Comscore Tracker

5 Etika Mengajukan Resign, Agar Nama Baik Tetap Terjaga

Jangan asal keluar begitu saja!

Resign atau mengundurkan diri dari perusahaan tempatmu bekerja adalah hal yang biasa terjadi di dunia kerja. Ada banyak alasan yang membuat seseorang memutuskan resign, bisa karena tawaran karier yang lebih baikdi tempat lain, mau buka usaha sendiri, sampai karena situasi di perusahaan itu sendiri. Yang jelas, resign adalah salah hak kamu sebagai karyawan.

Namun, ada etika dan sopan santun dalam mengajukan resign ke atasan. Sebagai karyawan, kamu gak bisa seenaknya meninggalkan posisimu begitu saja. Lantas, etika apa saja yang harus kamu perhatikan ketika ingin resign dari tempatmu bekerja? Langsung saja simak di bawah ini, yuk!

1. Cari waktu yang tepat untuk berbicara dengan atasan

5 Etika Mengajukan Resign, Agar Nama Baik Tetap TerjagaUnsplash.com/Amy Hirschi

Pemilihan waktu yang tepat menjadi salah satu hal yang harus kamu perhatikan. Kamu harus bisa melihat situasi dan membaca suasana hati yang sedang dirasakan oleh atasan. Kamu hanya akan dianggap mengganggu jika mencoba berbicara ketika atasanmu sedang banyak pikiran ataupun pekerjaan.

2. Utarakan dengan jelas alasanmu untuk resign

5 Etika Mengajukan Resign, Agar Nama Baik Tetap TerjagaUnsplash/Bench Accounting

Ketika atasan bertanya apa alasanmu untuk resign, maka kamu harus bisa memberikan alasan dengan jelas dan juga meyakinkan. Pilihlah alasan yang memang dirasa pantas, dan tidak terkesan menjelek-jelekkan nama perusahaan dan sistem manajemen kerjanya.

Baca Juga: Bosan dengan Pekerjaan? Ini 5 Alasan untuk Tidak Buru-Buru Resign

3. Ikuti prosedur resign yang ada

5 Etika Mengajukan Resign, Agar Nama Baik Tetap TerjagaUnsplash.com/Campaign Creators

Setiap perusahaan pastinya memiliki prosedur resign yang harus ditaati oleh semua para pekerja yang ingin mengundurkan diri. Misalnya seperti melengkapi berkas-berkas, atau hanya sekedar mengembalikan alat-alat atau fasilitas kantor. Pastikan untuk tidak ada yang terlupa sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari, ya!

4. Selesaikan semua tugas dan proyek

5 Etika Mengajukan Resign, Agar Nama Baik Tetap TerjagaUnsplash/ Tim van der Kuip

Penting bagi kamu untuk bisa menyelesaikan semua tugas dan proyek yang sedang kamu kerjakan sebelum kamu meninggalkan perusahaan. Kamu harus tetap menunjukkan profesionalitasmu sebagai seorang pekerja, dan tetap menjaga kepercayaan serta nama baikmu di perusahaan tersebut.

5. Jangan lupa pamit

5 Etika Mengajukan Resign, Agar Nama Baik Tetap TerjagaUnsplash/Mimi Thian

Ketika atasan sudah menyetujui keputusanmu untuk resign, maka selanjutnya jangan lupa berpamitan dengan seluruh staff kantor yang telah bekerja sama dengan dirimu. Ucapkan permohonan maaf dan terimakasih atas semua bantuan dan kerja keras selama ini. Satu hal lagi, jangan lupa berpamitan kepada klien agar mereka tetap bisa melanjutkan kerja sama di perusahaan tersebut dengan orang yang nantinya akan menggantikan posisimu.

Demikianlah beberapa etika yang perlu diperhatikan ketika kamu ingin mengundurkan diri dari pekerjaanmu yang sekarang. Jika semua dijalankan, kamu pasti bakal dikenang oleh atasan dan rekan kerja sebagai karyawan yang baik, deh!

Baca Juga: Kamu Wajib Lakukan 5 Hal Ini sebelum Resmi Resign dari Pekerjaan

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You