Comscore Tracker

Tertarik Gabung di IDN Media, 5 Poin Ini Bikin CV-mu Lebih Menarik

HRD IDN Media memberi bocoran CV yang diliriknya

Curriculum Vitae atau CV adalah langkah pertama kamu untuk menarik perhatian HRD saat melamar kerja. Lewat CV tersebut, HRD akan memberi penilaian awal terkait layak tidaknya kamu diterima di perusahaan terkait.

Sr. Talent Acquisition di IDN Media, Merina Anindita, membagikan lima hal yang jadi penilaian HRD IDN Media dalam menemukan kandidat yang tepat untuk bekerja di IDN Media. Apa saja?

1. Personal information

Tertarik Gabung di IDN Media, 5 Poin Ini Bikin CV-mu Lebih Menarikpexels.com/mentatdtg

Perkembangan zaman dan teknologi turut memengaruhi bentuk CV. Saat ini, banyak orang menampilkan CV yang kreatif yang menyajikan sejumlah data dengan layout yang sesederhana mungkin. Namun, pelamar pun terkadang menghapus poin personal information seperti domisili, nomor telepon, dan email dari CV-nya.

Padahal, Merina mengatakan personal information sendiri merupakan salah satu hal penting yang diperhatikan oleh HRD di IDN Media. Sebab, beberapa posisi yang tersedia terkadang tidak bertempat di kantor utama.

"Banyak yang tidak tahu kalau lowongan yang berada di IDN Media tidak hanya tersedia di Jakarta. Dalam case ini, jika role ada di Surabaya tetapi pelamar berada di Jakarta, itu kadang kita telepon dahulu sebelum interview. Jadi, domisili biasanya kita lihat juga," terangnya.

2. Relevant skill

Tertarik Gabung di IDN Media, 5 Poin Ini Bikin CV-mu Lebih Menarikpexels.com/Fauxels

Ini menjadi salah satu poin penilaian paling penting yang dilihat oleh HRD di IDN Media. Sebab, setiap role yang tersedia mempunyai kualifikasi tertentu yang membutuhkan skill yang sesuai dengan posisi yang dilamar.

"Poin lain yang dinilai, relevant skill. Apakah skill yang dia miliki cocok atau tidak dengan requirement yang ada, itu sangat penting," ungkapnya.

Baca Juga: 10 Suka Duka Profesi Game Tester, Gak Cuma Dibayar untuk Main

3. Portofolio

Tertarik Gabung di IDN Media, 5 Poin Ini Bikin CV-mu Lebih Menarikpixabay.com/Bru-No

Selain memperhatikan poin skill, HRD di IDN Media juga biasa menilai kemampuan pelamar dari portofolio yang dilampirkan. Hal ini dilakukan untuk benar-benar memahami kesesuaian kemampuan dengan requirement yang dibutuhkan.

"Misal, untuk role desainer biasanya kita lihat apakah taste desainnya dari portofolionya cocok atau tidak. Jika dirasa cocok, baru kita akan invite untuk interview," terang Merina.

4. Pengalaman dan jangka waktu bekerja

Tertarik Gabung di IDN Media, 5 Poin Ini Bikin CV-mu Lebih MenarikUnsplash.com/NeONBRAND

Anak muda cenderung ingin mendapatkan pengalaman sebanyak-banyaknya. Tak sedikit dari kita yang sering pindah-pindah pekerjaan. Hal ini menjadi perhatian tersendiri bagi HRD di IDN Media.

Merina mengungkapkan, jika pelamar dengan tipe yang hanya bekerja selama tiga bulan dan sering berpindah perusahaan bahkan tidak lulus masa probation cukup dihindari untuk dipekerjakan di IDN Media.

"Ibaratnya lompat-lompat tetapi terlalu banyak, seperti tidak lulus probation dan lain-lain, itu kita hindari. Kecuali, kalau skill yang dia miliki memang benar-benar sudah cocok, baru kita telepon dahulu," ucapnya.

5. Font, spelling, dan warna yang digunakan dalam CV

Tertarik Gabung di IDN Media, 5 Poin Ini Bikin CV-mu Lebih Menarikpexels.com/Lukas

Terakhir, meski terdengar sepele akan tetapi HRD di IDN Media juga turut memperhatikan hal-hal kecil yang mendasar. Tentunya, hal ini dilakukan untuk melihat seberapa teliti dan kepribadian seperti apa yang dimiliki oleh sang pelamar.

Nah, beberapa hal kecil yang cukup diperhatikan tersebut, misalnya penggunaan font, typo, ejaan yang digunakan, serta warna pada CV.

"Kadang kami juga memerhatikan hal kecil seperti font, typo, dan banyaknya ejaan yang salah. Untuk warna CV sendiri sebenarnya bebas asal bisa dibaca," ungkap Merina.

Nah, kalau kamu tertarik untuk bekerja di IDN Media, maupun perusahaan favoritmu, poin-poin di atas tentu patut kamu perhatikan saat menulis CV agar milikmu lekas dilirik HRD. Kini saatnya kamu untuk me-review CV-mu sendiri. Apa yang kurang dari sana?

Baca Juga: 13 Istilah dan Singkatan di Dunia Kerja, Penting untuk Kamu Ketahui

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya