dapat menyebabkan rasa malas, lho.

Cobalah berbenah sedikit demi sedikit dan secara teratur. Mulai dari hal kecil seperti menempatkan kembali alat tulis ke tempatnya, lalu mengatur dokumen yang menumpuk. Jika ada barang yang sudah tidak terpakai segeralah singkirkan dari ruangan.

3. Pilih warna yang menenangkan

Makin Produktif, 5 Cara Penempatan Meja Kerja Sesuai Fengsui Meja kerja yang menarik untuk kantor mungilmu. // via realhomes.com

Tak hanya sebagai penghias, warna juga dapat memengaruhi mood serta produktivitas. Gunakanlah warna yang harmonis dan menenangkan untuk menjaga keseimbangan energi positif.

Kamu bisa menggunakan warna biru muda yang menenangkan. Warna hijau atau warna earthtone yang dapat memicu produktivitas. Jangan lupa untuk menyisipkan elemen kayu agar makin produktif!

4. Hindari meja yang menghadap dinding

Makin Produktif, 5 Cara Penempatan Meja Kerja Sesuai Fengsui unsplash.com/Hutomo Abrianto

Saat menata ruang kantor usahakan meja kerja tidak menghadap dinding atau membelakangi pintu. Hal ini memicu timbulnya rasa cemas karena kamu tidak bisa memantau bahaya yang keluar ataupun masuk melalui pintu.

Hindari juga meletakkan meja di dekat pintu, karena akan mengganggu konsentrasi saat bekerja. Letakkan juga lukisan alam agar tidak mudah jenuh serta menjaga kestabilan energi di dalam ruangan.

Baca Juga: 5 Nomor Rumah Pembawa Hoki Menurut Fengsui, Bisa Bikin Penghuni Kaya!

5. Letakkan gambar atau lukisan

Makin Produktif, 5 Cara Penempatan Meja Kerja Sesuai Fengsui architecturaldigest.com

Ruangan dengan dinding polos akan terkesan kaku dan membosankan. Untuk mengatasi hal itu kamu bisa menggantung lukisan seperti lukisan gunung yang diletakkan di belakang meja atau lukisan lautan di hadapan meja.

Pilihlah aksesori yang melambangkan kemakmuran dan kesuksesan. Lukisan lautan menggambarkan air yang berarti kekayaan dan kemakmuran. Jika ingin penuh keberuntungan kamu juga bisa meletakkan lukisan ikan koi dalam ruangan.

Nah sekarang sudah tahu kan cara menata ruang kerja sesuai fengsui. Hal ini dilakukan agar kerjamu makin produktif. Kamu sudah melakukannya? 

Baca Juga: 5 Cara Menciptakan Fengsui yang Baik dalam Rumah, Mudah Banget!

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya