Comscore Tracker

Pengin Cari Kerja, 5 Keahlian Ini Paling Dibutuhkan Saat Pandemik  

Skill itu dibutuhkan saat ekonomi mulai menggeliat

Jakarta, IDN Times -Berdasarkan data Organisasi Perburuhan Internasional 350 juta orang kehilangan pekerjaan akibat pandemik virus corona. Banyak perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur, penerbangan, hingga ritel banyak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan mereka.

Di tengah pandemik COVID-19 yang belum diketahui kapan berakhirnya, harapan baru muncul, di Amerika Serikat. Sektor bisnis mulai menggeliat. Bahkan banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Tercatat 1,8 juta lapangan pekerjaan dibuka pada Juli meski secara bertahap.

Dilansir dari World Economic Forum dan Bloomberg, di sektor ritel pakaian, perabot rumah tangga dan gadget mulai merekrut pekerja. Tak hanya Amerika Serikat perekonomian Tiongkok juga mulai menggeliat dengan dibukanya lapangan kerja terutama di sektor ritel.

Berikut daftar analisa skill atau keterampilan yang dicari perusahaan selama era pandemik COVID-19.

1. Komunikasi

Pengin Cari Kerja, 5 Keahlian Ini Paling Dibutuhkan Saat Pandemik  Ilustrasi Bekerja Redaksi News (IDN Times/Dian Ayugustanty)

Dari lima skill yang paling dicari, komunikasi menempati urutan pertama. Kebutuhan tenaga ketrampilan komunikasi tidak hanya harus pandai bicara, tapi juga kemampuan menggunakan teknologi dan perangkat lunak, karena kebutuhan bekerja secara remot atau work form home (WFH).

LinkedIn menyatakan ini bukan hanya komunikasi verbal yang dicari perekrut, tetapi juga "bahasa tubuh digital". Apakah kamu dapat membuat kesan yang tepat menggunakan surel dan teks percakapan secara daring?

Baca Juga: Jam Operasional Lebihi Batas, Satpol PP Sleman Tutup Tempat Hiburan 

2. Pemecahan masalah

Pengin Cari Kerja, 5 Keahlian Ini Paling Dibutuhkan Saat Pandemik  Ilustrasi (IDN Times/Dian Ayugustanty)

Menurut Institute of Chartered Accountants di Inggris dan Wales, keterampilan pemecahan masalah sangat dibutuhkan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah di lingkungan kerja.

Munculnya pandemik COVID-19 memaksa perusahaan berpikir secara berbeda, untuk kelangsungan usaha mereka, mulai dari manajemen hingga model bisnis mereka.

3. Keterampilan analitis

Pengin Cari Kerja, 5 Keahlian Ini Paling Dibutuhkan Saat Pandemik  Ilustrasi Bekerja Redaksi (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

Kemampuan analitis juga sangat diperlukan, loh. Tindakan yang kamu ambil didasarkan dari pertanyaan yang kamu tanyakan pada diri sendiri dan orang lain setiap hari.

Bisnis di mana pun sedang menghadapi dan membuat pilihan sulit, mulai dari penganggaran hingga perubahan jumlah karyawan. Yang jelas, pemikiran yang fokus dapat membantu kamu di setiap tingkat perusahaan.

4. Customer service atau layanan pelanggan

Pengin Cari Kerja, 5 Keahlian Ini Paling Dibutuhkan Saat Pandemik  Ilustrasi pekerja. (IDN Times/Uni Lubis)

Terlepas dari industri apapun tempat kamu bekerja, atau dari level senior hingga junior, kamu perlu menciptakan pengalaman positif untuk para konsumen perusahaan.

Pelayanan pada konsumen memang menjadi ujung tombak di semua jenis perusahaan, terutama di bidang jasa, terlebih saat terjadi lockdown atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Bagaimana mereka harus menjawab kebutuhan konsumen yang hanya bisa di rumah.

Pandemik COVID-19 memberikan pelajaran tentang bagaimana layanan pelanggan yang hebat dapat membuat perbedaan. Di Tiongkok contohnya, rahasia sukses e-commerce selama pandemik bukan hanya kecepatan, tapi keamanan dan kepastian.

5. Kepemimpinan

Pengin Cari Kerja, 5 Keahlian Ini Paling Dibutuhkan Saat Pandemik  

Terakhir, kemampuan memimpin juga sangat dibutuhkan, di mana pun dan tingkat pekerjaan apapun. Kepemimpinan bukan soal kamu bisa memerintah saja, tapi juga membuat daftar yang jelas tentang prioritas dan mengambil keputusan yang tepat di tengah situasi sulit.

Nah, dari lima keterampilan di atas, apakah kamu sudah memiliki?

Baca Juga: 6 Tips Ampuh Cari Lowongan Kerja Luar Negeri

Topic:

  • Febriana Sintasari
  • Favo Perdana Hadiyanto Saputra

Berita Terkini Lainnya